Program Bayi Tabung Bisa Tingkatkan Kemungkinan Hamil Kembar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 16 Januari 2020 09:48
Program Bayi Tabung Bisa Tingkatkan Kemungkinan Hamil Kembar
Cari tahu penyebabnya.

Dream - Banyak orangtua yang sangat berharap memiliki anak kembar. Tentunya, tidak semua pasangan bisa mendapatkan anak kembar. Ada banyak faktor yang berperan dalam kehamilan kembar, salah satunya adalah riwayat genetik.

Rupanya, jika menjalani program bayi tabung atau IVF (in-vitro fertilization) bisa meningkatkan potensi kehamilan anak kembar. Hal ini bukan karena memang 'dirancang', tapi memang kemungkinannya lebih tinggi. Mengapa demikian?

" Kesempatan untuk kembarnya lebih besar karena kita masukkan dua embrio, supaya pencarian (embrio berkualitas) lebih cepat," ujar ahli fertilitas, Eeson Sinthamoney
dalam acara kampanye Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 (MyHT2020), di Jakarta, 15 Januari 2020.

 

1 dari 4 halaman

Semakin Banyak Embrio Semakin Tingkat Kemungkinan

Eeson juga mengatakan bahwa dulu, program IVF dapat meningkatkan potensi kehamilan kembar tiga. Program IVF memungkinkan dokter untuk memasukkan lebih dari satu embrio agar meningkatkan potensi kehamilan dan mencari yang berkualitas.

 Keluhan Ini Akan Sering Terjadi Saat Hamil KembarKeluhan Ini Akan Sering Terjadi Saat Hamil Kembar © © MEN

" Ada embrio yang rupanya cantik, tapi genetiknya kurang bagus. Ada juga wanita yang embrionya banyak. Kalau ada 6 embrio, mungkin ada 1 atau 2 yang normal. Jarang ada 3 yang normal. Kalau IVF hanya memasukkan 2 embrio saja agak susah, mungkin 1 normal, mungkin nggak dua-duanya normal. Itulah kenapa IVF disebut sebagai permainan angka," jelasnya.

Selama memiliki banyak sel telur, banyak embrio, maka semakin tinggi potensi kehamilannya. Seseorang perlu menemukan sel telur dan sperma yang berkualitas agar berhasil melakukan program ini.

2 dari 4 halaman

Program Bayi Tabung Menjanjikan Bagi yang Sedang Menanti Buah Hati

Dream - Program medical tourism atau wisata kesehatan kini jadi daya tarik negara-negara yang memiliki fasilitas kesehatan mumpuni. Para turis dibujuk untuk datang bukan hanya untuk berwisata tapi juga menjalani pemeriksaan medis dengan suasana menyenangkan.

Salah satu negara yang gencar menggelar medical tourism adalah Malaysia. Daerah di Malayasia yang cukup terkenal dengan fasilitas kesehatannya adalah Penang. Banyak orang Indonesia yang berobat ke sana, melakukan medical check-up, hingga menjalani program IVF (in-vitro fertilization) atau bayi tabung.

 © Dream

Rupanya di Malaysia, teknologi kesehatan untuk program bayi tabung sudah sangat lengkap. Hal ini diungkapkan oleh Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council di Akmani Hotel, Jakarta Pusat, Rabu 15 Januari 2020.

" Kami ingin memberikan kemudahan kepada pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran buah hati untuk mengakses perawatan kesuburan melalui teknologi reproduksi berbantu (Assisted Reproductive Technology) di Malaysia," ujar Yazmin di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.

 

3 dari 4 halaman

Biaya Diklaim Lebih Terjangkau

Menurut Yazmin, harga program bayi tabung di Malaysia relatif terjangkau. Selain itu, Malaysia memiliki 20 pusat perawatan kesuburan dan 5 di antaranya memiliki sertifikasi Reproductive Technology Accreditation Committee (RTAC).

 Malaysia HealthcareMalaysia Healthcare © Dream

Malaysia juga menjadi negara tujuan IVF pasangan dari Tiongkok, Vietnam dan Myanmar untuk menjalani program bayi tabung. Tahun ini, Malaysia sedang menggencarkan program 'Harapan Dua Garis' dari kampanye Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 (MyHT2020).

 

4 dari 4 halaman

Bisa Dapat Program IVF Gratis

Program ini bertujuan membantu 12 pasangan suami istri asal Indonesia yang telah merencanakan kehamilan namun memiliki kendala infertilitas. Nantinya bakal diberikan fasilitas program bayi tabung secara gratis dengan persyaratan tertentu.

Program ini berjalan mendapat dukungan dari pusat perawatan kesuburan terkemuka, yaitu Mahkota Medical Centre di Malaka, Genesis IVF dan Island Hospital di Penang, Sunfert International Fertility Centre, TMC Fertility Centre, serta Alpha IVF di Kuala Lumpur.

Jika Sahabat Dream ingin mengikuti program tersebut secara cuma-cuma, bisa melakukan pendaftaran melalui Medicaltourismmalaysia.id

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'