Seberapa Sering Masker Kain Harus Dicuci dan Bagaimana Caranya?

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 8 April 2020 09:33
Seberapa Sering Masker Kain Harus Dicuci dan Bagaimana Caranya?
WHO telah menganjurkan untuk menggunakan masker kain sebagai alternatif untuk mencegah penularan Covid-19. Lalu seberapa sering masker kain harus dibersihkan?

Dream – Masker kain kini sudah banyak digunakan masyarakat setelah terjadi kelangkaan masker medis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan sudah mengimbau penggunaan masker oleh setiap orang saat akan berpergian.

Semula, penggunaan masker hanya disarankan dipakai oleh mereka yang sudah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 atau berisiko berat. Kini, imbauan menggunakan masker dianjurkan dipakai orang semua orang termasuk mereka yang sehat. 

Seiring langkanya masker bedah atau N95 karena dijual dengan harga kelewat mahal, banyak orang yang membuat masker kain sendiri. Cara membuat masker kain juga cukup mudah. Kamu Hanya membutuhkan sepotong kain dan membentuknya menyerupai masker bedah.

Meski tak 100 persen mampu menyaring virus berukuran sangat kecil, masker kain memiliki tingkat efektivitas di atas 50 persen. Namun, cara menggunakan masker kain juga harus memperhatikan ketentuan.

Lalu seberapa sering masker kain harus dibersihkan setelah digunakan?

1 dari 6 halaman

Hanya aman digunakan setelah sekali pakai

Walaupun belum ada rekomendasi terkait seberapa lama masker kain dapat digunakan, namun umumnya masker kain hanya dapat digunakan setelah sekali pemakaian.

Masker kain umumnya dapat dicuci satu kali dalam seminggu jika memang masker kain tersebut tidak terlihat kotor. Namun masker kain harus segara dicuci jika berhadapan dengan seseorang yang bergejala.

Selain itu disarankan untuk memiliki masker kain pengganti, jika masker kain lainnya sedang dibersihkan.  

2 dari 6 halaman

Bagaimana seharusnya masker kain dibersihkan?

 Masker© Pexels.com

Tidak ada rekomendasi khusus terkait cara pencucian masker. Masker dapat dicuci bersamaan dengan pakaian lainnya.

Informasi terbaru menyatakan masker kain sebaiknya dicuci hanya selam 4 jam sehari. Selanjutnya kamu harus mencucinya.

3 dari 6 halaman

Apakah perlu memakai masker setiap kali meninggalkan rumah?

 Masker© Pixabay.com

Penggunaan masker kain disarankan untuk mencegah penularan virus covid-19. Masker kain digunakan ketika mungkin akan melakukan kontak dengan orang lain, terutama dalam jarak dekat.

Namun, jika kamu berada di tempat yang tidak padat atau tidak banyak orang, maka dibolehkan untuk tidak memakai masker.

“ Tetapi selama berjalan atau berlari di luar ruangan di daerah yang tidak padat, tidak apa-apa untuk tidak memakai masker,” kata Schaffner. " Jika kamu pergi ke supermarket, kamu harus memakai masker. Tidak ada keraguan tentang itu," tegasnya kembali.

4 dari 6 halaman

Apa bahan terbaik untuk membuat masker?

 MAsker DIY© Pexels.com

Masker buatan yang paling efektif adalah masker yang memungkinkan kamu dapat bernapas dengan baik.

Dalam sebuah penelitian, Dr. Scott Segal, ketua anestesiologi di Wake Forest Baptist Health di Winston-Salem, North Carolina, merekomendasikan kain tenun di atas rajutan dan tidak disarankan menggunakan dengan bahan pemutih dan bahan kimia keras lainnya.

Jika ragu, kamu dapat memeriksanya dengan cara melihat seberapa banyak cahaya yang dapat menembus masker kain tersebut. Jika banyak cahaya yang dapat menembusnya, maka anggaplah virus tersebut juga bisa.

5 dari 6 halaman

Apakah perlu memakai masker jika negatif virus covid-19?

Meskipun ini tidak berlaku untuk semua orang, namun penggunaan masker sangat disarankan. Walaupun hasil tes Covid-19 menyatakan kamu negatif virus corona, kamu tetap diimbau untuk mengenakan masker kain atau medis.

Tak ada salahnya kan melindungi kamu dari virus corona daripada harus menghabiskan waktu dirawat di rumah sakit karena tertular Covid-19?

6 dari 6 halaman

Apakah rekomendasi jarak fisik berubah jika sudah menggunakan masker?

 Masker© Pixabay.com

Yang perlu diingat adalah dengan menggunakan masker tidak akan merubah kebijakan untuk melakukan jarak fisik satu dan lainnya.

Jadi meskipun sudah menggunakan masker, kamu masih harus tetap melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik sejauh 1 atau 2 meter.

(Sumber: today.com)

Beri Komentar