Sederet Pemicu Bau Badan yang Sering Tak Disadari

Reporter :
Selasa, 15 Januari 2019 18:45
Sederet Pemicu Bau Badan yang Sering Tak Disadari
Perhatikan hal ini jika aroma tubuh sangat tidak sedap.

Dream - Aroma tubuh yang tak sedap tentunya sangat mengganggu. Orang-orang di sekeliling akan merasa tak nyaman dan kita akan langsung kehilangan kepercayaan diri saat menyadarinya.

Menggunakan deodoran jadi solusi mudah dan praktis untuk mencegah bau badan. Namun apakah kamu pernah mengelami aroma tubuh tetap berbau tak sedap meski sudah pakai deodoran?

Jika iya, mungkin pemicunya karena hal lain yang tak Sahabat Dream sadari.

1. Obat

Mengonsumsi obat tertentu secara rutin akan mempengaruhi hormon dalam tubuh. Pada beberapa kasus juga bisa memicu bau badan. Jika demikian, gunakan antiperspirant/deodoran yang lebih kuat dan berkekuatan klinis dan usap pada malam hari sebelum tidur. Ini membantu menghalangi keringat yang menyebabkan bau sebelum pagi hari.

2. Rempah

Gas yang mengandung belerang adalah penyebab bau badan setelah makan makanan tertentu. Makanan yang banyak mengandung bawang putih, kari, atau rempah-rempah lainnya akan melepaskan gas. Gas-gas bau ini dilepaskan melalui pori-pori, meninggalkan dengan bau badan selama beberapa jam setelah makan.

Untuk menghindari bau badan semacam ini, cobalah lebih selektif dalam memilih makanan. Jangan mengkonsumsi makanan kaya rempah pada saat mendekati jam-jam penting. Jika terlanjur, perbanyak minum air putih atau mandi setelahnya.

1 dari 1 halaman

Waspada Juga 3 Pemicu Bau Badan Ini

3. Stres

Berkeringat adalah respons alami terhadap stres. Tetapi keringat yang paling bau terjadi saat stres. Keringat " stres" berasal dari kelenjar Apokrin. Cairan keringat ini tidak berbau sampai bercampur dengan bakteri kulit dan menyebabkan bau badan yang menyengat.

 Salah Merias Wajah? Atasi dengan 5 Langkah Mudah Ini

4. Alkohol

Saat tubuh memecah alkohol dan mengalir melalui aliran darah, sebagian keluar dari napas dan keringat. Kebanyakan alkohol diolah di hati dan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Tetapi jika minum lebih banyak daripada yang dapat diproses hati atau jika hati rusak, beberapa dikeluarkan melalui napas dan keringat. Hal tersebut menyebabkan bau badan yang menusuk.

5. Lupa mencuci bra

Saat menggunakan bra tentu saja kain bra menyentuh kulit bawah lengan, punggung dan di antara payudara dan dada, semua area rawan berkeringat. Bra seringkali terbuat dari kain yang tidak menghilangkan kelembapan.

Keringat dan kelembaban yang terperangkap itu menyebabkan bau dan ruam yang buruk. Jangan menggunkan bra 2 kali berturut-turut dan lebih baik menggantinya setiap hari. Pilihlah bahan bra yang bisa ringan seperti katun, jaring tipis, atau renda ringan.

Nah sudah tahu kan pemicu lain bau badan?

(Sah, Laporan Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang