Sediakan Alkohol 70% di Rumah, Ini Alasannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 11 Maret 2020 08:48
Sediakan Alkohol 70% di Rumah, Ini Alasannya
Demi menjaga kebersihan lebih optimal, tangkal virus dan bakteri berbahaya.

Dream - Demi menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh, kita dianjurkan untuk selalu cuci tangan dengan sabun. Terutama di tengah merebaknya kasus corona di Indonesia.

Bagaimana jika tak ada sabun cuci tangan? Alkohol 70% bisa diandalkan. Bagi yang belum tahu, hand sanitizer yang banyak disediakan di ruang publik dan rumah sakit merupakan campuran alkohol 70%.

Mungkin Sahabat Dream penasaran, mengapa harus 70%, padahal ada presentase yang lebih besar. Elizabeth Scott, profesor mikrobiologi Simmons Center for Hygiene and Health mengungkap bahwa alkohol 70% cenderung lebih efektif untuk fungsi disinfektan.

" Alkohol dengan persentase lebih tinggi, lebih terkonsentrasi. Itu berarti alkohol 70 persen, memiliki lebih banyak air di dalamnya. Tujuh puluh persen alkohol mengandung air yang lebih banyak. Ini memungkinkan campuran tersebut melintasi membran sel, agar bisa membunuh kuman," kata Scott.

 

1 dari 1 halaman

Bisa Tangkal Bakteri dan Virus Tertentu

Scott menjelaskan aturan praktis ini hanya berlaku ketika sedang berusaha menangkis bakteri. Lalu apakah bisa menangkal virus? Efektivitas alkohol terhadap virus tergantung pada jenis virunya.

Virus dengan struktur selubung — termasuk virus flu, flu biasa, HIV, dan virus korona baru — dapat dapat dinonaktifkan dengan larutan alkohol (seperti pembersih tangan) 60 persen atau lebih. Sementara jenis virus lain seperti norovirus cenderung tidak akan mati hanya denga alkohol.

 Hand Sanitizer Berbahan Alkohol, Haramkah?© MEN

Secara praktis, bagaimana aturan ini bisa diterapkan pada kebersihan rumah? Jika memotong ayam mentah di atas meja dapur dan ingin mendisinfektan untuk mencegah kontaminasi silang bakteri E. coli dan salmonella, bisa menggunakan alkohol 70 persen.

Tetapi jika ingin mendisinfeksi permukaan yang dicurigai terpapar virus, misalnya jika seseorang di rumah terserang flu, jenis alkohol yang disarankan adalah yang kadarnya di atas 60 persen.

Beri Komentar