8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Bisa Buat Vitalitas Pria Lho

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 7 Mei 2021 09:12
8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Bisa Buat Vitalitas Pria Lho
Selain memiliki cita rasa yang enak, daun katuk juga menyimpan beragam kandungan yang berdampak baik pada kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat daun katuk biasanya ditujukan pada ibu-ibu yang sedang menyusui agar bisa menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) dalam jumlah yang lebih banyak. Daun katuk telah diyakini menjadi tanaman yang efektif untuk melancarkan dan memproduksi ASI yang sangat dibutuhkan oleh buah hatinya.

Tanaman yang memiliki nama latin Sauropus adrogynus ini mudah sekali ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia. Bahkan di Indonesia, ada banyak orang yang menanam tumbuhan katuk di halaman rumahnya untuk dijadikan sebagai tanaman pagar.

Katuk memiliki tinggi sekitar 2 sampai 3 meter. Biasanya bagian daunnya yang berwarna hijau dan menyerupai daun belimbing yang akan diolah menjadi hidangan. Daun katuk bisa diolah menjadi sup atau dimasak tumis. Mereka yang pernah mengonsumsinya akan merasakan rasa manis dari daun ini.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, daun katuk juga menyimpan banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir melalui Organis Motion, di dalam daun katuk terdapat lebih dari 34 sampai 39 protein, magnesium, kalium, kalsium, sampai zat besi. Kesemua kandungan itulah yang ampuh mendukung kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun untuk kesehatan sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Mengatasi Flu

Daun Katuk© Flickr.com

Manfaat daun katuk yang pertama bagi kesehatan adalah bisa untuk mengatasi flu. Hal ini tidak terlepas dari sejumlah kandungan pada daun katuk yang dinilai efektif untuk mengobati demam serta influenza. Melalui laman Organis Motion, daun katuk kaya akan antioksidan yang berperan penting untuk meringankan flu.

Selain itu juga ada vitamin C yang ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh, membantu dalam memproduksi kolagen, sampai mengatur kadar kolesterol di tubuh.

 

Mengatasi Anemia

Manfaat daun katuk bagi kesehatan bisa untuk mengatasi anemia. Kondisi ini umumnya membuat penderita mengalami pusing, mudah merasa lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi. Kondisi ini bisa kamu atasi dengan menggunakan daun katuk.

Melalui Organic Motion, ekstrak dari daun katuk berguna untuk meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan. Hal ini pun mampu untuk menghambat datangnya penyakit kronis pada pembuluh darah. Jadi, usahakan agar kamu mengonsumsi daun katuk secara teratur untuk mengatasi anemia.

2 dari 4 halaman

Melancarkan ASI

Ilustrasi Mata Sehat© Freepik.com

Manfaat daun katuk lainnya bagi kesehatan adalah bisa membantu melancarkan ASI. Inilah salah satu manfaat yang sangat populer di kalangan ibu hamil dan menyusui. Hal ini karena daun katuk memiliki kandungan kimia sterol inhalasi yang bisa memberikan efek hormonal dan mendorong untuk memproduksi air susu.

Tidak hanya itu saja, daun katuk juga memiliki beberapa asam amino, vitamin B, vitamin C, fosfor, dan zat besi yang berperan sangat penting untuk membuat ASI memiliki tekstur yang lembut. Dengan begitu, ibu hamil atau menyusui pun dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk.

 

Menyehatkan Mata

Manfaat daun katuk yang sayang untuk dilewatkan adalah bisa menyehatkan mata. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A di dalam daun katuk dengan jumlah yang cukup tinggi. Dengan begitu, berkat adanya kandungan inilah yang bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kulit tetap sehat, serta mencegah dari penyakit mata.

Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, usahakan agar kamu mengonsumsi daun katuk secara teratur yang telah diolah menjadi hidangan kesukaanmu.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Vitalitas Pria

Ilustrasi Vitalitas Pria yang Baik© Freepik.com

Manfaat daun katuk juga baik untuk pria. Di mana sayuran ini mampu untuk meningkatkan vitalitas pria. Melalui laman Organis Motion, di dalam daun katuk terdapat kandungan senyawa fitokimia yang berguna untuk meningkatkan kualitas sperma.

Bahkan, keberadaan kandungan lainnya di dalam daun katuk sangat berguna untuk membantu meningkatkan fungsi otak.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat daun katuk berikutnya bagi kesehatan adalah bisa mencegah osteopororsis. Osteoporosis sendiri adalah suatu kondisi di mana kepadatan tulang mengalami penurunan. Dengan begitu, tulangmu menjadi lebih mudah patah dan keropos. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan daun katuk.

Melalui laman Organis Motion, daun katuk memiliki kandungan kalsium serta zat besi yang sangat efektif untuk mencegah gangguan tulang ini. Kandungan tersebut juga memiliki peran penting untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat.

4 dari 4 halaman

Mempercepat Penyembuhan Luka dan Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Mengalami Luka© Freepik.com

Bagi kamu yang memiliki luka, maka cara mengatasinya agar bisa sembuh dengan cepat adalah dengan menggunakan daun katuk. Hal ini pun telah melalui beberapa penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak daun katuk berguna sebagai penutup luka yang tergolong kuat.

Demi mendapatkan manfaat daun katuk ini, kamu hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun katuk. Lalu remas-remaslah daun tersebut sampai halus. Kemudian berikan sedikit air dan aplikasikan ke bagian tubuh kamu yang mengalami luka.

 

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun katuk yang terakhir adalah bisa mencegah dari penyakit jantung. Hal ini karena adanya kandungan kalsium yang dimiliki oleh daun katuk. DI mana kandungan ini memiliki peranan penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Sehingga, sayuran ini pun juga bisa menghindarkanmu dari penyakit hipertensi.

Kemudian kandungan lainnya di dalam daun katuk berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu, ini mampu mencegahmu dari beragam penyakit kronis yang salah satunya penyakit jantung.

Itulah 8 manfaat daun katuk untuk mendukung kesehatan. Bagi sahabat Dream yang tertarik dan mulai mencoba untuk mengonsumsi daun katuk, maka pastikan agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena hal ini bisa memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh.

 

Beri Komentar