Selain Nikmat, Jamur Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol

Reporter : Kusmiyati
Jumat, 20 Februari 2015 12:46
Selain Nikmat, Jamur Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol
Rutin mengonsumsi jamur juga akan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan mengurangi penyakit inflamasi. Kandungan selenium dalam jamur kancing juga dapat mencegah kanker prostat.

Dream - Selain dijadikan santapan yang menggugah selera, tidak sedikit orang memanfaatkan jamur sebagai obat herbal. Dilansir fitsugar.com, Jumat 20 Februari 2015 salah satu manfaat jamur pangan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Salah satu contohnya Champignon. Jika pengolahannya baik, rasa jamur ini tak kalah nikmatnya dari daging sapi atau ayam.  Jamur pangan berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda.

Biasanya Jamur ini diolah ala masakan Barat seperti omelet, pizza, kaserol, gratin, dan ada juga yang di saute (digoreng sebentar atau ditumis dengan sedikit minyak). Kandungan selenium yang tinggi dan antioksidan dapat menjaga kekebalan tubuh dan mengoptimalkan sistem tiroid.

Rutin mengonsumsi jamur juga akan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan mengurangi penyakit inflamasi. Kandungan selenium dalam jamur kancing juga dapat mencegah kanker prostat.

Menurut Baltomore study. seorang yang mengonsumsi selenium dengan dosis dua kali lipat dari anjuran harian beresiko 65 % lebih rendah mengalami kanker prostat. Seorang laki-laki yang memiliki kadar selenium terendah beresiko empat hingga lima kali besar mengalami kanker prostat dibandingkan mereka yang memiliki kadar selenium tertinggi dalam darah.

Untuk yang sedang melakukan program diet cocok untuk memasukan jamur ini ke dalam list makanan untuk disantap. Jamur ini mengandung 80-90 persen air dan rendah kalori, serta terdapat kandungan sodium. Komponen jamur yang sudah dikeringkan terdapat 8-10 persen serat. 

Beri Komentar
Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial