Ramai Ajakan Kurangi Sampah Plastik, Dua Pesohor Ini Sudah Melakukannya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 8 Agustus 2019 10:48
Ramai Ajakan Kurangi Sampah Plastik, Dua Pesohor Ini Sudah Melakukannya
Bagaimana caranya, ya?

Dream - Suami penyanyi Raisa Andriana, Hamish Daud terkenal dengan kepeduliannya pada isu-isu lingkungan. Beberapa waktu belakangan, ayah satu anak ini bahkan sering mengunggah foto bertema isu kelestarian dan keindahan laut Indonesia.

Kepedulian aktor yang lahir di Australia ini semakin dikuatkan saat dia bergabung dengan yayasan Indonesia Ocean Pride. Yayasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap laut Indonesia.

" Indonesia kan negara maritim, jadi yayasan ini diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi kalau Indonesia negara laut. Banyak orang yang lupa dan kita mengajak untuk kembali peduli," kata aktor 39 tahun ini di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2019.

Tidak hanya peduli dengan lingkungan bawah laut, yayasan tersebut juga menerapkan konsep ramah lingkungan.

" Sekarang merchandise kita bekerja sama dengan yayasan luar negeri, UN. Campaignnya bulan depan karena momentumnya untuk dua bulan itu tentang sampah saja. Kita omongin tentang penyakit yang disebabkan microplastic dan lain-lain," katanya.

1 dari 5 halaman

Menerapkan juga di keluarga

Pemain Rectoverso ini ternyata sejak lama menerapkan konsep ramah lingkungan yang sederhana bersama Raisa.

 Raisa Andriana & Hamish Daud

" Saya nggak pakai single use plastic. Memang nggak drastis langsung nggak menggunakan plastik. Tapi, istriku memang antiplastik banget. Awalnya dia (Raisa) nggak tahu dan saya ajarin. Lama-lama nular ke dia, ke teman-temannya. Jadi nggak perlu disuruh, cukup memberi contoh," kata Hamish.

Hamish memang berusaha menerapkan pola hidup peduli lingkungan di rumah. Salah satunya dilakukan dengan mencoba mengolah sampah plastik.

" Biasanya, saya mengganti beberapa barang plastik dengan yang berbahan bambu atau kain. Sebenarnya bukan masalah pemakaian, tapi pengolahannya."

2 dari 5 halaman

Aksi Kelly Tandiono Peduli Lingkungan

Dream - Selain cantik dan sukses di bidang entertainment, Kelly Tandiono ternyata juga termasuk sosok pesohor yang peduli lingkungan. Model yang hobi olahraga dan traveling ini selalu membawa totebag untuk menunjang hobinya belanja. 

Pola hidup peduli lingkungan juga diterapkan Kelly dengan rutin membawa tumbler untuk alat penampung air minumnya.

" Dan aku makan biasanya di container," katanya di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2019.

Selain melakukan aksi ramah lingkungan dan pengurangan plastik, model 32 tahun ini juga memilah jenis sampah. Bahkan Kelly pernah mengumpulkan sampah saat berkunjung ke Gua Kristal.

 Kelly Tandiono

" Aku lihat banyak sampah di mana-mana dan memang sudah disiapkan karung beras. Aku dan teman-teman kumpulin saja. Akhirnya komunitas sekitar malah ngikutin. Jadi bisa dijadikan kebiasaan saat traveling," ungkap pemain film Street Society ini.

Sejak kejadian tersebut, Kelly mulai membiasakan untuk memungut sampah yang berserakan di tempat wisata.

" Sudah beberapa kali sih. Kalau kita lagi di laut ada sampah plastik, dipungutin juga. Karena sedih ya. Masa temat wisata banyak sampah," tutupnya.(Sah)

3 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Zero Waste, 3R Saja Tidak Cukup

Dream - Masalah sampah di Indonesia agaknya sudah semakin parah. Laporan dari Indonesian Center for Environment Law (ICEL), unenvironment.org menyebutkan menyebutkan hampir setiap harinya Indonesia menyumbang 10.660.505 kilogram sampah plastik.

Seperti yang kita ketahu, bahwa sampah dibagi menjadi dua yaitu organik dan non-organik. Dan, sampah-sampah tersebut memerlukan perlakuan khusus supaya tidak menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan. Terlebih sampah non-organik yang sulit terurai.

Apalagi masalah kesehatan kerap kali dipengaruhi kondisi lingkungan sekitar. Jika kotor dan banyak sampah, lingkungan tersebut tidak sehat untuk ditinggali.

Memulai cara hidup sehat bisa dimulai dari lingkungan sekitar yang sehat. Kamu pasti tahu dengan istilah 3R yang merupakan singkatan dari  Reduce, Reuse, Recycle. Namun tahukah Sahabat Dream, kalau 3R saja tidak cukup untuk menangani masalah sampah di Indonesia saat ini?

Cara hidup sehat sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan, namun perlu tekad, fokus, dan konsisten dalam melakukannya. Dan, Zero Waste bisa menjadi salah satu pilihan cara hidup sehat.

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Zero Waste

Dilansir dari laman zerowaste.id, Zero Waste adalah filosofi gaya hidup untuk mendorong siklus hidup sumber daya, sehingga produk-produk yang dikonsumsi bisa pakai dan dimanfaatkan kembali. Tujuannya adalah supaya sampah tidak sampai ke landfill.

Zero Waste mengutamakan tidak memproduksi sampah dari berbagai aspek, baik sampah organik maupun non-organik. Mulai dari bahan pangan, pakaian, hingga ke pembungkus barang yang dikonsumsi. Sehingga barang yang dikonsumsi akan terus terpakai dan termanfaatkan. Gaya hidup ini bisa meminimalisir produksi sampah pribadi dan rumah tangga.

  Hidup Sehat dengan Zero Waste

Produksi sampah yang minim, tentu berdampak positif pada lingkungan. Sehingga, lingkungan menjadi sehat secara alami, dan tentu saja jadi salah satu cara hidup sehat yang baik. Namun, untuk menerapkan gaya hidup sehat ini, memerlukan konsistensi yang tinggi.

Konsisten sangat diperlukan, karena untuk mengubah kebiasaan itu sangat sulit.Terlebih selama ini kita seperti sudah biasa dengan pemakaian plastik, tisu, dan berbagai barang yang sulit terurai lain. Coba bayangkan sudah berapa banyak sampah dan plastik yang kita buang percuma, Sahabat Dream?

 

5 dari 5 halaman

Reduce, Reuse, Recycle + 2R

3R singkatan dari Reduce, Reuse, Recycle mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Kita terbiasa menyebutnya sebagai daur ulang. Kaitannya dengan sampah 3 prinsip ini umum digunakan, yaitu Reduce, mengurangi produksi sampah, Reuse, menggunakan kembali supaya tidak menjadi sampah, dan Recycle, mendaur ulang supaya barang yang tak terpakai bisa dimanfaatkan kembali.

Menurut Bea Johnson dari Zero Waste Home, ada tambahan 2R, yakni Refuse, menolak barang yang sekiranya akan menghasilkan sampah, dan Rot, membusukkan barang yang dikonsumsi, poin ini hanya bisa diterapkan pada barang dan sampah organik yang mudah terurai.

  Hidup Sehat dengan Zero Waste

Dalam menerapkan Zero Waste secara sungguh-sungguh, 3R saja tidak cukup, karena “ Zero Waste is not recycling more, but less.” Seperti yang dikutip dari zerowaste.id, Zero Waste tidak hanya sekadar mendaur ulang sebanyak mungkin, namun sebaliknya.

5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot), bisa digunakan sebagai prinsip untuk mengarah pada cara hidup sehat tanpa limbah, dan bisa diterapkan untuk gerakan gaya hidup ramah lingkungan.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone