Seng Dicampur Air Tonik dan Kina Bisa Sembuhkan Covid-19? Cek Faktanya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 24 November 2020 12:12
Seng Dicampur Air Tonik dan Kina Bisa Sembuhkan Covid-19? Cek Faktanya
Begini penelusurannya.

Dream - Baru-baru ini beredar informasi yang menyebutkan zat yang dipercaya ampuh mencegah penularan virus Covid-19. Zat yang diyakini bisa mengalahkan virus corona itu yakni seng dan zinc yang dicampur dengan kina serta tonik.

Informasi tersebut dibagikan oleh akun Facebook Nick Savoca yang mengunggah postingan dengan menyebutkan zinc dan seng dicampur dapat mencegah penularan Covid-19.

Unggahan Facebook© Liputan6.com

Berikut narasinya:

" Saya bukan dokter atau praktisi medis, tetapi Rozanne dan saya telah mengambil dosis reguler Zinc dengan pengejar air tonik. Sejauh ini kita tetap sehat dan bebas Covid-19.

" Saya sarankan semua orang melakukan hal yang sama. Air tonik memiliki quinine dan mempromosikan intensitas Zinc. Cuma mau bilang! Pencegahan yang luar biasa terhadap Covid dan dokter saya setuju!"

Di postingan lain, akun Facebook Dale Dunmyer juga menyebut seng dipercaya mengalahkan covid-19. Begini narasinya:

" Dokter saya mengatakan tonik dengan suplemen kina dan seng akan menghentikan Covid-19 dalam beberapa hari!!!"

Lalu, benarkah klaim terkait pencampuran zat tersebut?

1 dari 4 halaman

Cek Fakta

Untuk melakukan pengecekan terkait klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Dr Andi Khomeini Takdir Haruni. Dokter yang akrab disapa Koko tersebut, membantah jika Covid-19 dapat disembuhkan dengan mencampur seng dengan air tonik dan kina.

" Itu tidak benar. Seng itu memang kita berikan ke pasien, tapi tidak dicampur dengan air tonik dan kina," katanya melalui pesan singkat kepada Cek Fakta Liputan6.com.

" Tidak bisa seperti itu. Nanti takutnya orang bisa keracunan kina," ujar dokter penyakit dalam yang membuka praktik di RSUD Sawah Besar, melanjutkan.

 

 

2 dari 4 halaman

Tak sampai situ, Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri kebenaran klaim tersebut menggunakan mesin pencari, Google.

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul artikel: " Scientists warn against over-the-counter coronavirus ‘cures’" . Artikel itu dipublikasikan pada 21 November 2020.

Artikel AFP Fact Check ini mengambil penjelasan dari Profesor Virologi di Universitas Reading, Inggris, Ian Jones. Dia memastikan, mengonsumsi seng tidak bisa dipakai untuk mencegah virus corona covid-19.

" Seng adalah logam beracun dan meskipun memang menghambat beberapa enzim virus, tingkat yang dibutuhkan tidak akan dapat ditolerir dalam tubuh," katanya.

" Seng adalah logam beracun dan meskipun memang menghambat beberapa enzim virus, tingkat yang dibutuhkan tidak akan dapat ditolerir dalam tubuh," katanya.

Lebih lanjut, Ian Jones mengatakan, kebanyakan seng di dalam tubuh bisa berpotensi adanya efek samping.

" Kelebihan seng hanya membuang-buang waktu dan uang," ujar Ian.

3 dari 4 halaman

Lebih lanjut, Google juga mengarahkan artikel pada situ kesehatan Healthline dengan judul " Side effects and risks" .

Dijelaskan dalam artikel tersebut, pemakaian kina dosis kecil dalam air tonik aman dikonsumsi. Food and Drug Aministration (FDA) AS mengizinkan air tonik mengandung tidak lebih dari 83 bagian per 1 juta kina.

Kina dalam air tonik cukup diencerkan untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul, seperti mual, diare, muntah, dan gugup. Efek samping yang lebih serius mencakup masalah pendarahan, kerusakan ginjal, detak jantung abnormal, dan reaksi alergi berat.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut seng dan zinc yang dicampur dengan kina serta air tonik bisa menyembuhkan pasien virus corona covid-19 adalah salah karena tidak ada penelitian yang membahas itu.

Faktanya, seng bila dicampurkan ke air tonik dan kina bisa menyebabkan keracunan kepada orang yang terpapar virus corona covid-19.

Sumber: liputan6.com

Beri Komentar