Seputar Akar Bajakah, Benarkah Bisa Jadi Obat Kanker Payudara?

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 13 Agustus 2019 19:47
Seputar Akar Bajakah, Benarkah Bisa Jadi Obat Kanker Payudara?
Sebuah penemuan mengejutkan dari dua anak bangsa asal Kalimantan yang menemukan obat kanker payudara dari akar Bajakah.

Dream - Hutan Kalimantan terkenal dengan berbagai jenis tumbuhan yang masih alami dan memiliki khasiat bagi kesehatan.

Seperti khasiat akar bajakah yang baru ditemukan oleh dua orang siswa SMA asal Palangkaraya, Aysa dan Anggina.

Aysa dan Anggina berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Wolrd Invention Creativity (WICO) di Korea Selatan. Keduanya berhasul menemukan ramuan obat kanker payudara dari akar bajakah, tanaman khas Kalimantan.

Kabar ini tentu sangat membanggakan, dan menjadi salah satu penemuan penting dalam bidang kesehatan.

Seperti yang kita tahu selama ini, kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Jenisnya yang beragam membuat obat untuk menyembuhkan penyakit ini masih belum ditemukan, hingga akhirnya Aysa dan Anggina membuka secerca harapan itu.

Selain akar bajakah, sebenarnya masih banyak lagi tumbuhan di hutan Kalimantan yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat dengan judul, “ Kearifan Lokal Masyarakat Dayak Terhadap Tumbuhan Berkhasiat Obat di Lahan Agroforest Barito Utara”

1 dari 4 halaman

Akar Bajakah, Obat Tradisional Masyarakat Dayak

 Akar Herbal

Dalam penelitian tahun 2014 itu ditemukan, ada 100 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan masyarakat Dayak sebagai bahan obat sejak dahulu kala.

Tidak hanya bagian akarnya saja, hampir semua bagian tumbuhan obat ini bisa dimanfaatkan.

Daun menjadi bagian tumbuhan obat yang paling sering digunakan untuk kesehatan. Seperti untuk obat kulit, masalah kewanitaan, pencernaan, demam, hingga penyakit kronis lain.

Namun sayangnya pengetahuan tentang khasiat tumbuhan obat Kalimantan ini masih minim.

Akar bajakah hanya sebagian kecil tumbuhan obat yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan. Selain tumbuhan bajakah, masih terdapat lebih dari 100 jenis tumbuhan asli Kalimantan yang juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Tumbuhan khas Kalimantan yang dijadikan obat tradisional lainnya ialah Ampalas bajang, Ribu-ribu, Akar rahwana, Kapul, dan masih banyak lagi.

2 dari 4 halaman

Kandungan Akar Bajakah

 Akar Herbal

Tumbuhan bajakah banyak ditemukan di kawasan Dayak Bakumpai dan Dayak Dusun Tengah. Tumbuhan pemilik nama latin Fibraura chloroleuca ini termasuk dalam habitus Liana.

Bagian tumbuhan bajakah yang kerap dimanfaatkan sebagai obat ialah bagian akarnya.

Menurut penuturan Aysa, dari hasil laboratorium yang ia lakukan dengan Anggina, akar bajakah mengandung saponin, alkaloid, steroid, terpenoid, flavonoid, tannin, dan phenolic. Bahan-bahan yang dipercaya mampu menyembuhkan tumor ganas.

Melalui penemuan itu, Aysa dan Anggina meyakini dengan mengonsumsi akar bajakah secara rutin dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker payudara.

Kedua siswi SMA ini sudah mengumpulkan bukti dengan tes laoratorium dan juga melakukan observasi terhadap masyarakat Kalimantan yang mengonsumsi akar bajakah.

Dua gadis ini juga telah melakukan uji coba terhadap tikus putih yang terkena tumor. Hasilnya tikus putih ini bebas tumor setelah diberi minuman dari akar bajakah secara rutin selama dua pekan.

Walau begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membenarkan manfaat akar bajakah bagi manusia.

3 dari 4 halaman

Pembuatan Serbuk Akar Bajakah sebagai Obat Kanker Payudara

 Serbuk Teh Herbal

Untuk membuat obat dari akar bajakah sangatlah mudah. Caranya, dengan membuat bagian akar bajakah menjadi serbuk teh yang nantinya bisa diseduh untuk diminum.

Aysa dan Anggina menerapkan hal serupa, mereka menggunakan serbuk akar bajakah untuk mengetahui kandungan yang ada di dalamnya.

Kedua siswi itu membuat obat kanker payudara dari akar bajakah secara manual dan dengan cara yang sederhana.

Mereka hanya mengambil sebagian dari akar bajakah, kemudian memotong dan mengeringkannya, lalu dihaluskan.

Setelah itu, mereka membungkus serbuk akar bajakah dalam kemasan teh seduh untuk mempermudah konsumsi.

Hal serupa juga telah dilakukan oleh masyarakat Dayak, yang mengonsumsi hampir seluruh bagian dari tumbuhan bajakah. Mulai dari akar, tetesan air, batang hingga daunnya.

Bedanya, masyarakat Dayak tidak mengemas serbuk akar bajakah, sebagian mereka ada yang menggunakannya sebagai obat luar dan ada juga yang dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

Penyembuhan Kanker Payudara

 Kanker Payudara


Kanker payudara tidak hanya terjadi pada perempuan saja, laki-laki juga berisiko mengalami penyakit kanker satu ini.

Gejala yang dialami oleh penderita kanker ini biasanya berupa benjolan tidak wajar pada bagian payudara, rasa sakit pada payudara, hingga keluarnya cairan bening berwarna coklat atau kuning.

Penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti, namun bagi keluarga yang memiliki riwayat kanker payudara, memiliki potensi lebih tinggi untuk terkena kanker ini.

Kanker ini umumnya disebabkan oleh perkembangan sel dalam payudara yang tidak normal, sama seperti penyebab utama dari jenis kanker lainnya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pengobatan untuk menyembuhkan kanker payudara belum bisa ditemukan.

Namun untuk mengatasi sel kanker yang menyebar, dokter akan menyarankan untuk melakukan pembedahan, terapi radiasi dan kemoterapi. Dengan perawatan ini, sel kanker dalam payudara bisa diminimalisir perkembangannya.

Penemuan obat kanker payudara dari akar bajakah menjadi alternatif baru untuk penyembuhan kanker payudara. Namun, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih detail mengenai kandungan dalam akar bajakah dan khasiatnya. (ism)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary