Coba Tes 15 Detik yang Bisa Indikasikan Masalah Saraf Terjepit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 26 Mei 2022 14:00
Coba Tes 15 Detik yang Bisa Indikasikan Masalah Saraf Terjepit
Begini cara mengetahui kondisi saraf di sekitar tangan.

Dream - Mengetik di depan layar laptop atau menggunakan berbagai jenis keyboard lainnya telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Sebagian pekerjaan bahkan mengharuskan seseorang untuk mengetik banyak hal sepanjang hari.

Hal tersebut mengharuskan kamu duduk dan mengetik lebih lama. Biasanya, kebiasaan tersebut akan berdampak pada kesehatan tulang karena duduk terlalu lama.

Dampak lainnya adalah bisa menyebabkan saraf terjepit pada pergelangan tangan atau carpal tunnel syndrome.

" Terjepitnya saraf di tangan biasanya disebabkan kebiasaan seperti mengulek, menggunakan mouse / keyboard atau semua gerakan yang menggunakan pergelangan tangan secara berulang dan repetitif," ujar Dokter Kevin Mak melalui akun Instagramnya.

Kondisi tersebut disebabkan oleh penebalan otot pergelangan tangan yang bisa menjalar ke jari. Jika tidak segera ditangani, kamu bisa membutuhkan tindakan tertentu untuk mengatasi kondisi ini.

1 dari 6 halaman

Cara Mengecek Saraf Terjepit di Tangan

Maka dari itu, kamu perlu mendeteksi kondisi tanganmu dengan cara yang dibagikan oleh Kevin, yaitu membengkokkan pergelangan tangan kanan dan kiri hingga membentuk sudut 90 derajat.

Mengecek Saraf Terjepit© Instagram @drkevinmak

Foto: Instagram @drkevinmak

Tempelkan pergelangan tangan dan kiri. Lalu, tahan posisi tersebut selama 15 detik untuk mengecek kondisi saraf di sekitar tanganmu.

Jika merasakan nyeri, kesemutan, atau sensasi seperti tersetrum, kemungkinan kamu mengalami saraf terjepit pada tangan.

Biasanya, kondisi tersebut diatasi dengan melakukan peregangan secara rutin, beristirahat secara berkala, menggunakan obat anti radang atau nyeri sesuai anjuran dokter bila diperlukan, penyuntikan, maupun tindakan bedah.

Jadi, berhati-hatilah pada kondisi seluruh tubuh dan pastikan kamu berolahraga setiap hari.

2 dari 6 halaman
3 dari 6 halaman

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Cari Tahu Beberapa Pemicunya

Dream - Rasa nyeri yang muncul di area dada seringkali membuat kita panik. Pasalnya keluhan tersebut identik dengan penyakit jantung yang bisa berujung fatal bahkan kematian mendadak.

Sebenarnya, banyak hal yang memunculkan rasa nyeri di dada. Hal yang perlu diperhatikan adalah sumber dan letak rasa nyeri. Bila muncul di sebelah kanan cenderung jarang dipicu masalah jantung.

Dikutip dari KlikDokter.com, jantung berada di dada sisi kiri sehingga jarang sekali menimbulkan keluhan nyeri dada sebelah kanan. Ketika mengalami sakit dada kanan, bukan berarti bisa disepelekan. Ini karena lokasi tersebut juga tidak terlepas dari berbagai organ penting.

Timbulnya keluhan sakit dada sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Stres atau Cemas
Jika seseorang mengalami gangguan cemas atau stres yang begitu berat, dapat menimbulkan serangan panik yang mirip dengan keluhan serangan jantung. Kondisi ini bisa dipicu oleh kejadian yang menimbulkan trauma.

Keluhan dada kanan nyeri dapat disertai dengan sesak napas, berdebar-debar, pusing, berkeringat, hingga pingsan. Ketika mengalami serangan panik, napas akan menjadi lebih cepat dan dalam, sehingga dapat menyebabkan kram pada otot dinding dada serta nyeri dada kanan.

 

4 dari 6 halaman

2. Ketegangan Otot

Kesulitan Ajari Anak PR Matematika, Ayah Ini Sampai Kena Serangan Jantung© MEN

Ketika otot mengalami trauma atau digunakan secara berlebihan, dapat menyebabkan ketegangan pada otot yang merupakan penyebab tersering nyeri dada. Nyeri pada otot dada dapat dipicu oleh aktivitas yang melibatkan tubuh bagian atas. Keluhan nyeri dada yang ditimbulkan umumnya dapat diatasi dengan konsumsi obat antinyeri seperti paracetamol dan istirahat yang cukup.

 

5 dari 6 halaman

3. Naiknya Asam Lambung

Salah satu penyebab sakit dada bagian kanan adalah naiknya asam lambung hingga ke esofagus. Kondisi ini dapat terjadi setelah makan, membungkuk, berolahraga, atau bahkan ketika sedang tidur di malam hari.

Sakit perut© Shutterstock

Keluhan nyeri dada dapat disertai dengan rasa panas di tenggorokan, sulit menelan, dan mulut terasa asam. Hal ini sangat berkaitan erat dengan gangguan maag, yang dapat dipicu oleh kebiasaan terlambat makan, konsumsi makanan asam maupun pedas, serta kebiasaan langsung berbaring setelah makan.

 

6 dari 6 halaman

4. Kolesistitis

Kolesistitis merupakan peradangan kantong empedu yang paling sering disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu akibat batu empedu. Pada umumnya, keluhan yang akan ditimbulkan adalah nyeri pada perut bagian atas sisi kanan yang dapat menjalar hingga ke punggung, sehingga dapat dirasakan berupa dada kanan sakit.

Keluhan dapat disertai dengan mual, muntah, demam, penurunan nafsu makan dan nyeri ketika menyentuh bagian perut sisi kanan. Jika mengalami hal ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke dokter.

Baca penjelasan selengkapnya di sini.

Beri Komentar