Sering Diremehkan, Ini 9 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 4 Mei 2021 12:45
Sering Diremehkan, Ini 9 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan
Bukan hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, daun ciplukan juga bisa kamu gunakan sebagai obat yang berkhasiat.

Dream – Manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tidak kalah istimewa dengan buahnya. Ciplukan merupakan tumbuhan liar yang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai tempat, baik di halaman rumah, di semak-semak, di sawah, di lapangan, dan sebagainya. Selama ini jika ada orang yang menemukan ciplukan, biasanya akan mengonsumsinya buahnya saja. Sedangkan daunnya tidak banyak dipedulikan.

Padahal di dalam daun ciplukan terkandung manfaat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan. Daun pada tanaman yang memiliki nama latin Physallisa angulate L ini terdapat sederet kandungan baik, misalnya saja seperti flavonoid, polifenol, tanin, saponin, alkaloid, dan C27H44O-H2O. Jika kamu mengetahui apa saja manfaat yang diberikan dari kesemua kandungan tersebut, kamu pasti tidak akan ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Apalagi bukan hal sulit bagi kamu untuk bisa menemukan tanaman ini dan pastinya gratis. Jadi, daripada makin penasaran apa saja manfaat daun ciplukan untuk kesehatan. Berikut sebagaimana dilansir melalui berbagai sumber.

Ciplukan© Shutterstock.com

1 dari 5 halaman

Mengatasi Sariawan serta Mengobati dan Mencegah Asma

Ilustrasi Mengalami Asma© Freepik.com

Mengatasi Sariawan

Manfaat daun ciplukan yang pertama bagi kesehatan adalah bisa mengatasi sariawan. Kondisi ini menimbulkan rasa perih di area mulut sehingga bisa membuat nafsu makanmu menurun. Sariawan sendiri terjadi karena kamu kurang asupan vitamin C.

Untuk mengatasi sariawan, kamu bisa menggunakan daun ciplukan. Cara menggunakannya adalah merebus daun ciplukan lalu meminumnya. Atau kamu juga bisa mengonsumsi buah ciplukannya.

Mengobati dan Mencegah Asma

Daun ciplukan bisa kamu andalkan untuk mengobati dan mencegah asma. Kamu bisa menggabungkan daun serta batang ciplukan dan direbus. Air rebusannyalah yang perlu kamu minum secara rutin sampai penyakit asmamu hilang dan tidak mudah kambuh lagi.

2 dari 5 halaman

Mengatasi Diabetes dan Mengobati Rematik

Ilustrasi Mengalami Rematik© Freepik.com

Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya jika tidak segera kamu tangani. Selain menggunakan pengobatan secara medis, kamu juga bisa menggunakan cara alami, yakni dengan daun ciplukan. Bahkan kamu juga bisa menggunakan akar dan batang ciplukan untuk direbus agar menjadi ramuan.

Dari air rebusannya itulah yang perlu kamu minum sebanyak tiga kali dalam sehari sampai kadar gula darahmu kembali normal. Barulah kamu bisa terbebas dari penyakit diabetes yang berbahaya ini.

Mengobati Rematik

Manfaat daun ciplukan lainnya adalah untuk mengobati rematik. Penderita rematik ini tidak hanya menyerang orang tua saja. Anak-anak muda juga berpeluang mengalaminya. Rematik menimbulkan rasa pegal di bagian anggota gerak, tetapi tanda-tanda yang datang bisa berbeda-beda. Tergantung dengan penyakit rematik mana yang menyerang kamu.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menumbuk daun ciplukan yang diberi kapur sirih. Lalu dikompreskan pada bagian yang merasa pegal dan sakit. Hal ini mampu untuk menyembuhkannya jika dilakukan secara rutin.

3 dari 5 halaman

Mencegah Epilepsi dan Mengatasi Nyeri Sendi

Ilustrasi Mengalami Nyeri Sendi© Freepik.com

Mencegah Epilepsi

Manfaat daun ciplukan bagi kesehatan juga bisa untuk mencegah epilepsi. Untuk mengurangi risiko penyakit ini, maka daun ciplukan bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu hanya perlu merebus daun ciplukan dan meminum air rebusannya. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kamu tidak perlu khawatir lagi penyakit epilepsi akan kambuh lagi.

Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat daun ciplukan berikutnya bagi kesehatan adalah bisa mengatasi nyeri sendi. Kondisi ini kerap menyerang pada orang yang sudah lanjut usia. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa yang muda-muda juga bisa mengalami nyeri sendi.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan daun ciplukan. Kamu hanya perlu menumbuk daun ciplukan secukupnya saja yang dicampur dengan kapur sirih. Lalu kompreskan di bagian yang nyeri. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

4 dari 5 halaman

Mengobati Kanker Payudara dan Mengatasi Gangguan Kelenjar Getah Bening

Ilustrasi Penderita Kanker Payudara© Freepik.com

Mengobati Kanker Payudara

Manfaat daun ciplukan bisa untuk mengobati kanker payudara. Kamu bisa menggunakannya dengan cara menyediakan daun ciplukan bagian pucuknya sebanyak 4 helai, tunas kunyit, dan 4 biji beras. Haluskan semua bahan dan aplikasikan ke payudara. Gunakan secara rutin sembari mengeceknya ke dokter untuk mengetahui perkembangan kanker kamu.

Mengatasi Gangguan Kelenjar Getah Bening

Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan berupa gangguan kelenjar getah bening, maka salah satu cara yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan bahan alami berupa daun ciplukan. Kondisi ini membuat kelenjar getah beningmu mengalami pembengkakan.

Untuk menggunakan daun ciplukan sebagai obat, kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun ciplukan. Lalu air rebusannya bisa kamu minum secara rutin. Namun perlu kamu ketahui, bahwa selama mengonsumsi air rebusan daun ciplukan, kamu juga harus mengimbanginya dengan banyak minum air putih.

5 dari 5 halaman

Mencegah Penyakit Paru-paru Basah

Ilustrasi Penderita Paru-paru Basah© Freepik.com

Manfaat daun ciplukan yang tak kalah hebat adalah untuk mencegaj penyakit paru-paru basah. Ini adalah solusi untuk kamu yang menginginkan agar kondisi paru-parumu bisa selalu sehat. Bahkan bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit paru-paru basah, daun ciplukan akan mencegah penyakit itu kambuh lagi.

Demi merasakan manfaatnya, kamu cukup merebus daun ciplukan dan meminum air rebusannya secara rutin. Setelah itu barulah kamu rasakan kemajuannya pada paru-parumu.

Itulah 9 manfaat daun ciplukan untuk kesehatan. Jadi, Ketika sahabat Dream menemukan tanaman ciplukan, tidak hanya mengonsumsi buahnya saja tetapi juga bisa menggunakan daunnya sebagai obat.

Beri Komentar