Sering Tak Disadari, Konsumsi Obat Ini Bikin Naik Berat Badan

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 19 Januari 2020 12:01
Sering Tak Disadari, Konsumsi Obat Ini Bikin Naik Berat Badan
Ada beberapa jenis obat yang memang bisa meningkatkan berat badan.

Dream - Pada beberapa orang, kenaikan berat badan secara drastis terjadi bukan karena gaya hidup yang kurang baik. Asupan sudah dijaga, olaharaga pun dilakukan teratur, tapi bobot malah terus naik.

Satu hal yang patut dicurigai jadi pemicunya adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Ada beberapa jenis obat yang memang bisa meningkatkan berat badan.

Berikut ini merupakan obat-obatan yang umumnya diresepkan dan memiliki efek samping meningkatkan nafsu makan. Efeknya adalah kenaikan berat badan.

Steroid

Obat steroid menyebabkan insomnia, peningkatan nafsu makan, dan retensi air. Obat yang termasuk golongan steroid yang menyebabkan penambahan berat badan yaitu prednison yang diresepkan untuk mengatasi gejala radang, alegi parah, arthritis, asma, masalah mata, masalah perut, dan gangguan darah.

" Flonase, obat steroid lainnya tidak langsung berhubungan dengan penambahan berat badan kecuali dengan dosis besar, itupun efeknya lebih sedikit dibandingkan obat oral" kata Rekha Kumar, M.D., asisten profesor farmasi di Weill Cornell Medical College.

Tanyakan pada dokter, dosis terkecil dan tercepat yang dapat dikonsumsi. Jika tetap harus meminum steroid, utamakan tidur efektif - untuk mengurangi dampak insomnia, yang memicu nafsu makan.

 

1 dari 6 halaman

Antidepresan

Inhibitor serotonin - seperti Prozac, Zoloft, dan Paxil - menjadi penyumbang kenaikan berat badan terbesar. Obat tersebut menghambat reseptor otak yang berfungsi menyerap serotonin yang memberi dampak menenangkan.

 Ngemil Malam Tak Pengaruhi Berat Badan?Ngemil Malam Tak Pengaruhi Berat Badan? © © MEN

 

Selain dampak positif tersebut, ditemukan bahwa obat ini juga meningkatkan nafsu makan terutama akan karbohidrat. Konsultasikan ke dokter untuk mendapat obat dengan efek kenaikan berat badan paling minim.

 

2 dari 6 halaman

Antipsikosis

Menurut penelitian 2017 yang di rilis di jurnal Neuropsychiatric Disease and Treatment, hampir semua jenis obat antipsikosis - seperti olanzapine, clozapine, dan risperidone yang biasanya digunakan untuk mengobati pasien schizoprenia dan psikosis - menyebabkan kenaikan berat badan.

 Timbangan Juga Bisa Sukseskan Program Diet, Caranya?Timbangan Juga Bisa Sukseskan Program Diet, Caranya? © © MEN

Mintalah pada psikiater untuk merekomendasikan ahli terapi yang dapat membantu mengatur gejala kenaikan berat badan melalui terapi kebiasaan kognitif atau ahli diet untuk membantu mengatur perubahan gaya hidup.

 

3 dari 6 halaman

Kontrasepsi

 Pakai Pil Kontrasepsi Lalu 'Bobol', Ketahui PenyebabnyaPakai Pil Kontrasepsi Lalu 'Bobol', Ketahui Penyebabnya © © MEN

Beberapa kontrasepsi seperti suntik, meningkatkan hormon progesteron yang menambah nafsu makan. Ada banyak pilihan kontrasepsi yang non-hormonal (contohnya IUD) yang tidak menyebabkan penambahan berat badan.

4 dari 6 halaman

3 Infused Water yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Dream - Bumbu dapur tidak hanya menambah rasa pada makanan, tapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari memperbaiki proses pencernaan hingga membantu mengurangi berat badan.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa infused water berbahan dasar bumbu dapur yang dapat membantu penurunan berat badan. Segera bikin di rumah.

Kayu Manis

 Infused WaterInfused Water © shutterstock.com

Bahan ini seringkali digunakan untuk membuat kari atau olahan roti. Tapi, ternyata bahan ini dapat membantu penurunan berat badan serta mengurangi lemak perut. Selain itu, kayu manis dapat mengurangi nafsu makan, mengontrol gula darah dan meningkatkan metabolisme.

5 dari 6 halaman

Coba Ajwain

Ajwain

Ajwain atau biji karom telah digunakan sebagai bahan makanan untuk membuat kari dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahan dapur ini daoat meningkatkan metabolisme dan memperlancar proses pencernaan.

 Infused WaterInfused Water © shutterstock.com

Cara Membuat Ajwain Water

Ambil 25 gram ajwain dan celupkan dalam air semalaman. Saring ajwain dan minum di pagi hari. Kamu bisa menambahkan madu agar lebih lezat. Ulangi sebulan sekali agar lebih efektif.

 

6 dari 6 halaman

Gunakan Bahan Dapur Ini

Jeera

Jeera seringkali digunakan pada kari dan nasi. Bahan ini mampu memperlancar proses pencernaan, mengatasi konstipasi, meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak perut.

 Infused WaterInfused Water © shutterstock.com

Cara Membuat Jeera Water

Kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama, dengan menambah satu sendok teh jeera dalam secangkir air, lalu direbus selama 5 menit. Kamu bisa mengonsumsinya sekali sehari atau terus meminumnya seharian.

Cara kedua adalah dengan memasukkan satu sendok teh jeera ke dalam segelas air dan membiarkannya semalaman. Konsumsi air ini ketika perut kosong. Padukan dengan pola makan sehat dan berolahraga rutin agar lebih efektif. (mut)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak