Sering Terkena Flu? Coba Vaksin Influenza

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 8 Februari 2018 15:47
Sering Terkena Flu? Coba Vaksin Influenza
Harganya cukup terjangkau dan sangat dianjurkan untuk dilakukan satu kali dalam setahun.

Dream - Influenza termasuk salah satu penyakit pernapasan yang paling mudah menular. Tak hanya anak-anak, penyakit ini juga sering menyerang orang dewasa. Terutama pada mereka yang sangat sibuk dan sering terkena flu.

Umumnya influenza ditularkan melalui percikan lendir di udara. Pada beberapa kasus, influenza bisa memciu penyakit lain seperti radang paru.

" Meskipun belum dikategorikan sebagai vaksin wajib, ini sangat bermanfaat. Mereka yang rutin vaksinasi setahun sekali relatif lebih jarang atau bahkan tidak sama sekali terserang influenza," kata dr. Mahsun Muhammadi, Kepala Bagian Manajemen Mutu Unit Klinik dan Imunisasi Bio Farma di Cirebon, Kamis 8 Februari 2018.

Dokter Mahsun mengatakan, vaksin influenza juga sangat direkomendasikan bagi pasien penyakit jantung dan paru-paru. Vaksin ini juga wajib dilakukan pada jamaah haji dan umroh.

Vaksin influenza sebenarnya sudah dapat diberikan mulai dari usia 6 bulan. Karena virus terus bermutasi, direkomendasikan untuk mengulang vaksinasi sebanyak setahun sekali untuk hasil yang optimal.

Setelah mendapat vaksin, mungkin akan timbul reaksi ringan seperti nyeri otot, kelelahan dan sedikit demam. Namun pastikan Sahabat Dream tidak memiliki alergi terhadap telur dan protein ayam.

" Karena kebetulan virusnya ditumbuhkan dalam media telur ayam, kemungkinan ada komponen telur yang masuk. Walau sedikit, butuh kehati-hatian untukk mencegah timbulnya reaksi alergi," ujarnya.

Pada umumnya, dalam setiap dosis vaksin sudah mencakup strain untuk mematikan virus influenza tipe A H1N1 (flu babi), A H3N2 dan influenza tipe B. Harganya cukup terjangkau, berkisar antara Rp150.000-Rp 200.000.

(Sah/Laporan Annisa Mutiara)

Beri Komentar