Sterilisasi Alat Medis Bermasalah, 3.778 Pasien Diminta Tes HIV

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 29 Desember 2018 15:02
Sterilisasi Alat Medis Bermasalah, 3.778 Pasien Diminta Tes HIV
Ada penyimpangan pengendalian infeksi dalam instrumen sterilisasi.

Dream - Saddle Brook New Jersey Medical Center (NJMC) di Amerika Serikat membuat geger para mantan pasiennya. Pasalnya, baru-baru ini pihak NJMC meminta para pasiennya yang pernah berobat mulai dari 1 Januari hingga 7 September 2018 untuk melakukan tes HIV, hepatitis B dan hepatitis C.

HealthPlus Surgery Center di Saddle Brook, mengumumkan ada kemungkinan para pasien terpapar virus HIV, hepatitis B dan hepatitis C. Hal ini karena adanya penyimpangan pengendalian infeksi dalam instrumen sterilisasi serta pembersihan dan injeksi obat-obatan.

Menurut laporan, ada 3.778 pasien yang mengalami penyimpangan dalam proses tes darah. Pusat pemeriksaan darah dan ruang bedah di fasilitas medis tersebut sudah ditutup September lalu dan telah dilakukan investigasi.

" Kekurangan dalam pengendalian infeksi pada sterilisasi / pembersihan instrumen kami dan injeksi obat-obatan mungkin telah membuat pasien terpapar patogen yang ditularkan melalui darah," ungkap Betty McCabe, administrator Surgery Center NJMC dalam email pemberitahuan, seperti dikutip dari NorthJersey.com. 

1 dari 2 halaman

Ada Kemungkinan Tak Terinfeksi

Stuart Ray, MD, profesor kedokteran dan spesialis penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, mengungkap jika terpapar virus seperti HIV atau hepatitis melalui darah orang yang terinfeksi, masih ada kemungkinan tidak akan terinfeksi.

 Tes Darah Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesuburan© MEN

" Jika terpapar dengan jarum yang berisi darah orang yang terinfeksi, misalnya: risiko terkena hepatitis B, hepatitis C, atau HIV adalah sekitar 1 banding 3, 1 dalam 30, dan 1 dalam 300, masing-masing," ungkapnya seperti dikutip dari Health.

2 dari 2 halaman

Tes Darah Merupakan Langkah Tepat

Hal penting lain yang perlu diingat adalah bahwa hepatitis dan HIV hanya ditularkan melalui darah atau kontak seksual sehingga tidak mungkin terinfeksi hanya dengan berada di rumah sakit atau kantor dokter yang sama dengan seseorang dengan penyakit ini.

Tes yang dilakukan NJMC, merupakan langkah yang tepat. Hal ini demi meminimalisir dampak yang lebih besar dari masalah sterilisasi instrumen medis di pusat kesehatan tersebut.

(Ism, Laporan: Ava Haprin)

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis