Awas, Stress Pengaruhi 'Mood' Wanita Muda

Reporter : Ervina
Senin, 24 November 2014 19:00
Awas, Stress Pengaruhi 'Mood' Wanita Muda
Stress akibat pekerjaan, urusan di rumah, dan masalah lainnya dalam kehidupan dapat mempengaruhi kesehatan mental seorang perempuan muda.

Dream - Sebuah riset terbaru menunjukkan stress pada perempuan muda umumnya mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Bahkan stress lebih mengancam kesehatan perempuan muda dibandingkan penyakit jantung sekalipun.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 534 pasien dengan penyakit jantung koroner yang dihadapkan pada kondisi pemicu stress dan diminta berbagi tentang pengalaman dan apa yang dirasakan tersebut. Hasilnya, perempuan berusia 55 tahun dan mereka yang lebih muda memiliki penurunan aliran darah ke jantung hingga tiga kali lebih besar dibandingkan laki-laki di rentang usia yang sama.

Sementara perempuan berusia 56-63 tahun diketahui mengalami pengurangan aliran darah dari jantung sebanyak dua kali lipat dibandingkan laki-laki di usia yang sama. Sementara untuk aliran darah ke jantung, baik laki-laki maupun perempuan berusia 65 tahun diketahui stabil dan tidak ada mood dan emosional.

" Perempuan pengidap jantung di usia muda beresiko tinggi mengalami perubahan mood dan rentan stress secara emosional," kata Dr Viola Caccarino, Ketua Peneliti Kardiovaskular dan Epidemologi di Emory University School of Public Health seperti diwartakan Everydayhealth.

Sementara kebanyakan perempuan muda menghadapi tingkat stress cukup tinggi dalam menghadapi keseharian mereka dalam pekerjaan, perkawinan, dan urusan lain dalam hidup. Sementara dokter juga mulai menyadari jika perempuan berusia muda dan menengah sangat rentan terhadap stress.

" Jika melihat pada catatan pengujian pasien yang berada di bawah tekanan psikologis, yang umumnya perempuan berusia muda kerap membutuhkan bantuan dari penyedia layanan kesehatan mental untuk menjalani program pengurangan stress," tambahnya.

Beri Komentar