Sumber Antioksidan Baik, Ini 8 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 15 April 2021 09:12
Sumber Antioksidan Baik, Ini 8 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan
Selain dijadikan sebagai masker, spirulina sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat spirulina untuk kesehatan sudah diketahui oleh banyak orang di dunia. Biasanya spirulina digunakan untuk mendukung penampilan perempuan yang dibuat dalam bentuk masker maupun suplemen untuk dikonsumsi secara rutin.

Tidak hanya untuk kecantikan saja, spirulina juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena di dalamnya terkandung nutrisi atau antioksidan bermanfaat untuk tubuh serta otak.

Selain itu juga ada kandungan protein dan vitamin dalam jumlah besar yang cocok menjadi makanan sehat bagi para vegetarian. Sehingga tidak mengherankan jika jenis tanaman ganggang biru-hijau ini bisa kamu konsumsi sebagai suplemen makanan.

Di dalam sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa spirulina memiliki sifat antioksidan, ampuh dalam berperang melawan peradangan, serta bisa mengatur sistem kekebalan tubuh.

Bagi kamu yang belum mengatahui apa saja manfaat spirulina untuk kesehatan tubuh, berikut sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Mengontrol Gula Darah

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Foto. freepik

Menurunkan Berat Badan

Manfaat spirulina yang pertama bagi kesehatan adalah untuk menurunkan berat badan. Spirulina bisa menjadi solusi yang aman untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena spirulina termasuk dalam makanan yang memiliki gizi tinggi, rendah akan kalori, serta kaya kandungan nutrisi.

Bahkan tanaman ini juga telah melalui serangkaian uji coba dan hasil uji coba terkontrol double-blind tahun 2016 membuktikan bahwa spirulina bisa membantu dalam manajemen berat badan.

Melalui studi tersebut, orang yang mengalami kelebihan berat badan dan mengonsumsi spirulina secara teratur selama 3 bulan membuktikan adalah peningkatan indeks massa tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Melalui penelitian yang pernah dilakukan selama 2 bulan menunjukkan bahwa terdapat 25 orang yang mengalami diabetes tipe 2 lalu mengonsumsi spirulina sebanyak 2 gram ser hari mampu untuk menurunkan kadar gula darah dengan sangat baik. Namun penelitian ini masih menggunakan durasi yang pendek. Sehingga membutuhkan penelitian yang lebih banyak lagi.

2 dari 4 halaman

Antioksidan dan Anti Radang yang Kuat serta Mencegah Anemia

Ilustrasi Mengalami Anemia© Foto. freepik

Antioksidan dan Anti Radang yang Kuat

Spirulina adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, sifat anti radang yang dimiliki oleh spirulina juga tergolong kuat. Terjadinya kerusakan oksidatif mampu untuk merusak DNA serta sel tubuh. Dari kerusakan inilah yang memicu adanya peradangan kronis dan mendorong penyakit kanker dan penyakit lainnya.

Antioksidan di dalam spirulina inilah yang bisa melindungi dari kerusakan oksidatif. Zat antioksidan yang bernama phycocyanin ampuh dalam menangkal radikal bebas dan menghambat produksi molekul yang memberik sinyal inflamasi.

Mencegah Anemia

Menderita anemia biasanya ditandai dengan rasa pusing. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi suplemen spirulina yang ampuh untuk meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah serta meningkatkan imunitas tubuh.

Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi karena hanya ada satu studi saja. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi spirulina untuk mencoba manfaatnya dalam mencegah anemia.

 

3 dari 4 halaman

Bersifat Anti Kanker dan Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah© Foto. pixabay

Bersifat Anti Kanker

Manfaat spirulina lainnya untuk kesehatan adalah sifat anti kanker yang ada di dalam spirulina. Hal ini pun telah dilakukan sebelumnya yang ditujukan pada hewan dan hasilnya mampu untuk mengurangi penyakit kanker serta ukuran tumor.

Dari penelitian yang dilakukan, mereka yang mengonsumsi 1 gram spirulina per harinya selama satu tahun, terdapat 45 persen lesi yang hilang, daripada dengan 7 persen kelompok kontrol. Saat orang berhenti mengonsumsi spirulina, maka terdapat setengahnya yang mengembangkan lesi di setiap tahun.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat spirulina bagi tubuh juga bisa untuk menurunkan tekanan darah. Karena tekanan darah yang tinggi mampu memicu penyakit yang lebih serius. Misalnya saja stroke, serangan jantung, dan penyakit ginjal kronis.

Selain itu, dalam dosis 4,5 gram per harinya sudah membuktikan bahwa spirulina memiliki manfaat untuk mengurangi tekanan darah pada seseorang dengan kadar yang normal. Terjadinya pengurangan ini bisa diperkirakan karena adanya dorongan oleh peningkatan produksi oksida nitrat, molekul pensinyalan yang bisa membantu merilekskan dan melebarkan pembuluh darah.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kekuatan dan Daya Otot serta Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida

Ilustrasi Otot yang Kuat© Foto. freepik

Meningkatkan Kekuatan dan Daya Otot

Manfaat spirulina selanjutnya bisa untuk meningkatkan kekuatan dan daya otot. Kelelahan pada otot bisa terjadi karena kerusakan oksidatif yang diinduksi oleh aktivitas olahraga. Dari penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa spirulina bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot.

Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida

Manfaat spirulina berikutnya adalah mampu menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Karena kolesterol LDL ini sifatnya sangatlah jahat. Di sisi lain, spirulina mampu untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sifatnya baik. Jika sampai kadar LDL di tubuh tinggi, maka hal ini memberikan pengaruh buruk pada kesehatan jantung.

Oleh karena itu, kamu bisa mengandalkan spirulina untuk menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Bahkan kandungan antioksidan di dalam spirulina tergolong efektif untuk mengurangi peroksidasi lipid pada manusia atau hewan.

Dengan begitu, spirulina tidak hanya bisa kamu andalkan untuk mendukung kecantikan saja. Tetapi manfaat spirulina juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Beri Komentar