Suntik untuk Putihkan Kulit Berbahaya, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 1 Desember 2021 08:36
Suntik untuk Putihkan Kulit Berbahaya, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal
Segala sesuatu yang instan bisa berdampak buruk.

Dream - Memiliki kulit cerah, putih dan mulus kerap jadi dambaan banyak perempuan. Untuk mendapatkannya perawatan rutin sangat dibutuhkan. Seperti menggunakan skincare, facial hingga perawatan di klinik kecantikan.

Ada beberapa klinik atau salon kecantikan yang menawarkan layanan suntik atau infus pemutih. Klaimnya, bisa membuat kulit jadi lebih putih dalam sekejap. Bukan hanya pada wajah tapi seluruh tubuh.

Hal ini memang cukup menggiurkan. Terutama bagi yang ingin mendapatkan hasil instan. Sebelum melakukan suntik putih, sebaiknya simak dulu penjelasan dr. Dia Febrina, Sp.KK, pemilik Klinik Medika Asyifa.

Lewat akun Instagramnya @dokterkulitbekasi, dokter Dia menjelaskan kalau suntik putih yang saat ini sedang banyak diminati berisi glutation dan vitamin C. Rupanya, meskipun banyak dilakukan ternyata suntikan glutation belum terbukti secara klinis bisa memutihkan kulit.

" Suntik/ infus pemutih dengan kandungan glutation sendiri sudah lama ada di pasaran. Sampai saat ini belum ada bahkan satu penelitian klinis pun (clinical trial) untuk menguji apakah infus glutation ini berefek untuk memutihkan kulit. Jadi infus glutation belum diketahui berpengaruh untuk mutihin kulit atau tidak. Sedangkan klaimnya di pasaran bisa mutihin kulit secara instan," tulis dr. Dia.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya pada 12 Mei 2011 lalu pada Food and Drug Administration (FDA) di Filipina sudah mengumumkan soal bahaya infus glutation. Penggunaannya tidak disetujui.

" Penggunaan glutation yang tidak disetujui diberikan secara intravena atau infus sebagai obat pencerah kulit dengan dosis yang sangat tinggi adalah TIDAK AMAN dan dapat mengakibatkan konsekuensi serius pada KESEHATAN," tulis dr Dia.

 

1 dari 6 halaman

Efek Berbahaya Infus Putih

Dokter Dia kembali menekankan, tidak ada data keamanan yang memadai untuk penggunaan glutation dosis tinggi sebagai pemutih kulit. Glutation yang disetujui penggunaannya adalah sebagai pengobatan tambahan untuk mengurangi efek toksik pada saraf pasien kemoterapi untuk kanker.

Lalu apa efeknya jika melakukan suntik putih. Berikut efek samping infus glutation yang dilaporkan FDA Filipina:
- Alergi obat yang berpotensi fatal yaitu Stevens Johnson Syndrome (SJS) dan toxic epidermal necrolysis
- Disfungsi atau gangguan pada kelenjar tiroid
- Gagal ginjal
- Nyeri perut hebat
- Teknik penyuntikan yang tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi mematikan seperti emboli dan sepsis

Lebih baik dan aman mengkonsumsi suplemen glutation dibandingkan infus glutation meskipun efeknya lebih lambat tapi jauh lebih aman. Selalu konsultasikan dengan dokter spesialis kulit profesional jika memang ingin mencerahkan kulit dengan aman.

2 dari 6 halaman

5 Perawatan Kulit Kusam Paling Diminati di Klinik Kecantikan

Dream - Klinik kecantikan di berbagai kota besar kini sangat menjamur. Harganya pun bersaing dengan banyak layanan kecantikan kulit beragam. Salah satu pelayanan yang paling diminati adalah membuat kulit glowing bebas kusam.

Sahabat Dream mungkin bingung saat ke klinik kecantikan akan ditawarkan banyak perawatan. Tiap perawatan memang disesuaikan dengan masalah kulit. Jika kamu ingin mengatasi kulit kusam, biasanya ada perawatan yang sangat disarankan. Apa saja?

Peeling
Dikutip dari KlikDokter, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, peeling merupakan treatment paling umum untuk mengatasi kulit kusam. Peeling juga bisa mengatasi masalah jerawat, keriput, hingga menghilangkan garis-garis halus di wajah.

" Biasanya, saat perawatan akan diminta untuk berbaring lalu diolesi oleh berbagai macam krim dan cairan kimia yang mengandung asam glikolat," kata dr. Astrid.

Nantinya, cairan tersebut akan bekerja mengangkat sel kulit mati. Kulit mungkin akan mengelupas setelah melakukan treatment yang satu ini. Jangan khawatir, karena efek kulit kemerahan dan mengelupas ini wajar serta bakal mereda beberapa hari kemudian.

Perawatan kulit© Shutterstock

Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi juga merupakan perawatan yang cukup umum untuk mengatasi kulit kusam. Biasanya, mikrodermabrasi hanya dilakukan di area wajah. Namun, jika kamu ingin melakukan di bagian leher, bisa langsung konsultasikan dokter spesialis kulit dan kecantikan. Prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

 

3 dari 6 halaman

Facial
Treatment facial pastinya sudah tidak asing lagi. Merupakan perawatan kecantikan yang paling diminati dan tergolong paling aman. Umumnya, akan ada beberapa step facial, mulai dari membersihkan komedo hingga mengaplikasikan masker wajah. Facial bisa membantu membersihkan wajah secara menyeluruh dan mengurangi tampilan kulit kusam.

Ketahui Hal Ini Sebelum Melakukan Facial© MEN

Mesotherapy
Mesotherapy dilakukan dengan cara menyuntikan vitamin, mineral, antioksidan, dan asam hialuronat ke lapisan kulit bagian atas. Perawatan ini membantu menyegarkan dan mengembalikan hidrasi kulit yang kusam. Mesotherapy adalah perawatan minimal invasif (minim sayatan) yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan.

Microneedling
Microneedling merupakan perawatan kulit kusam yang dapat dianjurkan oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan. Dilakukan dengan menggunakan jarum kecil untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen.

Nantinya, jaringan kulit baru akan terbentuk dan kulit pun menjadi lebih sehat serta cerah. Treatment tergolong aman dan sudah terbukti secara klinis, tetapi penting diingat setiap prosedur kecantikan tetap memiliki efek sampingnya masing-masing.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

4 dari 6 halaman

Gangguan Pencernaan Bisa Jadi Dalang Masalah Kulit

Dream - Masalah kulit tidak hanya bisa diakibatkan oleh kesalahan pemakaian produk kecantikan atau tidak membersihkan wajah secara maksimal. Bisa juga karena kondisi kesehatan.

Pada beberapa kondisi kulit juga bisa menjadi penanda kesehatan pencernaan yang buruk. Hal tersebut  diungkapkan oleh Raj Kumar, professor klinis biokimia di Universitas Houston College of Medicine.

Gangguan pencernaan bisa menyebabkan kulit gatal, berjerawat, dan kemerahan. Bahkan, kondisi tersebut juga bisa memicu kambuhnya dermatitis atopik atau eksim.

 

5 dari 6 halaman

Akibat dari gangguan pencernaan

Kondisi kulit tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan mikrobioma atau mikroorganisme pada saluran pencernaan. Pori-pori kulit dan folikel rambut juga bisa tersumbat akibat hal tersebut.

Psoriasis juga merupakan kondisi kulit yang dikaitkan dengan penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD). Sama halnya jika kamu mengidap rosacea.

Mengalami Rosacea© Shutterstock

Rosacea atau kemerahan serta pembuluh darah yang terlihat sangat jelas pada permukaan kulit, bisa disebabkan oleh perubahan mikrobioma usus.

6 dari 6 halaman

Akibat dari gangguan pencernaan

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan keseimbangan mikrobioma di dalamnya agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Mulailah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula atau yang diproses berlebihan untuk mencegah peradangan pada pencernaan serta kulit. Kamu pun bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengonsumsi makanan kaya probiotik.

Mengonsumsi Stroberi© Shutterstock

Selain menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi makanan kaya probiotik juga bisa mencegah timbulnya jerawat serta membantu mengatasi dermatitis atopik.

Di samping menjaga kesehatan pencernaan, kamu juga harus tetap menjalani gaya hidup sehat dengan tidur cukup, berolahraga, serta mengelola stres dengan baik untuk menunjang penampilan kulit.

Laporan: Anzila Riskia Putri

Beri Komentar