Susan Bachtiar Ikut New York Marathon 2019 Demi Rumah Singgah di Bali

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 14 Agustus 2019 18:12
Susan Bachtiar Ikut New York Marathon 2019 Demi Rumah Singgah di Bali
Ia berlari sekaligus menjalankan misi sosial.

Dream - Artis dan presenter Susan Bachtiar akan menjadi salah satu pelari Indonesia yang mengikuti New York City Marathon pada 3 November 2019. Tak hanya lari, event lari skala dunia ini akan menjadi momen bagi Susan untuk berdonasi.

Bersama Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC), Susan berniat menjadikan kegiatan maraton ini untuk menjalankan misi membangun rumah singgah di Denpasar, Bali.

" Rumah ini untuk keluarga pasien anak-anak terminal ilness. Biasanya keluarga butuh sewa rumah mahal untuk singgah. Kami sediakan itu agar mereka dapat singgah tanpa mengeluarkan biaya," ujar Susan di konferensi pers Wealth Wisdom, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

 Susan Bachtiar

Sebelumnya, aktris 46 tahun ini telah membangun dua rumah singgah di Jakarta yang dijadikan sebagai tempat singgah keluarga pasien dari Kalimantan dan Sumatera.

Kali ini ia memilih Pulau Dewata karena banyak pasien Indonesia bagian Timur yang dirujuk untuk berobat di Bali.

" Bagaimanapun itu anak sakit butuh support dari keluarga," ujarnya.

1 dari 6 halaman

Bersama Rekan Artis

Tak sendiri, Susan Bachtiar juga akan berlari sejauh 42 kilometer dengan rekan artis lain. Diantaranya Chicco Jerikho, Sigi Wimala, Cristopher Tobing dan Andreas Kansil.

Para artis tengah berlatih menurut kemampuan dan jadwal kesibukan masing-masing. Sementara itu, wanita yang menggeluti gaya hidup sehat ini juga rutin berlatih ditemani sang suami.

" Kita coba running setiap hari, kalau weekend jaraknya lebih panjang di atas 10 kilometer, bisa 2 sampai 3 jam," kata pemain film 'Surat Kecil Untuk Tuhan'.

 Susan Bachtiar

2 dari 6 halaman

Empat Selebritis Wakili Indonesia di Ajang Maraton Internasional

Dream - Berbagai ajang olahraga akan meramaikan awal 2019. Kali ini ada Tokyo Marathon dan Seoul International Marathon yang digelar pada bulan Maret mendatang.

Tak hanya anak muda, olimpiade juga diramaikan oleh para ibu. Pocari Sweat Sport Science kembali mengirim empat public figure untuk mewakili Indonesia di pesta olimpiade.

Alya Rohali, Soraya Larasati, Zee Zee Shahab dan Sahila Hasyim turut andil dalam turnamen maraton 42 kilometer ini.

" Kita tau bahwa antusiasme olahraga di Indonesia sangat besar. Bukan hanya atlet saja tapi seluruh masyarakat Indonesia sudah banyak yang semangat olahraga," papar Ricky Suhendar, Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka di Jakarta, Rabu 6 Februari 2019.

 Empat Selebritis Wakili Indonesia di Ajang Maraton Internasional

Tak sekadar lari maraton, para aktris sudah dibekali dengan latihan intensif melalui program bertajuk 'Born to Sweat'. Terdapat empat pilar untuk mendukung performa setiap peserta.

Marathoners dilatih secara fisik dan psikologis. Asupan nutrisi akan dipantau secara ketat guna menjaga daya tahan tubuh. Program juga didukung dengan divisi Sport Medicine sebagai antisipasi cidera.

Berlatih sejak November 2018, Soraya dan Zee Zee siap berlari di Tokyo pada 3 Maret mendatang. Disusul dengan Sahila Hisyam dan Alya Rohali yang akan tampil di Seoul pada 17 Maret.

" Nanti cut of time-nya 5 jam, semoga bisa tempuh 4 jam 30 menit. Semoga diberi kesehatan supaya berangkat dalam kondisi fit dan bisa menginspirasi bukan hanya wanita, tapi semua orang yang punya sisi atlet dalam dirinya," kata Alya.

3 dari 6 halaman

Zee Zee Shahab Dapat Teguran dari Allah Saat Ikut Marathon Jepang

Dream - Zee Zee Shahab mendapat cobaan saat mengikuti turnamen Tokyo Marathon, 3 Maret 2019 silam. Zee Zee ikut marathon yang menempuh jarak 42 kilometer itu bersama rekan selebriti, Soraya Larasati.

Meski sudah mempersiapkan diri menghadapi lari jarak jauh itu, Dewi Fortuna belum berpihak kepada Zee Zee. Pemain Serial 'Islam KTP' itu harus berhenti berlari di kilometer ke-30.

" Waktu awal masih bisa mengatasi, tapi lama-lama mulai ngerasa aneh," xerita Zee Zee usai acara Si.Se.Sa 4th Annual Fashion Show, Jakarta, Selasa 19 Maret 2019.

  Zee Zee Shahab

Foto : @zeezeeshahab

Zee Zee menceritakan awalnya badan merasa menggigil dan terasa kaku. Cobaan datang kala Zee Zee sudah menempuh jarak 30 kilometer dari lomba marathon tersebut.

" Saya blackout di kilometer ke-30, bangun-bangun sudah di ambulans," ujarnya. 

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit, istri Prabu Revolusi diketahui mendapat serangan  hipotermia. Kondisi itu terjadi karena transisi musim dingin ke musim semi yang sedang terjadi di Jepang.

" Dari pertama datang ke sana memang cuacanya masih dingin sekitar 3 sampai 5 derajat celcius. Pas hari H hujan turun dari pagi sampai siang tidak berhenti sama sekali," ucapnya.

4 dari 6 halaman

Lari Pasca Melahirkan

Sebelum berangkat mengikuti marathon tersebut, Zee Zee sebetulnya telah mempersiapkan diri seoptimal mungkin. Ia rutin menjalani latihan segi fsik, psikis, hingga menjaga asupan gizi dan nutrisi.

Zee Zee juga yakin kondisinya yang baru melahirkan anak kedua secara caesar juga bukan pemicu fisiknya menjadi lemah. Dia mengatakan, pasca dua bulan melahirkan caesar, seorang ibu sebetulnya sudah diperbolehkan lari

" Lagi apes saja waktu itu," katanya.

Dibalik kegagalannya mencapai finish, Zee Zee mengaku mendapat pelajaran dari kejadian yang dialaminya tersebut. 

" Mungkin itu cara Tuhan buat menegur supaya sudahan dulu," tuturnya.

5 dari 6 halaman

Hobi Lari, Sahila Hisyam 'Selow' Lihat Perubahan Fisiknya

Dream - Aktris Sahila Hisyam mendapat tantangan baru dalam hidupnya. Jika biasanya main sinetron, kali ini Sahila akan mengikuti lomba maraton bertaraf internasional.

Bersama Alya Rohali, ia dijadwalkan meluncur ke Korea Selatan untuk mengikuti Seoul International Marathon 2019 pada 17 Maret mendatang. Ini merupakan turnamen pertama yang diikutinya.

" Sebelumnya cuma sempat lari 2 kali aja itu pun cuma di CFD (car free day) sama temen. Selebihnya aku nge-gym. Begitu dapat tawaran langsung mau banget karena aku pengen nyobain hal yang beda," ujar Sahila di Jakarta, Rabu 6 Februari 2018.

Sebagai seorang pemula, wanita berdarah Arab itu menjalani latihan intensif. Di tengah kesibukan sebagai bintang sinetron, Sahila mempersiapkan diri untuk menempuh jarak lari 42 kilometer.

Perjuangannya tak mulus. Pemain serial 'Siluman Ular' itu kerap mengalami cidera.

" Dua minggu yang lalu lutut aku sakit dan aku gak bisa jongkok dan kalau jalan itu sakit, naik tangga sakit. Lutut kanan aku kena, sama lutut kiri sedikit," ujarnya.

6 dari 6 halaman

Tidak Kapok

Namun Sahila tak ambil pusing. Ia terus berkonsultasi dengan dokter dan pelatih. Sahila juga kerap mencuri waktu luang di tengah proses syuting hanya demi beristirahat.

" Begitu aku beres take, aku langsung selonjoran. Gitu aja sih, tapi akhirnya sembuh alhamdulillah," kata Sahila.

  Sahila Hisyam

Mantan kekasih Kevin Julio itu tak merasa kapok dengan latihan yang dijalani. Impiannya untuk pergi ke Negeri Ginseng sangat memotivasi Sahila.

" Engga lah, kalo gitu aja kapok gimana nanti bisa ke Korea. Buat next-nya aku pengen tetep lari karena sayang banget kalo aku larinya sampe sini aja," tuturnya.

Bisa Kejar Mobil

Rutin berlatih, Sahila menyadari perubahan pada fisiknya. Kulitnya jadi lebih glowing dengan warna kecoklatan. Ia mengaku tak masalah dengan perubahan warna kulitnya.

  Sahila Hisyam

Selain itu, ia merasa tidak mudah lelah. Hal itu dirasakannya ketika menjalani proses syuting.(Sah)

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting