8 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Tak Cuma Buat Usir Masuk Angin Anak!

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 9 Mei 2021 14:01
8 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Tak Cuma Buat Usir Masuk Angin Anak!
Beragam kandungan di dalam daun jarak berperan penting untuk mengatasi berbagai penyakit.

Dream – Manfaat daun jarak mungkin belum banyak diketahui. Beberapa tahun yang lalu tanaman ini sempat menjadi buah bibir karena bisa menghasilkan bahan bakar biosolar. Selain itu, daun jarak lebih banyak dikenal sebagai obat-obatan yang berguna untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk menjari dan biji yang ketika sudah matang bisa dijadikan sebagai minyak. Namun, untuk mendukung kesehatan tubuh, kamu bisa mengandalkan daunnya yang berwarna hijau itu.

Manfaat yang diberikan oleh daun jarak tidak terlepas dari kandungan yang dimiliki. Kandungan tersebut berupa alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempderol, dan quercetin. Kesemua kandungan itulah yang memiliki peran penting untuk mengatasi beragam penyakit.

Daun jarak pun telah dijadikan sebagai obat tradisional yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa diobati penyakitnya dengan daun jarak.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat daun jarak untuk kesehatan, berikut sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Meredakan Sariawan dan Memperbaiki Kerusakan Hati

Ilustrasi Mengalami Sariawan© Flickr.com

Meredakan Sariawan

Manfaat daun jarak yang pertama bagi kesehatan adalah bisa meredakan sariawan. Kamu bisa mengambil getah yang ada pada daun jarak untuk meredakan peradangan dari sariawan yang kamu alami.

Cara menggunakannya adalah dengan mengeluarkan getah daun jarak dengan meremas-remas pada ujung daun dan batang daun jarak. Jika getahnya sudah keluar, langsung aplikasikan ke bagian yang terkena sariawan dengan hati-hati. Kamu perlu memberikannya sedikit saja dan secara bertahap sariawanmu akan mereda.

 

Memperbaiki Kerusakan Hati

Manfaat daun jarak yang satu ini telah dilakukan penelitian sebelumnya dan membuktikan bahwa ekstrak daun jarak mampu mengatasi kerusakan hati disebabkan oleh galactosamine. Selain itu, ekstrak daun jarak juga ampuh untuk mengatasi peradangan di tubuh. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan manfaat daun jarak ini.

 

 

2 dari 4 halaman

Meredakan Demam pada Bayi dan Mengatasi Rematik

Ilustrasi Anak Mengalami Demam© Freepik.com

Meredakan Demam pada Bayi

Manfaat daun jarak lainnya bagi kesehatan adalah bisa meredakan demam yang dialami oleh bayi. Daun jarak ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi anak yang mendadak mengalami demam. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu menyiapkan 2 sampai 3 lembar daun jarak dan cuci bersih.

Berikan minyak kayu putih pada daun dan panaskan daun jarak dengan api sekitar 2 menit. Barulah kamu letakkan daun tersebut di atas perut serta punggung bayi. Cara ini efektif untuk meredakan demamnya.

 

Mengatasi Rematik

Manfaat daun jarak yang tak kalah penting adalah bisa membantu mengatasi rematik. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan air rebusan daun jarak di bagian yang mengalami rematik. Kamu bisa menggunakan sekitar 5 sampai 8 lembar daun jarak yang sudah dicuci bersih.

Lalu, daun jarak ditumbuk dan diberi air hangat sedikit sampai halus. Kemudian aplikasikan di bagian yang terkena rematik. Gunakan minimal sebanyak 3 kali dalam sehari sampai gejala rematikmu berkurang.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Sembelit dan Mengatasi Perut Kembung

Ilustrasi Mengalami Sembelit© Freepik.com

Mengatasi Sembelit

Salah satu masalah pencernaan yang kerap dialami adalah sembelit. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun jarak untuk mengatasi kondisi ini. Namun, pastikan kamu memilih daun jarak yang masih segar. Lalu dicuci sampai bersih dan kukus dengan api hingga matang.

Daun jarak tersebut bisa kamu konsumsi sebagai lalapan. Untuk kemudian kamu bisa merasakan sembelit yang dialami akan teratasi dengan baik.

 

Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jarak berikutnya bagi kesehatan adalah bisa mengatasi perut kembung. Manfaat ini bisa kamu rasakan dengan cara mengaplikasikan daun jarak ke perut yang kamu rasa kembang. Pastikan sebelumnya  kamu sudah mencuci terlebih dahulu daun jarak dengan air bersih.

Lalu berikan sedikit minyak kayu putih di daun jarak tersebut. Kemudian usapkan daun jarak ke perut dan area dada. Tubuhmu perlahan akan merasa hangat. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur dan biarkan saja semalaman.

 

4 dari 4 halaman

Menstabilkan Kadar Gula Darah dan Menghilangkan Kurap

Ilustrasi Kadar Gula Darah© Freepik.com

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun jarak mampu untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Demi merasakan khasiat ini, kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun jarak yang sudah dicuci bersih.

Setelah direbus dan mendidih, tuangkan airnya ke gelas dan tunggu sampai hangat. Barulah kamu bisa meminumnya. Air rebusan daun jarak ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes agar gula darahnya tidak mengalami kenaikan.

 

Menghilangkan Kurap

Manfaat daun jarak yang terakhir adalah bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kurap di kulit. Hal ini karena adanya kandungan berupa minyak alami dengan senyawa aktif asam undesilenat. Senyawa inilah yang berperan untuk mengurangi gejala pada orang yang menderita kurap.

Manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan cara menggunakan beberapa lembar daun jarak yang sudah dicuci bersih, lalu rendam dengan minyak kelapa selama beberapa jam. Kemudian panaskan dengan minyak untuk beberapa waktu.

Setelah itu oleskan di bagian yang terkena kurap dan tutup dengan kain katun maupun handuk. Diamkan selama semalaman dan lihatlah kurap di kulit bisa perlahan menghilang.

Itulah 8 manfaat daun jarak untuk kesehatan. Sehingga bukan hanya bijinya saja yang bisa digunakan, tapi sahabat Dream bisa menjadikan daunnya sebagai obat tradisional.

 

 

Beri Komentar