Tak Hanya Berat Badan, Tubuh Sehat Dinilai dari 5 Hal Ini

Reporter :
Kamis, 12 September 2019 19:44
Tak Hanya Berat Badan, Tubuh Sehat Dinilai dari 5 Hal Ini
Meski berat badan dalam kondisi ideal, tetap setelah diperiksa kondisi tubuh justru tidak sehat.

Dream - Kondisi tubuh yang sehat, sering dinilai hanya dengan berat badan atau indeks massa tubuh. Sebenarnya, indikator kesehatan bukan hanya sekedar berat badan yang ideal. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya

“ Indikator sehat, pertama, prinsip sehat itu harus sehat secara jasmani dan rohani. Kemudian dilakukan pemeriksaan khusus dan mendeteksi indikator lainnya,” kata dr. Milka Inkiriwang, Kabid Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bisa jadi, meski berat badan dalam kondisi ideal, tetap setelah diperiksa kondisi tubuh justru tidak sehat. Gaya hidup sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Berikut lima faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh

1 dari 5 halaman

Jumlah cairan yang dikonsumsi

Tiap orang membutuhkan cairan agar tetap hidrasi. Seperti yang diketahui, kebutuhan air tiap orang berbeda-beda. Disarankan untuk konsumsi 8 gelas per hari, tetapi jumlah ini harus disesusaikan dengan aktivitas.

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!

“Untuk konsumsi air kapan saja diperbolehkan. Yang paling dianjurkan setelah bangun tidur, setiap satu jam juga,” kata dr. Milka

2 dari 5 halaman

Tekanan Darah

 Tekanan Darah Tinggi, Dalang dari Banyak Penyakit


Angka dalam tekanan darah harus selalu diperhatikan, karena jika bermasalah berarti tanda ada gangguan kesehatan. Tekanan darah yang tinggi ataupun rendah harus segera diatasi dan dilakukan perawatan.

3 dari 5 halaman

Makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi setiap hari, tentunya sangat berdampak pada kondisi tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah dalam porsi yang dianjurkan yaitu 400 gram sehari.

 Minum Air Putih Sebaiknya...

“Kita harus konsumsi makanan begizi seimbang. Dengan hal ini, badan kita akan dengan mudah beradaptasi dan mendapatkan energi positif,” ujar dr. Milka.

4 dari 5 halaman

Aktivitas fisik

Menurut dr. Milka, perkembangan teknologi yang semakin praktis menjadikan seseorang malas bergerak dan beraktivitas. Padahal aktifitas fisik sangat penting untung menjaga kekuatan tulang, mengurangi risiko diabetes dan menjaga mood.

 Bikin Kebiasaan Minum Air Putih Jadi Trending, Ini Manfaatnya!

“Olahraga secara teratur. Badan itu harus stretching. Badan harus gerak sebagai salah satu cara menyeimbangkan kesehatan kita. Selain makan-makanan bergizi,” ujar dr.Milka

5 dari 5 halaman

Durasi Tidur

Setiap orang memiliki durasi tidur yang berbeda-beda, tetapi durasi tidur yang disarankan sebaiknya delapan sampai sembilan jam sehari.

 Tidur Dengan Rambut Basah, Wajah Wanita Ini Lumpuh

Selain itu, tidur dengan durasi yang cukup juga bisa mencegah terjadinya bermacam-macam penyakit lain seperti hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan