Khawatir Efek Es Krim ke Kesehatan Anak, Begini Anjuran Ahli Nutrisi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 25 Januari 2021 08:12
Khawatir Efek Es Krim ke Kesehatan Anak, Begini Anjuran Ahli Nutrisi
Perlu peran orang tua untuk memilih dan membatasi konsumsi camilan dingin itu.

Dream - Tidak hanya nikmat kala dijilat, es krim juga bisa menjadi mood booster untuk memulihkan suasana hati. Tekstur yang lembut, dingin, dan memiliki cita rasa manis, membuat kudapan ini menjadi favorit semua kalangan, terlebih anak-anak.

Namun mengkonsumsi es krim secara berlebih ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan gizi anak. Inilah yang membuat orang tua sering kali bimbang saat ingin mengizinkan si buah hati membeli es krim.

Nah mumpung sedang menjalani seluruh aktivitas dari rumah, orang tua kini bisa membantu memilih seklaigus membatasi konsumsi camilan dingin ini.

“ Camilan yang baik adalah camilan yang kalori, gula, garam yang tidak terlalu tinggi serta masih sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. Pemilihan camilan yang baik untuk anak adalah hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan orang tua,” ungkap Dokter spesiali anak, dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) dalam acara Konferensi Pers “ Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak” baru-baru ini.

1 dari 3 halaman

Saran Asupan Gula Perhari

Jika merujuk anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang tua maupun anak-anak disarankan mengonsumsi asupan gula kurang dari 10 persen dari total asupan energi sehari-hari.

Secara umum, anak-anak dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil sebanyak lima kali sehari dengan pembagian masing-masing 3 kali makan utama dan 2 kali snacking.

Adapun jumlah ideal kalori untuk asupan camilan sehari-hari adalah 330 kkal, dibagi menjadi 2 kali makan.

2 dari 3 halaman

Camilan Sehat

Ilustrasi Paddle Pop© Shutterstock

Beberapa perusahaan camilan menyadari hal tersebut, misalnya Paddle Pop. Dalam konferensi persnya, perusahaan es yang telah berdiri selama 28 tahun itu, turut mengungkapkan inovasinya dalam menghadirkan sebuah camilan es krim yang lebih sehat untuk anak-anak.

Dengan logo ‘Cemilan Baik Untukmu’ segala produk es krim mengandung gizi dengan rincian kalori kurang dari 110 kkal, gula kurang dari 12 gram, serta lemak jenuh kurang dari 3 gram per porsi.

“ Kalau misalnya kita ngomongin Angka Kecukupan Gizi (AKG), sehari camilan bisa sampai 330 kkal. Setiap produk Paddle Pop tidak lebih dari 110 kkal. Jadi, secara matematis, sampai tiga kali makan Paddle Pop masih tidak apa-apa,” ungkap Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia.

“ Dengan memperkenalkan logo ini, para orang tua (harapannya) akan lebih terbantu dan terfasilitasi untuk memudahkan mereka memilih camilan mana yang baik untuk anaknya,” tambah Memoria.

3 dari 3 halaman

Bahaya Kelebihan Gula

Dengan menghitung jumlah kalori, ternyata buah hati bisa mengonsumsi 3 buah es krim Paddle Pop dalam sehari.

Orang tua bisa mengkombinasikan pilihan cemilan lain selain es krim, seperti buah, jus, atau lainnya dalam diet anak sehari-hari.

Pasalnya, kelebihan makanan manis jug amemiliki beberapa risiko kesehatan menurut WHO, diantaranya meningkatkan risiko karies gigi. Tak hanya itu, makanan tinggi gula juga berpotensi menambah berat badan, memengaruhi tekanan darah dan lipid serum.

Beri Komentar