CONNECT WITH US!

Terapkan Pola 5S dan 4J, Tetap Sehat Meski Diabetes

Reporter : Gladys Velonia | Kamis, 9 November 2017 13:45

Dream - Para penderita diabetes mungkin kerap merasa kurang bersemangat. Kadar gula dalam darah yang tinggi membatasi mereka dalam segala hal termasuk pola konsumsi.

Tetapi, ahli nutrisi Samuel Oetoro punya tips jitu bagi para penderita diabetes. Jelang peringatan Hari Diabetes Dunia pada 14 November nanti, Samuel membagikan cara mudah hidup sehat

" Saya beri nama pola hidup sehat dan bugar ini 5S, yakni makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat," tutur Samuel di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 8 November 2017.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Menurut Samuel, para penderita diabetes kebanyakan tidak patuh sehingga sulit mencapai tujuan.

" Misalnya di umur 70 masih ingin main sama cucu, ya harus tetap sehat supaya bisa tercapai. Jadi tentukan goals itu terlebih dahulu," ucap Samuel.

Setelah mindset berubah, motivasi akan timbul dengan sendirinya untuk mulai melakukan 5S. Di dalam makan sehat, terdapat 4J, yaitu jumlah, jadwal, jenis, dan jurus masak.

" Yang dimaksud dengan jumlah, makanan yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang dengan makanan yang dibakar jadi energi. Kalau banyak duduk, makannya jangan kebanyakan. Kalau aktivitas tinggi, makan segunung juga boleh," tegas Samuel.

Sedangkan untuk jadwal, penderita diabetes diwajibkan makan 5-6 kali dalam sehari.

" Tapi porsinya harus sedikit-sedikit, tidak boleh banyak. Untuk yang sehat, makan maksimal tiga kali dalam sehari," lanjut Samuel.

Sementara terkait jenis, makanan yang baik dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks, protein, dan sedikit lemak. 

" Karbohidrat kompleks itu yang indeks glikemiknya rendah, sehingga makanan tidak menyebabkan gula darah cepat naik. Contohnya seperti nasi merah, nasi hitam, kentang rebus, dan roti gandum utuh," kata Samuel.



Rekam Jejak Korupsi Setya Novanto