Terkuak Penyebab Kulit Orang Tiongkok Lebih Putih

Reporter : Eko Huda S
Sabtu, 16 Januari 2016 08:02
Terkuak Penyebab Kulit Orang Tiongkok Lebih Putih
Sebuah studi internasional mengungkap mengapa orang China berkulit putih. Apa sebabnya?

Dream - Sebuah studi internasional mengungkap mengapa orang Tiongkok berkulit putih. Penelitian itu menemukan bahwa telah terjadi perubahan pada kulit orang Tiongkok pada 15.000 tahun silam.

Menurut penelitian itu, telah terjadi perubahan kompleks pada nenek moyang bangsa Han –penduduk asli China– yang menyebabkan mutasi gen OCA2. 

Diyakini, mutasi gen ini terjadi saat suku Han bermigrasi ke utara, dari China bagian selatan dan Asia Tenggara, pada 25.000 hingga 30.000 tahun silam.

Kurangnya sinar matahari di daerah utara menyebabkan evolusi OCA2, sehingga warna kulit suku Han menjadi terlihat lebih pucat. Dengan demikian, kulit mereka mampu menyerap sinar matahari dengan lebih banyak, mencegah terjadinya kekurangan vitamin D.

Dengan penyesuaian ini mereka bisa bertahan dari waktu ke waktu dengan lingkungan baru. Namun mutasi gen ini juga disebut-sebut menjadi pemicu sejumlah penyakit, seperti fenomena albinisme, radang mata akut, sindrom Angelman, makan obsesif, dan lain sebagainya.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menguji mutasi gen OCA2 pada tikus, yang juga mengalami transformasi menjadi putih. Sementara, untuk orang Eropa terjadi karena perubahan gen SL24A5 dan SLC45A2 karena sejumlah faktor, seperti perubahan pola makan dan seleksi seksual.

Studi ini dipimpin oleh Profesor dan Men Anming. Beranggotakan para peneliti dari China, Eropa, dan Amerika Serikat. Dalam studi ini, mereka menganalisis contoh genetik lebih dari seribu orang. Dan hasil penelitian itu diterbitkan dalam Molecular Biology and Evolution. (Ism, Sumber: Shanghaiist

Beri Komentar