Ternyata Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sesuai Ajaran Islam

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 21 Juni 2019 00:01
Ternyata Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sesuai Ajaran Islam
Berikut cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.

Kebersihan itu sebagian dari iman. Potongan hadits tersebut pasti sudah familiar bagi kaum muslim, mengingat Islam sangat mencintai kebersihan. Dari kebersihan rumah dan lingkungan, hingga kebersihan pakaian. Lebih-lebih jika tempat dan pakaian tersebut hendak digunakan untuk beribadah, kebersihan sekaligus kesucian amat diutamakan.

Lebih lanjut, Islam bahkan mengatur tata cara menjaga kebersihan diri, termasuk soal kebersihan gigi dan mulut. Salah satunya menggunakan siwak. Bukan saja menjaga kebersihan mulut, bahkan menurut Rasulullah malaikat sangat mengagumi umat muslim yang gemar membersihkan mulut dan gigi menggunakan siwak, terutama sebelum memulai ibadah. Lebih lengkap, berikut cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.

Menjaga Kebersihan Gigi dengan Siwak

©Shutterstock© ©Shutterstock

© shutterstock

Secara harfiah, bersiwak artinya membersihkan kotoran dari gigi maupun mulut. Ini artinya, menyikat gigi, berkumur hingga flossing bisa dikatakan kegiatan bersiwak. Namun, pada awalnya, Rasulullah mencontohkan bersiwak menggunakan salah satu jenis tanaman, tepatnya kayu arok (Salvadora persica). Kayu tersebut bukan menghasilkan aroma segar bagi mulut, tetapi juga efektif menjaga kesehatan gigi.

Anjuran Bersiwak Sebelum Wudhu

©Shutterstock© ©Shutterstock

© shutterstock

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kebersihan mulut, bahkan menurut Nabi Muhammad SAW malaikat menjauhi orang-orang yang bau mulut akibat makan bawang maupun makanan beraroma tajam lainnya. Itulah kenapa dijelaskan bersiwak sebelum wudhu maupun salat amat dianjurkan. Selain bisa membersihkan gigi dan menyegarkan mulut, juga mendatangkan pahala karena bagian dari sunah Rasul.

Adab Bersiwak dalam Islam

©Shutterstock© ©Shutterstock

© shutterstock

Jauh sebelum cara menyikat gigi dikenalkan, Islam telah menyampaikan cara bersiwak yang benar. Bukan saja membersihkan bagian gigi depan, melainkan juga sela antar gigi, hingga bagian belakang. Bahkan, gusi, lidah, hingga langit-langit mulut sebaiknya tak luput dibersihkan, lantaran bagian-bagian tersebut juga tak luput menjadi sarang kuman.

Seiring dengan zaman yang semakin modern, siwak konvensional dalam bentuk kayu memang semakin sulit didapatkan, terutama di Indonesia. Namun, bukan artinya tak bisa mendapatkan manfaat siwak. Kamu bahkan dapat memperoleh beragam manfaat siwak secara praktis dalam Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak.

© instagram.com/sashaindonesia© © instagram.com/sashaindonesia

© instagram.com/sashaindonesia

Bukan tanpa alasan, pasta gigi tersebut mengandung siwak asli yang dimaksimalkan dengan bahan-bahan lain, seperti ekstrak daun sirih, lemon, serta garam. Tak heran, Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak mampu mencegah timbulnya bau mulut, mencegah gigi berlubang, menguatkan gigi, mencegah peradangan pada gusi, hingga merangsang produksi saliva di dalam mulut.

Lebih lanjut, Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak diproses secara Islami, bahkan telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pasta gigi tersebut hadir dalam dua varian, yaitu Natural Antibacterial dan Whitening. Masing-masing bisa dibeli dalam kemasan 65 gram dan 150 gram. Dengan segudang manfaat yang diberikan, merawat kebersihan gigi dan mulut sesuai ajaran Islam pun bisa lebih optimal. Yuk, saatnya hijrah pakai Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak!

Beri Komentar