Ternyata Jahe dan Temulawak Belum Terbukti Bisa Menangkal Corona

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 6 Maret 2020 07:48
Ternyata Jahe dan Temulawak Belum Terbukti Bisa Menangkal Corona
Tak masalah jika ingin mengonsumsinya karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Dream - Sejak munculnya virus corona di Wuhan, China, banyak penelitian dilakukan untuk mencari cara mengatasi. Para peneliti di berbagai bidang mulai mengembangkan obat, vaksin, hingga ramuan rempah untuk menangkalnya.

Salah satunya adalah Profesor Chairul Anwar Nidom, dari Universitas Airlangga. Ia sempat mengungkap kalau rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, temulawak, kunyit, mampu menangkal virus corona.

Faktanya hal tersebut belum terbukti secara klinis. Hal ini diungkapkan oleh Syahrizal Syarif, pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia. Syahrizal mengungkap kalau tidak tepat jika rempah disebut sebagai penangkal Virus Corona.

" Obat herbal banyak manfaatnya bagi tubuh, tapi sampai sekarang tidak ada uji klinis. Kalau sudah uji klinis namanya fitofarmaka. Belum terbukti menangkal COVID-19," kata Syahrizal saat ditemui di Gedung Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Komplek Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 3 Maret 2020.

 

1 dari 5 halaman

Fungsinya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Syarizal melanjutkan, temulawak, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi rempah tersebut, imunitas akan meningkat dan tubuh menjadi bugar.

" Memang, yang sering terjadi adalah klaim manfaat temulawak, jahe, dan herbal lain secara berlebihan. Namanya juga mungkin untuk mempromosikannya, ya. Manfaatnya meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh. Sekali lagi, hal itu bukan mencegah Virus Corona secara langsung lho," tegasnya.

Ia menekankan kalau klaim soal rempah yang bisa menangkal corona dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk pembuktian. Sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti medis yang bisa dipertanggungjawabkan.

" Untuk kekebalan sih oke, tapi jangan punya pandangan bahwa rempah-rempah bisa mencegah masuknya virus, khususnya Virus Corona. Enggak ada bukti," kata Syahrizal.

Ia pun kembali mengingatkan untuk menjaga tubuh tetap fit dan istirahat yang cukup. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh.

" Untuk mencegah Virus Corona, kita bisa cuci tangan. Kalaupun kita batuk pilek, biasa ya obatnya yang biasa diminum enggak masalah. Yang penting jaga kebersihan dan kesehatan tubuh," pesan Syahrizal.

Laporan Fitri Haryanti/ Sumber: Liputan6.com

2 dari 5 halaman

Konsumsi Rempah Kaya Curcuma Demi Cegah Virus Corona

Dream - Berbagai cara dilakukan masyarakat Indonesia untuk bisa terhindar dari virus corona. Mulai dari menggunakan masker, cuci tangan, makan makanan sehat dan satu lagi yang gencar dipromosikan adalah minum jamu yang terdiri dari rempah-rempah tradisional.

Hal ini karena penelitian guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom. Ia mengklaim kalau konsumsi jamu dan rempah-rempah bisa jadi penangkal virus corona yang akhir-akhir ini masih menjadi ancaman masyarakat dunia.

 © Dream

Nidom mengatakan, untuk menghadapi virus corona, masyarakat bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung curcuma. " Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal virus corona. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak," ujar Nidom, dikutip dari Merdeka.com.

 

3 dari 5 halaman

Fungsi rempah bagi tubuh

Rempah memang jadi bagian yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Kita biasa meminum jamu yang terbuat dari jahe, temulawak dan kunyit. Biasanya dimasak dengan air hangat.

 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan© MEN

Bisa juga ditambahkan sereh atau rempah lainnya. Rempah tersebut memang berkhasiat menjaga daya tahan tubuh agar selalu bekerja optimal. Mengonsumsi jamu atau minuman kaya rempah bisa dilakukan untuk menjaga vitalitas agar tak mudah terkena penyakit karena paparan virus.

Pastikan juga istirahat cukup, makan teratur dan minum air putih yang cukup. Semoga selalu sehat, Sahabat Dream!


Laporan Randy Ferdi Firdaus/ Sumber: Merdeka.com

4 dari 5 halaman

Cegah Corona dengan Camilan Nikmat Peningkat Imunitas

Dream - Menjaga imunitas atau kekebalan tubuh sangat penting saat ini. Terutama setelah ditemukannya kasus pasien corona di Depok, Jawa Barat. Banyak yang berpikir kalau masker bakal melindungi tubuh dari penularan virus corona (Covid-19).

Sesungguhnya sistem kekebalan tubuh lah yang paling penting untuk dijaga. Saat kondisi imunitas sangat baik, maka tubuh akan lebih tahan terhadap paparan virus. Lalu bagaimana cara menjaga imunitas setiap hari?

 © Dream

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin. Bagi Sahabat Dream yang suka menikmati camilan, ada beberapa rekomendasi makanan yang layak dilirik. Bukan hanya sehat tapi juga memanjakan lidah.

 

5 dari 5 halaman

Buah dingin

 Begini Cara Mencuci Stroberi Agar Tak Mudah Busuk© MEN

Menikmati buah dingin memang paling nikmat. Jadikan stroberi, delima, jambu biji dan buah kiwi sebagai camilan. Kandungan antioksidan buah-buah tersebut sangat tinggi yang membantu menangkal radikal bebas yang bisa menggangu sistem imunitas.

Kacang-kacangan

 kacang almond© Shutterstock

Kacang juga sangat nikmat untuk dijadikan camilan. Bisa mengonsumsi kacang almond, kacang tanah, kacang mete dan jenis kacang lainnya. Rasanya merupakan perpaduan manis dan gurih sangat memanjakan lidah. Kandungan vitamin E di dalamnya sangat tinggi yang begitu krusial untuk menjaga level imunitas selalu baik. Terutama pada mereka yang mudah sakit atau kalangan manula.

Yogurt

 Ini Keuntungan Konsumsi Yogurt Saat Sahur© MEN


Konsumsi juga yogurt secara rutin. Pastikan cari produk yogurt yang mengandung bakteri hidup. Kandungan probiotik pada yogurt sangat tinggi, membantu menjaga level bakteri baik dalam tubuh. Hal tersebut sangat berguna bagi imunitas. Tak hanya yogurt, hidangan fermentasi lainnya juga bisa dijadikan camilan peningkat imunitas.

Sumber: WebMD

Beri Komentar