Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Kolam Renang?

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 9 April 2020 08:31
Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Kolam Renang?
Mari kita simak penelusurannya

Dream- Saat semakin banyak manusia di seluruh dunia menghentikan berbagai kegiatan di luar rumah, beberapa orang gamang tentang apa yang boleh dan tidak semestinya dilakukan oleh mereka.

Pandemi corona ini telah mengubah kebiasaan kita sehari-hari. Tak hanya mengubah cara bekerja, virus corona juga memberikan dampak pada aktivitas olahraga.

Beberapa orang menghentikan aktivitas olahraga di luar ruangan, sebab takut akan tertular virus corona. Olah raga seperti berenang misalnya, banyak orang harus melakukannya di kolam umum.

Namun, di tengah penyebaran wabah ini mereka tak mengunjungi kolam renang umum karena khawatir tertular virus Covid-19. Pertanyaannya, bisakah virus Covid-19 menular saat berenang di kolam renang umum?

Berikut tanggapan Roberta Lavin, seorang profesor kedokteran di Fakultas Keperawatan Universitas Tennessee, melalui laman usms.org.

1 dari 5 halaman

Bisakah Covid-19 Ditularkan Melalui Air?

 wanita berenang© Ilustrasi foto : liputan6.com

" Ini sebenarnya adalah virus pernapasan," kata Lavin. Itu artinya bahwa virus tersebut ditularkan melalui tetesan kecil dari ludah dan lendir yang mungkin dikeluarkan saat batuk dan bersin. Tetesan ini dapat menyebabkan infeksi setelah virus memasuki mata, hidung, atau mulut seseorang.

" Kita belum memastikan sampai saat ini. Namun, tidak ada kasus yang dikonfirmasi bahwa itu ditularkan melalui air," kata Lavin. Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat melaporkan pada 10 Maret bahwa virus Covid-19 belum terdeteksi dalam air minum.

2 dari 5 halaman

Apakah Klorin Dalam Air Kolam Bisa Membunuh Virus?

 berenang© Ilustrasi foto : hellosehat

" Kabar baiknya adalah jumlah rata-rata klorin yang ada di kolam akan membunuh virus," kata Lavin. Dengan catatan kolam renang dirawat dengan baik, dan bahan kimia disinfektan di dalam air harus cukup untuk membuat virus tidak aktif.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan, " Tidak ada bukti bahwa Covid-19 dapat disebarkan ke manusia melalui penggunaan kolam dan bak air panas. Pemeliharaandan desinfeksi yang tepat (klorin dan bromin) dari kolam dan kolam air panas akan menghilangkan atau menonaktifkan virus yang menyebabkan Covid-19."

3 dari 5 halaman

Jika Klorin Mematikan Virus, Bolehkah Saya Berenang?

 perempuan berinteraksi© Ilustrasi foto : pixabay.com

Sebagian besar kolam ditempatkan di dalam fasilitas olahraga atau ruang publik lainnya, yang memberikan kemungkinan besar benda-benda di sekitarnya terkontaminasi virus covid-19.

" Apa pun yang mereka sentuh akan terkontaminasi. Akan sulit untuk masuk dan keluar dari kolam tanpa menyentuh apa pun atau berinteraksi dengan orang lain," ungkap Lavin.

Meskipun risiko penularan dari permukaan relatif rendah, terutama jika kita mempraktikkan kebersihan mencuci tangan yang baik, kekhawatiran yang lebih besar adalah orang-orang yang akan kita temui di kolam renang. Mungkin sebaiknya untuk sementara waktu tidak melakukan aktvitas berenang di kolam renang umum.

4 dari 5 halaman

Apakah Berenang di Perairan Mengalir Seperti Sungai Merupakan Pilihan yang Lebih Baik?

 wanita berenang© Ilustrasi foto : merdeka.com

Sudah sering dikatakan bahwavirus tidak akan menjadi masalah di kolam renang maupun perairan mengalir, kekhawatiran yang lebih besar di sana adalah interaksi dengan orang lain. Sebaiknya untuk sementara waktu temukan cara alternatif untuk berolahraga di rumah. 

" Sekarang orang-orang tertentu sangat menularkan virus sebelum mereka memiliki gejala, jadi mereka menyebarkan virus itu di semua tempat sebelum mereka memiliki gejala," kata Lavin.

5 dari 5 halaman

Bagaimana Agar Mereka Tetap Aman Saat Berenang?

 perempuan berenang© Ilustrasi foto : pixabay.com

" Saya akan mengatakan bahwa dimanapun kalian berenang, lakukanlah dalam kelompok kecil sambil menjaga jarak lebih dari 6 kaki di antara satu sama lain," kata Lavin.

" Saya pikir saat ini itulah satu-satunya cara yangaman. Tetapi berenang di kolam renang, masalahnya adalah kamu harus menyentuh pintu dan bangku serta berganti pakaian. Mungkin lebih baik tidak melakukannya," tambah Lavin.

Beri Komentar