Tidak Hanya untuk Penyedap, Ini 6 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 3 Mei 2021 13:13
Tidak Hanya untuk Penyedap, Ini 6 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan
Lengkuas memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat lengkuas lebih sering diketahui orang-orang sebagai bahan penyedap makanan. Rempah yang juga disebut dengan nama laos ini memang menjadi bahan penyedap yang banyak digunakan pada berbagai masakan di negara Asia, tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang yang menanamnya sendiri di halaman rumah untuk berjaga-jaga jika suatu waktu dibutuhkan untuk memasak.

Lengkuas adalah jenis akar rimpang yang tumbuhnya di dalam tanah. Jika kamu pegang, maka akan dirasakan terkstur kulitnya yang kasar serta ada sekat-sekatnya. Selain bisa menyedapkan berbagai hidangan, lengkuas bisa kamu andalkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini karena di dalam lengkuas terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa inilah yang mampu untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh dari serangan virus radikal bebas. Selain itu, kandungan polifenolnya berguna untuk meningkatkan memori, menurunkan gula darah, dan juga menurunkan kadar koelsterol jahat (LDL).

Masih ada banyak lagi manfaat lengkuas yang mungkin saja belum kamu ketahui. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Mengatasi Diabetes dan Melindungi Otak

Ilustrasi Menderita Diabetes© Freepik.com

Mengatasi Diabetes

Manfaat lengkuas yang pertama bagi kesehatan adalah bisa mengatasi diabetes. Hal ini karena lengkuas memiliki efek anti bakteri yang bisa memusnahkan bakteri patogen. Di mana bakteri inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit diare, misalnya seperti laktosa dan fruktosa.

Selain itu, lengkuas mampu menghambat metabolisme karbohidrat serta meminimalkan peningkatan glukosa di dalam darah. Dengan begitu, manfaat nutrisi pada lengkuas sama dengan obat antidiabetik sintetik.

Bahkan rempah yang tinggi antioksidan bisa bisa melindungi hati serta pankreas dari kerusakan. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan berupa alkaloid, steroid, polifenol, dan triterpen di dalamnya. 

Melindungi Otak

Manfaat lengkuas lainnya bagi kesehatan adalah bisa melindungi otak. Hal ini karena lengkuas dipercaya mampu untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Di mana kandungan berupa antiinflamasi pada lengkuas berfungsi untuk melindungi otak. Bahkan penyedap rasa ini juga bisa mengurangi degenerasi otak yang berhubungan dengan usia.

Selain itu, lengkuas juga mengandung fitonutrien yang bisa menekan protein TNF-alpha untuk melawan terjadinya depresi. Demi mendapatkan manfaatnya, pengonsumsian lengkuas bisa kamu campurkan pada makanan sebagai bumbu. Sehingga, kesehatan otak tetap terjaga dan terhindar dari Alzheimer.

2 dari 3 halaman

Mencegah Penyakit Kanker dan Tumor serta Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi Menderita Batuk© Freepik.com

Mencegah Penyakit Kanker dan Tumor

Manfaat lengkuas bagi kesehatan juga bisa untuk mencegah dari penyakit kanker dan tumor. Penyakit inilah yang ditakuti orang-orang karena sudah banyak merenggut nyawa. Kandungan berupa antioksidan di dalam lengkuas bisa untuk memperbaiki sel-sel tubuh disebabkan oleh radikal bebas dan racun-racun yang masuk ke tubuh.

Tidak hanya itu saja, komponen lainnya yang berupa galangin juga memiliki sifat anti kanker yang ampuh mencegah dari kanker paru-paru serta kanker payudara. Zat inilah yang efektif untuk mengobati beberapa jenis kanker, seperti kanker hepatoma, kanker kulit melanoma, dan kanker usus besar.

Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat lengkuas berikutnya untuk kesehatan adalah bisa mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu istirahatmu dan bisa menghambat setiap aktivitasmu. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan lengkuas. Dalam hal ini, lengkuas berperan sebagai ekspektoran yang ampuh untuk mengobati sakit pernapasan, seperti halnya batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan bubuk lengkuas atau irisan lengkuas pada air panas dan ditambahkan dengan jeruk nipis. Diamkan beberapa menit dan jika sudah hangat bisa kamu minum untuk mengurangi sakit tenggorokan.

3 dari 3 halaman

Berpengaruh pada Kesuburan Pria dan Merawat Kulit

Ilustrasi Kulit yang Terawat© Freepik.com

Berpengaruh pada Kesuburan Pria

Manfaat lengkuas juga bisa untuk meningkatkan kesuburan pria. Bagian akar lengkuas mampu untuk meningkatkan motilitas serta jumlah sperma. Dengan begitu, kesehatan umum pada pria pun akan meningkat. Dari jumlah sperma serta peningkatan sperma akan berpengaruh pada pembuahan.

Oleh karena itu, pria dianjurkan untuk mengonsumsi lengkuas. Bisa dengan dicampurkan pada masakan atau dibuat menjadi minuman. Karena rempah yang satu ini dipercaya efektif untuk meningkatkan kesuburan dan pastinya aman untuk kamu konsumsi.

Merawat Kulit

Manfaat lengkuas berikutnya bagi kesehatan adalah untuk memberikan perawatan pada kulit. Ini adalah solusi kamu yang ingin memiliki kulit halus dan sehat secara alami dan aman. Kandungan antioksidan di dalam lengkuas memberikan efek yang positif untuk mencegah dari radikal bebas yang menyerang tubuh.

Selain itu, rempah ini juga tinggi akan vitamin C yang bisa membantu dalam proses peremajaan sel-sel kulit dan menjaga kulitmu awet muda. Bahkan lengkuas juga bisa kamu andalkan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal, alergi, panu, dan luka bakar.

Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan daging lengkuas di bagian kulit yang terinfeksi sebanyak dua hingga tiga kali dala sehari. Perlu kamu tahu juga, jika kamu termasuk orang yang alergi pada makanan laut, maka mengonsumsi racikan potongan lengkuas secara rutin bisa mengatasi alerginya.

Itulah 6 manfaat lengkuas untuk kesehatan. Bagi sahabat Dream yang tertarik untuk merasakan beragam manfaatnya tersebut, jangan ragu untuk mengonsumsi lengkuas secara rutin ya.

Beri Komentar