Rahasia Kesehatan Putri Indonesia 2020 Ternyata Rutin Minum Jamu

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 16 November 2020 17:12
Rahasia Kesehatan Putri Indonesia 2020 Ternyata Rutin Minum Jamu
Ada berbagai macam ras jamu yang disukai Rr Ayu Maulida Putri

Dream - Selain mengonsumsi vitamin, jamu menjadi salah satu alternatif terbaik untuk meningkatkan imunitas di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Minuman tradisional Indonesia ini juga rutin dikonsumsi Putri Indonesia 2020, Rr Ayu Maulida Putri. 

Selain enak, Ayu rutin mengonsumi jamu karena  khasiatnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

" Aku rutin minum jamu sejak mulai karir sebagai model. Aktivitas yang padat, mobilitas yang tinggi, mengharuskan aku untuk jaga daya tahan tubuh, jadi aku rutin minum Jahe Merah," kata Rr Ayu Maulida Putri.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, cara Ayu mengonsumsi jamu juga ikut berubah. Tak perlu menunggu waktu lama, Ayu bisa meminum jamu dengan cepat di tengah aktivitasnya yang sangat padat. Dia juga tak perlu lagi kerepotan untuk membuat jamu sendiri.

Cara mengonsumsi yang lebih ringkas dan mudah ini dikembangkan Mustika Ratu yang mengeluarkan series Jejamu terdiri dari Kunir Asam,Coco Pandan Latte,Golden Turmeric Latte, Jahe Merah Sereh, Temulawak Latte.

jamu© Dream.co.id

Tak hanya mudah dalam penyajian, Mustika Ratu juga mulai memudahkan cara masyarakat mendapatkan produk mereka dengan menggandeng jaringan minimarket, Watson.

" Apalagi sekarang setelah menjadi Puteri Indonesia, aku lebih sering menikmati Jejamu by Mustika Ratu, selain rasanya yang nikmat juga sehat. Aku juga udah beberapa kali ini ikut Jamu Barista mengolah Jejamu jadi minuman yang enak dan kekinian,” katanya.

Direktur Business Development & Innovation PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Ida Anjani menjelaskan Jejamu By Mustika Ratu memang sengaja hadir untuk memenuhi gaya hidup milenial.

" Jejamu dapat dinikmati semua umur namun memang kita memiliki visi menarik generasi muda untuk mencoba menu-menu jamu fusion dan jamu tradisional. Melalui gerakan Jamuvement, kami ingin membuat jamu menjadi lifestyle dengan tema Be healthy, Stay healthy," kata Ida Anjani.

1 dari 4 halaman

Uniknya Sajian Es Krim Jamu Sehat dan Memanjakan Lidah

Dream - Apa yang ada di pikiran Sahabat Dream jika mendengar kata jamu? Mungkin minuman tradisional dengan cita rasa pahit, tidak enak dan minuman orangtua. Selama ini jamu memang dipandang sebelah mata.

Jamu memang kalah pamor dengan minuman kekinian seperti boba atau kopi susu. Faktanya saat pandemi, jamu justru paling dicari. Khasiat jamu dipercaya bisa menjaga vitalitas dan imunitas tubuh agar tak mudah terserang virus seperti Covid-19.

Sebenarnya jamu bisa dikreasikan jadi minuman kekinian yang bisa memanjakan lidah. Tengok saja sajian jamu di Acaraki, sebuah kedai jamu kekinian yang mengemas jamu dengan sangat modern.

Acaraki© Instagram

(Foto: Instagram Acaraki)

" Kami di Acaraki memang ingin membuat jamu lebih ke arah gaya hidup atau lifestyle. Jamu diracik di depan pelanggan yang datang agar bisa melihatnya langsung dan mencium aromanya. Seperti di kedai kopi," kata Jony Yuwono, pemilik Acaraki, dalam acara Live Instagram bersama Dream, Selasa 9 Juni 2020.

 

© Dream
2 dari 4 halaman

Jamu Kekinian

Ada beragam jamu khas Indonesia di kafe yang memiliki cabang di Kemang dan Kota Tua ini. Salah satu menu yang cukup unik adalah Bereskrim, perpaduan es krim dengan jamu beras kencur. Sangat cocok bagi kamu penyuka es krim dan ingin camilan yang sehat di siang hari.

" Ada juga Golden Sparkling, campuran jamu serbuk kunyit dan jahe yang sudah digerus. Lalu ditambahkan soda dan simple syrup. Minuman ini paling banyak disukai," kata Jony.

Jamu acaraki© Instagram

Menu utama di Acaraki antara lain Kunyit Asam, Beras Kencur dan Jahe. Nah, Sahabat Dream bisa menemukan jamu-jamu tersebut dengan sajian yang tak biasa. Bukan hanya menyehatkan tapi juga memanjakan lidah dan mata.

Kamu juga bisa melihat aksi para barista mengolah jamu dengan modern langsung di depan mata. Kedai Acaraki kini sudah buka dan menerapkan protokol kesehatan. Jika penasaran ingin minum jamu kekinian, datang saja langsung!

 

3 dari 4 halaman

Trik Minum Jamu Agar Khasiatnya Maksimal

Dream - Sejak pandemi Covid-19, jamu sangat dicari. Bahan bakunya, seperti jahe, kunyit, temulawak harganya bahkan sempat naik drastis. Tentu saja karena minuman asli Indonesia ini, dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh dengan optimal dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Sahabat Dream juga rutin minum jamu? Jika iya pastikan meminumnya dengan teratur. Hal ini agar khasiatnya optimal. Jony Yuwono, pemilik kafe jamu kekinian Acaraki, membagikan trik-trik minum jamu agar bisa menjaga imunitas dengan baik dalam acara Instagram Live bersama Dream.co.id, Selasa 9 Juni 2020.

Trik Minum Jamu Agar Khasiatnya Maksimal© MEN

Menurut Jony ada tiga aspek penting yang menentukan efektivitas konsumsi jamu. Antara lain fisik, mental dan spritual.

" Dari aspek fisik, seperti Pak Jokowi yang selalu minum jamu temulawak setiap hari. Pak Jokowi sendiri yang buat, kalau tidak bisa, ada istrinya. Beliau konsumsi secara rutin tak putus selama 17 tahun," cerita Jony.

Artinya secara fisik, minum jamu harus disesuaikan dengan yang dibutuhkan tubuh. Temulawak misalnya, bisa untuk melindungi kesehatan hati dan meningkatkan stamina. Lalu dari aspek mental, disiplin setiap hari minum jamu tentu bukan hal mudah.

" Dalam hal spiritual, tentunya kita harus yakin dengan yang kita minum akan membawa kebaikan dalam tubuh. Hanya mengonsumsi yang baik bagi tubuh dan pikiran. Jamu tergantung dengan kebutuhan orang masing-masing, memakai ukuran dan kebutuhan diri sendiri," kata Jony.

 

© Dream
4 dari 4 halaman

Jamu Terbaik

Jony juga mengungkap kalau jamu terbaik adalah jamu yang dibuat sendiri di rumah dengan pengolahan yang baik. Mulai dari memilih bahan baku, mengiris lalu merebus dan segera diminum sesuai kebutuhan.

Kunyit Asam, Jamu untuk Mengecilkan Perut© MEN

" Jamu yang paling bagus adalah jamu yang dibuat sendiri. Kalau dibuat sendiri bahan sendiri pasti bahan dipilih yang baik, langsung diminum, jika ada sisa disimpan dengan benar," ungkap Jony.

Pastikan juga mengonsumsinya secara rutin, akan sangat baik jika diminum pada pagi dan sore hari. Usahakan juga tidak memberikan terlalu banyak gula pada jamu untuk menjaga level gula darah tetap stabil. Bisa tambahkan madu atau pemanis lain, tapi pastikan secukupnya saja.

Beri Komentar