Tip Sehat Berpuasa Saat Menyusui

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 4 Mei 2021 15:39
Tip Sehat Berpuasa Saat Menyusui
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa puasa dalam jangka waktu tertentu tidak akan mengurangi produksi ASI.

Dream - Ibu menyusui mungkin kerap galau saat Ramadan. Maklum, mereka harus menyusui anaknya yang masih bayi. Di sisi lain, puasa saat Ramadan hukumnya wajib.

Sebenarnya, ada keringanan bagi ibu menyusui untuk mengganti puasa di bulan lain apabila khawatir dengan kondisi kesehatan anak dan dirinya apabila harus berpuasa dengan menyusui anak.

Namun ada pula ibu yang merasa tubuhnya kuat dan mampu berpuasa sambil menyusui. Bila demikian kondisinya, ibu menyusui bisa berpuasa, tapi pastikan kebutuhan cairan dan nutrisi terpenuhi.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa puasa dalam jangka waktu tertentu tidak akan mengurangi produksi ASI.

Tubuh ibu tetap dapat menghasilkan ASI dalam jumlah yang sama meski sedang berpuasa. Kandungan gizi dalam ASI mungkin akan sedikit berubah, tetapi tidak terlalu signifikan.

Tubuh ibu juga akan menyesuaikan pola metabolisme sehingga tetap bisa memproduksi ASI dengan kualitas terbaik. Dengan demikian, ibu harus yakin bahwa ASI yang diproduksi tetap bergizi tinggi.

Tak perlu khawatir berat badan bayi bakal turun lantaran memberikan ASI sambil berpuasa. Menurut penelitian ilmiah, berat badan bayi tidak akan terkena dampak negatif sekalipun ibu menyusui sambil berpuasa.

1 dari 2 halaman

Seberapa Aman bagi Ibu?

Hal lain yang harus diwaspadai saat menyusui sambil berpuasa adalah ancaman dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pastikan untuk selalu minum setidaknya 2 liter air per hari.

Kebutuhan ini dapat ibu bagi sesuai jadwal buka dan sahir. Misalnya, 1 liter saat sahur dan 1 liter saat berbuka. Namun, bila ibu merasa lemas, pandangan berkunang-kunang, buang air kecil berkurang, jangan paksakan diri untuk berpuasa. Segera ambil minum untuk menggantikan cairan tubuh Anda yang hilang.

Ilustrasi© Shutterstock.com

2 dari 2 halaman

Tips Menyusui saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk tetap berpuasa meski sedang menyusui:

- Sahur dan berbuka dengan makanan bergizi

Pastikan menu sahur dan berbuka bergizi lengkap dan seimbang. Untuk ibu menyusui, perbanyak asupan lemak, protein, serta serat, sebagai modal menjalani puasa sambil menyusui atau memerah ASI.

- Cukupi kebutuhan cairan

Minum minimal delapan gelas air putih perhari, termasuk saat puasa. Bisa minum dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas diantara waktu berbuka dan sahur.

- Makan malam

Di antara waktu berbuka dan sahur, dapat makan kembali dengan porsi dan kandungan gizi cukup untuk melengkapi nutrisi yang Anda perlukan.

- Fleksibel

Dengarkan kondisi tubuh. Bila mulai merasa sangat lemas, jangan paksakan diri untuk melanjutkan puasa.

Beri Komentar