Tipe dan Penyebab Keceplosan saat Berbicara, Apa Saja?

Reporter : Putu Monik Arindasari
Senin, 17 Mei 2021 15:12
Tipe dan Penyebab Keceplosan saat Berbicara, Apa Saja?
Keceplosan atau terselip lidah ternyata memiliki beberapa tipe dan disebabkan oleh beberapa hal.

Dream - Keceplosan merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Kamu bisanya akan mengucapkan kosa kata yang seharusnya tidak diucapkan saat keceplosan. Keceplosan atau terselip lidah ternyata memiliki beberapa tipe dan disebabkan oleh beberapa hal.

Lalu apa saja tipe dan penyebab keceplosan?

Tipe Keceplosan

Sengaja Melupakan Sebuah Kata

Kamu bisanya cenderung melupakan peristiwa yang memalukan, menakutkan serta menyakitkan dalam hidup. Bisa saja kamu melupakan nama seseorang karena dia pernah menyakiti serta merugikan dirimu. Kamu pun juga akan kesulitan mengingat nama orang tersebut.

1 dari 2 halaman

Sulit Menghafal Sebuah Kata

Setelah mencoba menghilangkan hal yang mengganggu dalam hidup, kamu biasanya akan mengalihkan pada sesuatu yang salah. Tak hanya melupakan sebuah kata tersebut, kamu juga konsisten untuk menyebut pengganti lain dari kata tersebut. Misalnya, jika tidak menyukai Christy, kamu biasanya akan memanggilnya Krispi, Kristal, atau mungkin Siti.

Keceplosan saat Berbicara© Shutterstock

Sangat Menginginkan Sesuatu

Kamu cenderung melupakan hal lain saat didorong oleh sebuah keinginan. Misalnya kamu pasti akan berpikir tentang nasi goreng terus menurus saat benar-benar ingin menyantap nasi goreng. Saat waktu makan tiba, kamu berpikir untuk bisa menyantap nasi goreng biarpun sebenarnya tidak ada. Lalu, terucaplah kata' nasi goreng' di waktu makan.

2 dari 2 halaman

Penyebab Keceplosan

Melakukan Aktivitas Secara Bersamaan

Melakukan dua aktivitas secara bersamaan berpotensi membuat konsentrasi menjadi pecah. Konsentrasi yang sudah pecah menyebabkan kurangnya fokus sehingga kamu tak sengaja keceplosan atau menulis kata-kata yang salah.

Tidak Sengaja

Terbiasa berbicara membuatmu memiliki ribuan kosa kata. Kamu pun sering menggunakan kosa kata tersebut saat berbicara. Kemungkinan keceplosan terjadi saat kamu mengucapkan sebuah kata yang mirip atau mencampur dua kosa kata yang seharusnya tidak kamu ucapkan.

Uniknya, kamu sadar bahwa kata tersebut merupakan kata yang tak semestinya kamu ucapkan. Namun otak tetap merespon karena adanya persamaan bunyi lalu menggabungkannya.

Adanya Sugesti

Walaupun kamu sudah memperingati diri agar tak mengucapkan sebuah kata, namun tak jarang kamu malah mengucapkan kata tersebut. Terkadang sugesti semacam ini menyebabkan kondisi semakin tegang dan kurang fokus.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar