Tips Hadapi Ibu Mertua Manipulatif

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 22 Februari 2021 07:40
Tips Hadapi Ibu Mertua Manipulatif
Jangan panik dulu.

Dream – Menikah dengan pasangan, berarti juga harus menjalin hubungan dengan keluarganya. Di situ juga, kita harus mempelajari serta menerima karakter dari masing-masing anggota keluarga.

Paling penting adalah mengetahui serta mempelajari karakter ibu mertua yang beragam. Terkadang, kamu akan dihadapi dengan ibu mertua yang pintar, licik, hingga manipulatif.

Di depan ibu mertua seperti itu, seorang harus dapat berlaku dengan sangat hati-hati. Bila melakukan keselahan sedikit saja, ibu mertua bisa memarahi kamu seperti ia memarahi seorang musuh.

Seram sekali ya Sahabat Dream?

Tapi tenang saja, di sini kamu akan tahu tips yang cukup mudah untuk menghadapi ibu mertua seperti itu.

1. Berikan jaminan

Ibu mertua akan berpikir bahwa kamu telah menggantikannya sebagai wanita utama dalam kehidupan anaknya, ini dapat menciptakan perpecahan di antara kamu dan ibu mertua.

Yang perlu dilakukan dengan meyakinkannya tentang kekuatan dan pilihan kehidupan anaknya, terlepas dari kehadiran kamu.

Tanpa disadari semakin bertambahnya usia, yang diinginkan wanita adalah kepastian kehidupan ke depannya.

1 dari 5 halaman

2. Komunikasikan tentang apapun

Cara ini mungkin terdengar melelahkan tapi ini dapat menolong untuk jangka waktu cukup lama. Semakin kamu sering membicarakan hal-hal kecil dalam hidup pernikahan, akan semakin mudah untuk kamu berkata jujur tentang perasaanmu kepadanya.

Kadangkala, kamu hanya perlu menyetujui segala nasehat yang diberikan agar terlihat baik di depannya.

Ilustrasi© Shutterstock

3. Berperilaku cerdas

Jika suatu saat terjadi perkelahian atau perdebatan dengan ibu mertua, cobalah berperilaku cerdas dengan menahan emosi dan harus tetap tenang.

Terkadang ibu mertua akan sengaja tidak memperdulikan dan tidak menyetujui tindakan kamu. Jangan pernah memaksakannya pada situasi itu. Pura-puralah menerima panggilan penting untuk mencairkan suasana.

2 dari 5 halaman

4. Rayakan hari spesial

Tidak ada hal yang lebih baik dari merayakan hari spesial ibu mertua dan membuatnya merasa dihargai dan dipedulikan. Bisa juga dengan mengajaknya bepergian untuk beberapa hari untuk merayakan hari spesial tersebut.

Sesekali juga boleh menemaninya untuk menghadiri acara yang dia datangi.

5. Jangan libatkan pasangan

Ketika kamu mulai membicarakan ibu mertua dengan pasangan, itu akan membuat ibu mertua semakin marah dan kesal dengan kamu. Dia akan merasa terancam sehingga akan sering mengeluarkan kata-kata menjelekan kamu.

Harus selalu bisa menenangkan keadaan, cobalah bicara dengannya, apabila tidak mau diajak bicara, berikan mereka ruang. Segala masalah harus dihadapi dan diselesaikan oleh pihak yang terlibat saja.

(Laporan: Josephine Wiidya, Sumber: Times of India)

3 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Kamu Mempunyai Ibu Mertua Toxic

Dream – Menantu mana yang senang berurusan dengan ibu mertua yang toxic dan mudah tersinggung? Pasangan yang baru menikah biasanya ingin tinggal di rumah sendiri untuk menghindari konflik dengan orang tua pasangannya. 

Saat bersama mertua toxic, kamu pasti memerlukan tenaga ekstra untuk lebih berhati-hati dalam bertingkah laku mulai dari perkataan, makanan, hingga pakaian yang dikenakan.

Jika kita merasa sudah 'aman' dari hal-hal di atas, terkadang ibu mertua juga membuat sekian banyak drama yang kita pun tidak memahami. Apapun yang dilakukannya tidak bisa disalahkan.

Berurusan dengan mertua toxic dapat menjadi mimpi buruk dan kebingungan yang berlebihan. Tidak semua menantu bisa menebak pikiran dan suasana hati ibu mertua.

Ada beberapa identifikasi tanda ibu mertua toxic dan kamu wajib memahaminya.

4 dari 5 halaman

Usil dan ingin tahu

Ibu mertua akan selalu memberikan opini mereka akan segala hal, walaupun tidak berkaitan dengannya. Terkadang bisa saja dia menguping atau sengaja menyimak pembicaraan pribadi kamu dengan pasanganmu.

ilustrasi© Shutterstock

Menetapkan batasan

Ibu mertua akan senang membuat keputusan dalam hidup rumah tangga mu, bahkan bisa lebih jauh dari itu, ia akan membuat keputusan untuk anakmu juga. Hal lain, ia akan sering menelepon kamu atau pasanganmu untuk menanyakan keadaan dan apa yang sedang dilakukan.

 

5 dari 5 halaman

Penilaian dalam setiap langkah

Ibu mertua akan selalu mengkritik setiap gerakan dan langkah yang kamu ambil. Tidak akan ada waktu yang nyaman bersama dengan ibu mertua, karena ia tidak akan berhenti mengkomentari mu, dari cara masak hingga berpakaian.

Mengungkit masa lalu

Keaslahan yang pernah kamu buat dimasa lalu akan selalu diungkit atau dikatakan berulang kali oleh ibu mertua.

Seberapa besar apa pun usaha kalian meminta maaf tidak akan pernah dilupakannya. Ia akan merasa puas melihat kamu murung dan dibsaat kamu ingin melawannya, ia akan mendendam.

Ilustrasi© Shutterstock

Egois dan tidak menghormati pilihan

Di saat ibu mertua sudah ada persepsi dari awal pertama ketemu (first impression), ia tidak akan merubah pemikirannya tentang kamu. Ia hanya percaya dengan opini, keputusannya dan tidak peduli dengan keputusan dan apa yang kamu lakukan.

Ia tidak akan berpikir dua kali untuk menjatuhkan kamu.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India)

Beri Komentar