Tips Melakukan Yoga di Rumah Selama Pandemi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 3 September 2020 10:31
Tips Melakukan Yoga di Rumah Selama Pandemi
Ini caranya agar olahraga lebih efektif.

Dream - Adanya virus Covid-19 membuat banyak orang termotivasi untuk menjalani gaya hidup sehat. Salah satu yang paling penting dilakukan adalah berolahraga.

Namun, berolahraga tidak lagi dapat dilakukan di gym atau taman. Kamu dianjurkan untuk berolahraga di rumah.

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan dipandu melalui Youtube, Instagram dan platform lainnya.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah yoga. Jika belum pernah melakukannya, berikut tips yoga di rumah yang dilansir dari Times of India

1 dari 5 halaman

Mulai perlahan-lahan

Yoga© Shutterstock.com
Tidak perlu terburu-buru untuk bisa melakukan yoga. Mulailah dengan melakukannya secara rutin untuk melihat perkembangannya pada tubuhmu.

Kamu bisa melakukannya selama 10 menit atau 5 pose yoga setiap hari. Setiap minggu, tingkatkan repetisi dan tambah 2 pose yoga. Ini akan membuatmu terbiasa melakukannya.

2 dari 5 halaman

Pastikan posemu tepat

Yoga© Shutterstock.com
Jangan terburu-buru saat berpose yoga. Lakukan perlahan dan perhatikan pose tubuh serta atur napasmu. Kedua hal tersebut sangat penting untuk membuat yoga lebih efektif.

Hentikan sebentar atau ulang video jika merasa tutorialnya kurang jelas. Kamu bisa berlatih melakukan yoga di depan cermin untuk memastikan gayanya tepat.

3 dari 5 halaman

Tidak perlu memerhatikan gaya berpakaian

Yoga© Shutterstock.com
Kamu membutuhkan pakaian yang berbahan ringan dan nyaman ketika melakukan yoga. Pakaian yang dikenakan tidak harus khusus untuk berolahraga. Cukup perhatikan kenyamanan saat memilih pakaian sebelum melakukan yoga.

4 dari 5 halaman

Perhatikan respon tubuhmu

Yoga© Shutterstock.com
Tak jadi masalah jika kamu tidak bisa melakukan semua gerakan yoga. Sesuaikan gerakan yoga dengan kemampuan tubuhmu.

Lakukan pose meditasi jika merasa stres atau lelah. Jika merasa lebih berenergi, coba lakukan yoga dengan waktu lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Gunakan sesuatu yang ada di rumah

Yoga© Shutterstock.com
Kamu tidak harus membeli aksesoris baru seperti yoga mat ketika berolahraga di rumah. Pakailah sesuatu yang ada di sekitarmu. Kamu bisa memakai sprei, handuk atau karpet yang tak terpakai.
 
(Sumber: Times of India)

Beri Komentar