Tips Menjaga Kebersihan Sepatu Agar Lebih Tahan Lama

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 17 Mei 2020 15:02
Tips Menjaga Kebersihan Sepatu Agar Lebih Tahan Lama
Jangan sampai salah merawatnya.

Dream - Sepatu favoritmu akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan benar. Kamu perlu membersihkannya secara berkala dengan cara yang benar. 

Dilansir dari Miss Kyra, berikut cara merawat sepatu tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. 

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

 Mencuci Sepatu© pexels.com

Apapun jenis sepatumu, jangan pernah memasukkannya ke dalam mesin cuci. Mesin cuci akan merusak lem sepatu. Ketika air masuk ke dalam sole, sepatumu akan rusak dan hancur ketika mengering.

Cucilah secara manual dan berhati-hatilah. Sikat sepatu saat kering untuk menghilangkan debu dan kotoran. Campurkan air dan detergen, lalu gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda membandel. 

Untuk sepatu berbahan suede, hindari pembersih bersifat abrasif dan gunakan spons ketika mengaplikasikan sampo pada sepatumu.

Pada sepatu berbahan kulit, gunakan wipes atau tisu dengan permukaan halus untuk membersihkannya.  

1 dari 2 halaman

Simpan Sepatu di Tempat Sejuk dan Kering

 Menyimpan Sepatu© Shutterstock.com

Pastikan sepatumu disimpan di tempat gelap, sejuk dan kering, bukan di bawah jendela. Suhu panas, sinar matahari langsung dan kelembapan akan merusak sepatumu.

Bersihkan sepatu sebelum menyimpanny. Kotoran dan noda akan lebih sulit dihilangkan jika dibiarkan dalam waktu lama. Biarkan rak sepatu terbuka untuk menghindari bau tidak sedap.

2 dari 2 halaman

Berikan Perawatan Ekstra

 Perawatan Sepatu© Shutterstock.com

Sepatu sneakers, boots, sandal atau alas kaki jenis apapun akan membuat kakimu tetap nyaman dan aman saat beraktivitas. Kamu perlu merawatnya secara rutin agar tetap dapat memberikan kenyamanan yang diinginkan.

Jika perlu, belilah alat pembersih dan perawatan sepatu seperti shoe polish, brush, shiners, wax sera spray. Sesuaikanlah alat perawatan dengan kebutuhan dan pemakaianmu agar sepatu terlihat seperti baru lagi.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar