Tips untuk Orangtua Agar Anak Efektif Belajar di Rumah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 Juli 2020 10:12
Tips untuk Orangtua Agar Anak Efektif Belajar di Rumah
Pentingnya membangun suasana dan komunikasi dengan anak maupun lingkungan sekitar.

Dream - Perubahan yang signifikan di dunia pendidikan terjadi ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Mau tidak mau, anak harus belajar di rumah secara virtual.

Tentunya, semua pihak tidak siap dengan perubahan ini. Banyak orangtua yang protes dan mengeluh akibat kebiasaan baru karena tidak semua mampu menggantikan peran guru di rumah.

Namun, ada beberapa hal yang bisa diupayakan orangtua untuk memperlancar proses belajar mengajar.

" Pertama-tama, orangtua harus memberi support untuk diri sendiri untuk mendampingi anak belajar. Lalu, berikan motivasi secara verbal dan pengertian pada anak tentang kondisi belajar mengajar virtual," ujar Gezta Pattiasina, Pengajar dalam webinar Frisian Flag 'Jaga Kesehatan, Gembira Belajar di Rumah Bebas Stres', Rabu 29 Juli 2020.

 

1 dari 2 halaman

Membangun suasana hati anak

Belajar Bersama Orangtua© Shutterstock.com

Kemudian, orangtua perlu membangun suasana hati anak agar lebih semangat dan tenang ketika belajar. " Bisa dibangunin secara lembut buat belajar supaya anak bisa belajar dengan suasana hati senang."

Setelahnya, siapkan kebutuhan anak untuk melakukan kegiatan belajar mengajar supaya lebih siap menerima materi yang akan dijelaskan.

Tak lupa, siapkan ruang belajar yang kondusif agar anak nyaman belajar tanpa distraksi. Jika anak masih merasa kurang nyaman, jangan paksakan anak untuk beradaptasi dengan cara orangtua.

" Biasakan anak sedikit demi sedikit untuk belajar di depan layar. Durasinya bisa ditambah pelan-pelan. Mungkin, hari ini 10 menit ada di depan layar dan terus ditambah 5 menit secara bertahap," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Berkonsultasi dengan anak

Berkonsultasi dan Belajar dengan Anak© Shutterstock.com

Terlepas dari semua upaya yang dilakukan, orangtua harus berkonsultasi dengan banyak pihak. Anak, guru di dalam maupun luar sekolah, sesama orangtua atau pihak lainnya untuk bisa membuat suasana belajar lebih efektif.

Tanyakan suasana belajar yang nyaman pada anak dan kenali mereka lebih jauh. " Orangtua juga perlu mengakui kalau dia nggak bisa. Carilah support system yang bisa buat kita nyaman juga. Jangan jadi beban sendiri," saran Ajeng Raviando, Psikolog Keluarga.

Memiliki support system dan mengetahui kemampuan diri sendiri sangat penting bagi orangtua. " Orangtua nggak harus terbelenggu, nggak harus bisa semua hal," imbuhnya.

Beri Komentar