Masya Allah, Jantung Pria Ini Ada di Dada Sebelah Kanan

Reporter : Eko Huda S
Kamis, 12 Mei 2016 14:30
Masya Allah, Jantung Pria Ini Ada di Dada Sebelah Kanan
Dokter terkejut saat memeriksanya...

Dream - Coba periksa detak jantung Anda. Denyut itu terasa di dada sebelah kiri, bukan? Ya, sebab jantung Anda memang terletak di sebelah kiri. Organ pemompa darah itu lazimnya memang berada di kiri.

Tapi tidak dengan Yadav, pria India yang bekerja di kawasan industri Mussafaa, Abu Dhabi. Organ jantungnya tak berada di kiri, melainkan terletak di rongga dada bagian kanan.

Sebelumnya, Yadav tak pernah tahu bahwa jantungnya ada di sebelah kanan. Posisi jantung yang tak lazim itu baru diketahui setelah dia mengeluh nyeri dada sebelah kanan dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Lifecare, Mussafaa.

Seperti biasa, dokter berniat memeriksa detak jantungnya. Dengan stetoskop diperiksalah dada bagian kiri Yadav. Namun dokter tak merasakan detak jantung. Aneh.

Karena merasa ada yang tak lazim, dokter melakukan rontgen. Betapa terkejutnya sang dokter saat mengetahui bahwa jantung Yadav ternyata ada di dada bagian kanan. Dan Yadav lebih terkejut lagi mendengar keterangan dokter itu.

" Dalam karier sebagai dokter selama 25 tahun, aku tidak pernah menemui kasus seperti ini," kata dokter di Rumah Sakit Lifecare, Khaled Galal, sebagaimana dilansir Emirates 24/7, Kamis 12 Mei 2016.

Posisi organ yang tak lazim seperti ini disebut situs inversus. Nama lainnya adalah situs tranversus atau opositus. Di mana organ di dalam dada ataupun perut berada di posisi sebaliknya. Kasus seperti ini bisa terjadi pada satu di antara 10 ribu orang.

" Hanya dalam kasus yang sangat langka jantung seseorang terletak di bagian kanan," demikian pernyataan rumah sakit itu. " Sebelum keterangan dokter, Yadav tidak tahu kondisinya. Dia pulang ke India untuk beristirahat."

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie