Bunda, Ini Vitamin yang Dibutuhkan Balita Anda

Reporter : Ervina
Senin, 20 Oktober 2014 16:30
Bunda, Ini Vitamin yang Dibutuhkan Balita Anda
Bunda, ketahuilah jika dalam proses tumbuh kembangnya, balita juga memerlukan berbagai macam vitamin. Vitamin apa saja yang sebenarnya sangat dibutuhkan balita?

Dream - Selain asupan gizi dan nutrisi, orang tua tidak pernah luput untuk menaruh perhatian terhadap tumbuh kembang balita yang juga dipengaruhi oleh vitamin. Apakah seorang balita membutuhkan semua jenis vitamin dalam proses tumbuh kembangnya?

Mengutip laman Boldsky, Senin 20 Oktober 2014 sebenarnya ada lima macam vitamin yang sangat dibutuhkan seorang balita dalam proses pertumbuhannya. Apa saja vitamin tersebut?

Vitamin A
Selain membantu seorang balita tumbuh dan berkembang, vitamin A juga dapat membantu pembentukan jaringan dan memperbaiki tulang. Vitamin A juga telah dikenal untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta menjadi sumber daya tahan tubuh. Sejumlah makanan penghasil sumber A terbesar terdapat dalam susu, keju, telur, wortel, umbi-umbian dan labu.

Vitamin B
Jenis vitamin B termasuk didalamnya B2, B3, B6 dan B12. Vitamin B sangat bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh dan sebagai sumber energi. Selain itu juga dapat melancarkan sistem peredaran darah dan menjaga kesehatan saraf. Daging, ayam. ikan, kacang-kacangan, telur, susu, dan keju merupakan makanan penghasil vitamin B.

Vitamin C
Fungsinya sangat besar untuk membantu memperbaiki sel darah merah, tulang dan jaringan. Vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan memperkuat pembuluh darah. Saat terluka, vitamin C sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus. Vitamin C juga dapat membantu tubuh menyerap makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

Vitamin D
Vitamin D sangat dibutuhkan untuk membantu tubuh menyeral mineral seperti kalsium, yang membantu pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Selain itu, perannya juga dapat memengaruhi proses pertumbuhan dan mendapatkan massa tulang yang ideal. Sama seperti fungsi vitamin lainnya, vitamin D juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, produksi insulin dan pertumbuhan sel. Sejumlah susu dan minyak ikan merupakan sumber utama vitamin D, disamping sinar matahari pagi.

Vitamin E
Ini merupakan jenis vitamin terakhir yang sangat dibutuhkan seorang balita. Vitamin E berperan dalam menjaga tubuh dari serangan kuman dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat bagian tubuh luar terluka, vitamin E akan membantu aliran darah untuk melakukan proses penyembuhan. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin E.

Beri Komentar