6 Efek Samping Mentimun bagi Tubuh, Jangan Makan Berlebihan Ya!

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Selasa, 15 September 2020 09:47
6 Efek Samping Mentimun bagi Tubuh, Jangan Makan Berlebihan Ya!
Mentimun banyak dijumpai sebagai campuran lalapan di berbagai menu makanan Indonesia. Namun ternyata mentimun punya efek samping yang bisa berakibat bagi kesehatan loh. Simak ulasannya yuk.

Dream - Mentimun merupakan salah satu jenis lalapan yang banyak dijumpai di Indonesia.  Meski disajikan dengan berbagai sayuran mentah lainnya, ternyata mentimun masuk dalam kategori buah loh.

Buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini juga terkadang dijadikan campuran masker mata untuk menyegarkan mata yang kelelahan. 

Di balik berbagai manfaat mentimun, buah ini menyimpan efek samping lain bagi kesehatan. Sejumlah penelitian menyebut mentimun mengandung senyawa beracun yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. 

Apa saja kira-kira efek samping mentimun bagi kesehatan? Dream.co.id telah merangkumkan informasinya berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Efek Samping Mentimun

1. Mengandung Senyawa Beracun

Sejumlah penelitian menyebut bahwa mentimun memiliki kandungan yang beracun untuk tubuh, seperti cucurbitacin dan tetracylic triterpenoid. Kedua senyawa ini dikatakan mampu menimbulkan efek racun dalam tubuh dengan memberikan rasa pahit saat dikonsumsi. Para ahli menyebut mengonsumsi mentimun dalam kadar yang berlebihan tidak disarankan. 

2. Membuat Perut Kembung

Sering Merasa Kembung? Coba Redakan dengan Cara Ini© MEN

Efek samping makan mentimun selanjutnya yakni membuat perut menjadi kembung. Kandungan cucurbitacin dalam mentimun dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan, khususnya bagi orang yang pencernaannya sensitif.

Selain itu, cucurbitacin juga dikaitkan dengan kondisi perut kembung. Kalau Sahabat Dream kerap mengalami kembung karena mengonsumsi kubis, brokoli atau bawang, sebaiknya juga menghindari mengonsumsi mentimun berlebihan ya. 

2 dari 3 halaman

3. Kelebihan Vitamin C

Mentimun dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bermanfaat menjaga imunitas tubuh dari berbagai penyakit. Zat antikosidan yang terdapat pada mentimun juga punya manfaat untuk melawan radikal bebas.

Namun semua hal yang berlebihan tentu tidak baik kan. Jika mengonsumsi mentimun dalam jumlah banyak, vitamin C yang berlebihan malah berbahaya bagi tubuh lho. Konsumsilah mentimun secukupnya saja. 

4. Mengganggu proses pembekuan darah

Selain vitamin C, mentimun juga memiliki kandungan vitamin K yang lumayan tinggi. Jika mengonsumsi mentimun berlebihan, proses pembekuan darah dalam tubuh akan terganggu karena terlalu banyak vitamin K yang masuk.

 

3 dari 3 halaman

Kenali Gejala Alergi yang Kerap Terjadi di Musim Panas© MEN

5. Reaksi Alergi

Bagi sebagian orang, mengonsumsi mentimun dapat menyebabkan berbagai gangguan alergi, seperti ruam pada kulit, bengkak, hingga sesak napas. Jika Sahabat Dream merasakan gejala-gejala tersebut, hindarilah untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung mentimun.

Jika mengalami gejala yang sudah disebutkan, cobalah untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

6. Tubuh Kehilangan Cairan

Mentimun diketahui memiliki kadar air yang cukup tinggi. Namun ternyata dibalik fakta tersebut, mentimun dapat menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh lho.

Kandungan cucurbitin pada biji mentimun memiliki sifat diuretik yang menyebabkan seseorang lebih sering buang air kecil. Jika dikonsumsi berlebihan, tubuh juga akan bereaksi dengan buang air kecil terlalu sering, akibatnya tubuh akan kehilangan cairan. 

(Sah, Sumber Sehatq)

Beri Komentar