Waspadai! 5 Penyakit yang Mengintai di Musim Pancaroba

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 30 Oktober 2014 14:45
Waspadai! 5 Penyakit yang Mengintai di Musim Pancaroba
Cuaca yang tak menentu kerap menyebabkan sistem pertahanan tubuh melemah.

Dream - Pergantian musim dan cuaca dari kemarau ke hujan membuat kondisi daya tahan tubuh menurun dan rentan terserang berbagai penyakit. Banyak virus penyakit yang senang muncul di musim pancaroba.

Berikut ini penyakit yang mengintai Anda di musim pancaroba:

1. Demam Berdarah

Penyakit yang menular melalui perantara atau vektor
ini harus benar-benar diwaspadai, karena dapat berdampak fatal pada kesehatan tubuh kita.

Penyakit demam berdarah disebabkan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa Virus Dengue, maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kekebalan tubuh tetap tejaga.

2. Leptospirosis

Yang membuatnya marak terjadi ialah kencing tikus yang terbawa aliran air hujan dan kemudian meluas.

Bakteri yang ditimbulkan dapat menyerang organ tubuh manusia seperti ginjal dan hati. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah mulanya sama seperti diare.

Kemudian kulit akan mengering dan mengkuning. Menyembuhkan penyakit ini memerlukan obat antibiotik dengan dosis yang dianjurkan dokter.

3. Tifus

Penyakit tipus ini merupakan lanjutan dari penyakit diare dan sangat berbahaya jika terlambat mendapatkan penanganan. Tak cuma sistem pencernaan yang diserang. Tapi sistem imunitas, sehingga tubuh akan menjadi lemas, lesu dan tak bertenaga.

4. Diare

Diare merupakan salah satu penyakit langganan saat musim pancaroba. Hal ini disebabkan bakteri Shigella dysentria, Salmonella Spp, Compylobacter jejui, Escherichia coli (E coli), dan Entamoeba histolytic.

Penyakit ini biasanya menyerang bagian usus dan lambung yang dapat menyebabkan seseorang buang air secara terus menerus. Seseorang menjadi kekurangan cairan di dalam tubuh. Untuk mengatasinya perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat dan cairan.

5. Penyakit Kulit

Selain diare, penyakit kulit juga harus diwaspadai. Biasanya menyerang melalu air yang terkontaminasi bakteri dan jamur. Agar terhindar Anda harus rutin dalam membersihkan bak tempat mandi.

Nah, agar tidak terkena penyakit-penyakit yang marak di musim pancaroba, sebaiknya menjaga ketahanan tubuh dan membiasakan perilaku hidup bersih (PHBS).

Upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga stamina, beristirahat cukup, makan makanan bergizi, serta mengonsumsi multivitamin.


Sedangkan PHBS dapat dilakukan dengan mencuci tangan dan menutupi mulut atau hidung ketika bersin.

(Berbagai sumber)

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal