6 Tanda Sakit Perut Tak Normal, Bukan Masalah Pencernaan Saja

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 18 September 2019 17:04
6 Tanda Sakit Perut Tak Normal, Bukan Masalah Pencernaan Saja
Sakit perut sangat wajar terjadi, namun ada beberapa tanda sakit perut tak wajar yang harus kita waspadai. Apa saja?

Dream- Umumnya, sakit perut terjadi karena gangguan pencernaan atau bisa juga dikarenakan penumpukan gas berlebih dari karbohidrat yang dikonsumsi. Hal tersebut sangat wajar, tapi ada saat di mana sakit perut harus diwaspadai.

Gangguan pada sistem pencernaan tubuh yang menyebabkan sakit perut, ada bermacam-macam, bisa karena peradangan, infeksi atau penyumbatan di salah satu organ. Kondisi tersebut akan memicu rasa sakit, nyeri, dan kram di area sekitar perut, mulai dari pinggang hingga perut bagian atas.

Kemunculan sakit perut ini biasanya berpusat pada bagian tertentu. Tanda sakit tersebut bisa merujuk pada gejala penyakit lain lebih dari sekadar sakit perut biasa. Misalnya saja sakit perut bagian kanan bawah, bisa jadi tanda usus buntu, dan masih banyak contoh lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang tanda sakit perut yang tak normal tersebut, coba cek dulu 6 tanda sakit perut berikut ini.

1 dari 6 halaman

Tanda Sakit Perut berupa Nyeri Setelah Makan Terlalu Banyak

 Tanda Sakit Perut

Apakah Sahabat Dream pernah mengalami sakit perut berupa nyeri yang datang setelah kita makan banyak? Jika pernah, bisa jadi itu disebabkan oleh penyumbatan kantong empedu yang terletak di bawah hati.

Fungsi kantong empedu ialah untuk menyimpan cairan empedu dan menyalurkannya ke usus kecil untuk mencerna lemak. Seperti yang disampaikan oleh Hardeep Singh, Ahli Gastroenterologi Rumah Sakit St. Joseph, apabila sakit perut muncul setelah makan dalam porsi besar bisa jadi kantung empedu mengalami masalah.

Masalah tersebut bisa berupa peradangan dan penyumbatan kantong empedu oleh makanan yang dikonsumsi. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit, perih dan nyeri di perut bagian sisi kanan. Rasa sakit ini juga akan terasa sampai seluruh bagian perut.

2 dari 6 halaman

Tanda Sakit Perut berupa Nyeri di Perut Bagian Atas

 Tanda Sakit Perut

Tanda sakit perut tak normal lainnya ialah rasa sakit perut yang samar di bagian atas perut hingga pertengahan. Rasa sakit ini kadang dianggap sepele dan diabaikan. Tapi, kalau tanda sakit perut ini diikuti dengan mual serta sendawa, bisa jadi itu tanda awal serangan jantung.

Selain mual dan sedawa, tanda sakit perut ini juga akan disusul dengan nyeri punggung, sesak napas hingga muntah-muntah. Apabila sudah sampai pada tahap ini, perawatan darurat sangat diperlukan. Segera bawa ke UGD untuk mendapatkan penanganan tepat.

Seperti yang disampaikan oleh Robert Glatter, Juru Bicara College of Emergency Physicians, untuk mengatasi tanda sakit perut ini, kita bisa melakukan pemeriksaan EKG sederhana untuk mengetahui kondisi jantung.

3 dari 6 halaman

Tanda Sakit Perut berupa Kram saat Diare

Bagi sebagian perempuan, kram perut sangat wajar dialami terutama saat mendekati tanggal menstruasi. Tapi apa jadinya kalau kram terjadi saat terkena diare? Apa itu hal yang wajar?


Menurut Dr. Singh, tanda sakit perut berupa kram yang terjadi saat diare atau sembelit, mengindikasikan adanya iritasi di usus besar. Apabila mengalami tanda sakit perut satu ini, disaran kan untuk memeriksakan diri ke dokter.

 Tanda Sakit Perut

Umumnya dokter akan menyarankan obat pereda rasa sakit dan juga obat untuk diare atau sembelit. Untuk mencegah datangnya kram saat diare, lakukan juga diet sehat dan pengendalian stres, karena hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan.

4 dari 6 halaman

Tanda Sakit Perut yang Muncul Tiba-tiba

Sakit perut yang datang tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, patut untuk diwaspadai, terlebih jika memiliki riwayat penyakit ulkus peptikum, yaitu kondisi di mana perut mengalami perforasi atau lubang kecil. Jika benar ada perforasi di organ pencernaan, maka penanganannya ialah dengan operasi bedah darurat.

  7 Cara Mengatasi Sakit Perut di Pagi Hari

Apabila tidak segera dilakukan operasi bedah, akan memperburuk kondisi kesehatan dan menyebabkan penyakit peritonitis, yaitu peradangan pada peritoneum karena infeksi bakteri atau jamur. Peradangan ini berupa selaput yang menutupi organ-organ di perut, sehingga rasa sakit akan bertambah parah.

Kabar buruknya, kalau sampai rongga perut terkontaminasi peradangan ini, akan menyebabkan syok septik. Kondisi tersebut akan melemahkan fungsi organ tubuh lain, dan menyebabkan kematian. Jalan satu-satunya ialah dengan operasi bedah.

5 dari 6 halaman

Tanda Sakit Perut berupa Nyeri di Perut Bagian Bawah

 Tanda Sakit Perut

Sakit perut di bagian kanan bawah bisa jadi pertanda usus buntu, sakit perut di bagian kiri bawah bisa jadi pertanda adanya masalah pada usus besar, tepatnya di divertikula. Kondisi tersebut dinamakan sebagai diverticulitis, yaitu peradangan yang disebabkan karena sumbatan atau lubang di divertikula.

Penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dengan baik, jadi salah satu penyebab diverticulitis. Untuk mengatasi kondisi ini, dokter akan memberikan suntikan antibiotik untuk melunakan feses yang menumpuk dan untuk mengurangi risiko infeksi.

Selain dengan antibiotik, dokter juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen. Apabila rasa sakit masih terasa, dokter akan melakukan penanganan lebih lanjut sesuai dengan kondisi pasien.  

6 dari 6 halaman

Tanda Sakit Perut Berkaitan dengan Berat Badan

 Tanda Sakit Perut

Tanda sakit perut tidak normal selanjutnya ialah muncul rasa sakit seperti ditusuk pada bagian perut yang disertai penurunan berat badan drastis. Kondisi tersebut perlu diwaspadai, apabila memiliki riwayat penyakit radang usus.

Tak berhenti di situ, apabila rasa sakit masih berlanjut dan diikuti dengan kemunculan darah pada tinja dan anemia, Anda perlu waspada. Gejala tersebut bisa jadi tanda kanker atau bahkan penyakit yang lebih serius lainnya.

Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat setelah mengalami hal tersebut, periksakan diri pada dokter dan segera lakukan perawatan yang tepat. Jangan abaikan tanda-tanda sakit perut tersebut, ya Sahabat Dream. (mut)

Sumber: Medical Daily

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis