Weekend Getaway di Kaohsiung, 9 Destinasi Terbaik Ini Sempurnakan Liburanmu

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 14 Januari 2020 15:33
Weekend Getaway di Kaohsiung, 9 Destinasi Terbaik Ini Sempurnakan Liburanmu
Kira-kira seperti apa sih pemandangan memanjakan yang bisa kamu nikmati di Kaohsiung? Ini ulasannya!

Bagi Muslim traveler yang belum pernah berkunjung ke Taiwan, mungkin belum bisa membayangkan pesona yang dimiliki oleh Kaohsiung. Sebagai kota terbesar kedua di negara tersebut, Kaohsiung menyajikan keindahan nyata seperti yang ada di negeri dongeng. Kota metropolis internasional yang berada di ujung selatan Taiwan dan dikenal sebagai ibukota kelautan di Taiwan memadukan dua etnis mayoritas, yaitu kaum Hokkian dan Hakka. Ada juga suku-suku aborigin seperti Pingpu, Tsou, Rukai, Bunun, dan Paiwan.

Bicara soal obyek wisata, Kaohsiung nggak bisa dipandang sebelah mata. Kota ini menyajikan sederet destinasi ala negeri dongeng yang dijamin bikin liburan makin sempurna. Muslim traveler pun nggak perlu khawatir saat mengunjungi kawasan tersebut karena ada hampir lima ribu umat Muslim yang ada di Kaohsiung. Bahkan, sebagian besar adalah orang Indonesia, lho! Nggak perlu bingung mencari makanan halal karena restoran yang memiliki sertifikasi halal ada banyak dalam jangkauan. Ada juga Masjid Kaohsiung yang menjadi salah satu dari masjid terbesar di Taiwan untuk menunaikan ibadah salat.

Kira-kira seperti apa sih pemandangan memanjakan yang bisa kamu nikmati di Kaohsiung? Lanskap pegunungan yang dipadukan dengan samudera, sungai, dan atraksi budaya bisa kamu temukan dengan mengunjungi 9 destinasi ini, Sahabat Dream!

1. Sungai Cinta

©Taiwan Tourism Board

Dikenal juga sebagai Ai He atau Love River, sungai yang satu ini memiliki keindahan yang dijamin bikin siapapun terpesona. Saat masa Dinasti Qing, sungai ini dikenal dengan nama Dagou. Kini, Love River semakin dipercantik dengan kehadiran taman indah, bahkan sering menjadi spot romantis favorit para pasangan.

Suasana makin menakjubkan jika kamu datang pada malam hari. Cobalah sensasi naik perahu dari pantai timur ke barat, siap-siap dimanjakan dengan pemandangan romantis ditemani pendar cahaya lampu. Jika sudah puas menjelajah di pantai, saatnya bersantai di kafe dengan konsep unik, yaitu kafe sastra dan lapangan seni. Di sini kamu bisa menikmati kopi sambil menikmati musik yang memberikan pengalaman baru selama liburan di Taiwan.

Akses menuju ke sana: naik kereta TRA ke stasiun Kaohsiung lalu transfer ke Kaohsiung Metro menuju City Council. 

2. Danau Cheng Qing

©Taiwan Tourism Board

Mengunjungi Kaohsiung rasanya belum lengkap jika nggak mampir ke Danau Cheng Qing yang merupakan danau terbesar di kawasan tersebut. Berukuran lebih dari 300 hektar, ada jalan raya sepanjang 7km yang mengitarinya. Suasana teduh dan tenang bisa dirasakan saat mengunjungi spot yang satu ini. Jembatan dengan Sembilan Kelokan adalah atraksi paling populer dan kerap menjadi pusat perhatian para pengunjung saat datang ke sana. Atraksi yang satu ini adalah sebuah jembatan sepanjang 230 meter yang memiliki Sembilan kelokan. Nah, penasaran kan?

Di area bawah bukit ada sebuah akuarium yang dulunya dibangun sebagai bunker anti nuklir bawah tanah. Ada sebuah terowongan sepanjang 200 meter yang diubah menjadi akuarium untuk wisatawan. Di tempat ini kamu bisa mengamati berbagai organisme laut di delapan area. Di antaranya hewan khusus, harta karun laut, kerang, karang, bebatuan unik, dan paus sperm. Bisa jadi wisata edukasi untuk anak-anak nih!

Akses menuju ke sana: turun di MRT Station Aozihdi, keluar ke Exit 2 lanjut naik bis Red-33 ke halte Chengqing Lake.

3. Desa Wisata Meinong

©Taiwan Tourism Board

Di desa asli suku Hakka ini kamu bisa menikmati budaya Hakka yang bersejarah, panorama alam pedesaan, dan penduduk yang ramah dan sederhana. Semuanya tersaji lengkap menjadi sebuah atraksi yang membuat Desa Wisata Meinong populer di kalangan wisatawan. Ingin merasakan sensasi liburan di desa yang maksimal? Jalan kakilah keliling desa dan ikuti kegiatan sehari-hari penduduk lokal. Dijamin bakal jadi pengalaman tersendiri deh!

Hal lain yang menjadi daya tarik desa wisata adalah kondisi perairan yang baik dan tanah yang subur. Kamu bisa mencicipi hasil bercocok tanam seperti padi, sayur, dan buah-buahan yang berkualitas selama berada di sana. Apalagi jika sudah diolah menjadi masakan khas suku Hakka, pasti bikin ketagihan.

Akses menuju ke sana: Naik kereta ke stasiun Kaohsiung, lalu transfer dengan bis menuju stasiun bus Meinong.

4. Danau Lotus

©Taiwan Tourism Board

Ada keunikan tersendiri yang disajikan danau yang satu ini. Di sana kamu bisa menemukan banyaknya kuil, mulai dari Kuil Konfusius di tepi utara, Pagoda Naga dan Harimau di Selatan, serta Paviliun Musim Semi dan Musim Gugur. Pemandangan paling indah bisa dinikmati saat melihat siluet matahari terbenam di air. Nggak jauh dari danau, kamu bisa menyaksikan reruntuhan tembok dan gerbang Fengshan yang sudah ditetapkan sebagai situs bersejarah.

Jangan lupa sempatkan diri buat mampir mengunjungi Paviliun Musim Semi dan Musim Gugur yang keduanya didedikasikan untuk Kwan Kong, Dewa Perang, dan Dewi Welas Asih alias Kuan Im yang digambarkan di atas awan menunggang seekor naga.

Selain itu, sekitar 700 meter di selatan Paviliun Musim Semi dan Musim Gugur adalah Pagoda Naga dan Harimau. Di sini kamu akan disapa dengan mulut naga sebagai pintu masuknya dan mulut harimau yang menjadi pintu keluar. Ada makna tersendiri dari proses masuk mulut naga dan keluar di mulut harimau ini, yaitu melambangkan mengubah nasib buruk menjadi keberuntungan. Di dalam pagoda ini ada banyak kisah kebajikan dan pemandangangan surga serta neraka yang menjadi pengingat untuk setiap orang untuk melakukan perbuatan baik selama hidup.

Akses menuju ke sana: Kereta TRA turun di stasiun Xinzuoying

5. Taman Nasional Shoushan

©Taiwan Tourism Board

Kawasan ini merupakan perbukitan dengan karakter geologis yang mirip terumbu karang. Ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu temukan di sana, seperti Taman Shoushan, Kuil Martir, Kebun Binatang, Kuil Qianguang, dan Kuil Yuanheng. Pastinya bakal jadi destinasi liburan yang nggak ada bosennya deh.

Cobalah berjalan di sepanjang jalan setapak sebelah Kebun Binatang Shoushan. Nantinya, kamu akan disambut dengan area gua batu kapur. Ikuti alur gua batu yang sempit dan berkelok, siapkan diri disambut dengan kristal bebatuan warna susu seperti stalagmit dan pilar batu yang menawarkan keajaiban tersendiri. Jika sampai ke puncak, kamu akan menemukan spot cantik untuk berfoto dan melihat pemandangan kota Kaohsiung.

Cara ke sana: Naik kereta TRA ke stasiun Kaohsiung lalu naik bus nomor 56 ke stasiun Shou Shan Zoo.

6. Tianliao Moon World

©Taiwan Tourism Board

Sekilas pemandangan yang tampak hanya perbukitan gersang. Tapi, jangan dianggap sebelah mata. Pasalnya, spot yang berada di antara Desa Chongde dan Gutin di distrik Tianliao ini memiliki keindahan tersendiri karena mirip dengan permukaan bulan. Wah, bikin penasaran kan?

Bentuk tersebut disebabkan oleh erosi kuat yang disebabkan oleh hujan dan aliran air selama bertahun-tahun dan juga aktivitas kerak bumi. Tianliao Moon World terletak di lembah anak sungai kecil Erren. Dulu, tempat ini memiliki bendungan untuk menyimpan air saat hujan yang disebut sebagai yue-jin-nong-tang atau Tambak Pertanian di Bulan. Tapi kini bendungan tersebut sudah hanyut karena tergerus hujan terus-menerus.

Di spot tersebut, kamu juga bisa menyaksikan bangunan Lan-Yue-Lou bergaya China yang menjadi tempat peristirahatan sambil menikmati pemandangan. Kamu juga bisa mampir mengunjungi Kuil Rihyue, Kuil Fongyue, Mata Air Nihuo, Mata Air Nihuo Spring (Api di mata air lumpur), dan area kemah buat para pengunjung. Keunikan bisa kamu temukan saat diselenggarakannya pertunjukan lampu yang menarik.

Akses menuju ke sana: Naik kereta TRA ke stasiun Kaohsiung, lalu naik bis ke arah Chishan, berhenti di halte Moon World.

7. Dome of Light

©Taiwan Tourism Board

Mengunjungi Dome of Light, kamu akan disambut dengan stasiun paling Instagramable di dunia. Tempat ini adalah karya seniman kaca ternama, yaitu Narcissus Quagliata dari Amerika. Kubah tersebut menjadi instalasi seni terbesar yang terbuat dari kaca berwarna. Nggak hanya bikin stasiun makin hits, tapi juga memberikan ruang dimensi baru pada kehidupan seni di kota Kaohsiung.

Kubah tersebut memiliki cerita tentang kehidupan manusia yang tersusun dalam empat tema besar, yaitu Air: Rahim Kehidupan, Tanah: Kekayaan dan Pertumbuhan, Cahay: Semangat Kreatif, dan Api: Penghancuran dan Kelahiran Kembali. Pesan yang diusung adalah cinta dan toleransi terhadap sesama.

Akses menuju ke sana: kereta TRA ke stasiun Kaohsiung, lalu transfer ke Kaohsiung Metro menuju stasiun Formosa Boulevard.

8. Pasar Malam

©Taiwan Tourism Board

Taiwan memang dikenal sebagai negara yang penuh kemeriahan pasar malam. Suasana tersebut nggak hanya bisa ditemukan di Taipei saja. Kaohsiung juga memiliki kejutan night market yang meriah, seperti yang bisa ditemukan di Liuhe dekat stasiun kereta Kaohsiung atau Xing Zhong.  Nikmati sensasi mencicipi hidangan lokal dan belanja oleh-oleh yang pastinya seru banget. Jangan lupa rasakan lezatnya jus susu papaya dan camilan udang asin yang khas di sana.

9. Wisata Kuliner

©Taiwan Tourism Board

Nggak perlu bingung saat mencari makanan halal di Kaohsiung karena ada beberapa rekomendasi resto bersertifikat halal yang wajib dicobain. Misalnya saja Gao Ji Halal Restaurant yang dikenal dengan plating lezatnya mulai dari dimsum, bebek, lamian, hingga olahan nasi ayam yang khas dari negara tersebut.

Ada juga Jawawa Indonesian Restaurant yang menyajikan beragam masakan khas tanah air. Jika berkunjung ke Chen Lili Indonesian Restaurant, kamu bisa menikmati sajian nasi tumpeng, nasi kuning, dan nasi uduk. Bahkan, ada juga beberapa hidangan yang laku di kalangan penduduk asli Kaohsiung, yaitu bebek, ikan bakar, bakso, dan sate. 

Wah, seru banget kan menikmati weekend getaway di Kaohsiung! Dijamin nggak bakal mati gaya karena ada 9 destinasi yang bakal memberikan pengalaman seru selama traveling di Taiwan. Akses menuju Kaohsiung juga gampang. Jadi tunggu apa lagi? Siap merencanakan petualanganmu di Taiwan, Sahabat Dream?

Beri Komentar