Yuk, Kenali Penyebab Haid Terlambat dan Solusinya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 14 Juni 2019 13:12
Yuk, Kenali Penyebab Haid Terlambat dan Solusinya
Sabahat Dream pernah terlambat haid? Jangan panik dulu.

Dream- Haid atau menstruasi sudah sewajarnya dialami oleh perempuan yang sudah menginjak usia remaja. Rata-rata perempuan berusia 12 – 15 tahun akan mengalami masa haid pertamanya, namun karena pengaruh beberapa faktor seperti keturunan dan asupan gizi, haid pertama bisa saja dialami lebih awal yaitu di usia 8 tahun.

Haid, lazim terjadi apabila tidak adanya pembuahan sel telur oleh sperma, sehingga dinding rahim atau endometrium meluruh bersama darah dan keluar melalui vagina. Proses inilah yang dinamakan menstruasi atau haid, dan normalnya terjadi dalam beberapa hari di setiap bulan.

 Perempuan


Siklus haid setiap perempuan juga berbeda-beda. Normalnya perempuan mengalami haid selama 3 sampai 7 hari dengan panjang siklus haid 21 hingga 35 hari. Jadi, untuk para perempuan jangan langsung panik apabila tanggal haid berbeda-beda setiap bulannya, kadang maju atau kadang mundur. Hal ini normal terjadi, karena panjang siklus haid yang berbeda-beda setiap bulannya.

Selama panjang siklus masih berada di batas normal antara 21 hari hingga 35 hari, kita tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan. Namun, kalau panjang siklus haid sudah melewati batas 35 hari, kita perlu was-was. Ada banyak penyebab terlambatnya haid, sebelum terlalu panik, coba baca dulu penyebab-penyebab haid terlambat di bawah ini:

1 dari 4 halaman

Penyebab Haid Terlambat Karena Hamil

Penyebab ini hanya berlaku bagi perempuan yang sudah menikah dan atau perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan badan dengan laki-laki. Apabila haid datang terlambat lebih dari sepekan, tidak ada salahnya mencoba test pack.

 Perempuan berhijab


Penyebab yang satu ini tentu bukan kabar buruk bagi perempuan yang sudah menikah dan sedang menantikan buah hati. Jadi, kalau kamu adalah perempuan lajang yang terlambat haid, jangan langsung berpikir sedang hamil.


Ingat-ingat terlebih dahulu, dalam beberapa pekan terakhir, pernah berhubungan badan dengan laki-laki atau belum. Kalau belum pernah, bisa jadi haid anda terlambat karena penyebab yang lain, seperti beberapa poin di bawah.

2 dari 4 halaman

Karena Stres dan Pola Hidup Tidak Sehat

Emansipasi perempuan memang sudah berkembang, banyak perempuan yang ikut aktif dalam organisasi dan ada pula yang memilih menjadi wanita karir. Karena pilihan jalan hidup yang memilih kesibukan, terkadang membuat beban pikiran para perempuan yang aktif bekerja dan berorganisasi lebih berat.

 Terlambat Haid


Beban pikiran inilah yang terkadang memicu terjadinya stress, sehingga akan mempengaruhi keseimbangan hormon kewanitaan, yaitu esterogen dan progesteron.

Ada banyak penyebab stres, tidak hanya beban pekerjaan dan tugas kuliah, bisa juga karena masalah asmara yang berkepanjangan yang mengendap dalam hati dan pikiran. Cara mengatasi masalah haid karena stress adalah dengan mengurangi stres, salah satunya selalu berpikir positif.

Di zaman serba mudah dan cepat ini, tentu saja akan mempengaruhi pola hidup perempuan. Makanan cepat saji, kurang aktivitas fisik, kerja lembur, kurang waktu istirahat, merokok, dan minum minuman keras, menjadi life style untuk sebagian perempuan di perkotaan. Apabila pola hidup seperti ini terus dilakukan, akan mempengaruhi keseimbangan hormaon yang menyebabkan terlambatnya haid.

Solusi mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Mengonsumsi sayur dan buah, berolahraga secukupnya, istirahat yang cukup, mengurangi rokok dan minuman keras bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

3 dari 4 halaman

Masalah Berat Badan dan Olah Raga Berlebih

Masalah berat badan memang selalu menjadi masalah bagi sebagian besar perempuan. Kaum hawa sangat sensitif dengan pertanyaan-pertanyaan terkait berat badan. Namun, hal ini memang harus diperhatikan.

Bukan berarti yang berbadan gemuk itu tidak ideal, atau berbadan kurus itu ideal. Dalam masalah terlambat haid, berat badan badan yang berlebihan akan mengganggu siklus haid. Berlebihan dalam konteks ini adalah berlebihan besar atau gemuk, dan berlebihan kurus. Terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mempengaruhi siklus haid.

Terlebih perempuan yang berdiet ketat, menurut dr. Vyas dari Houston Methodist Obstetrics and Gynecology Associates yang dilansir dari laman Doktersehat, kehilangan berat badan dapat mematikan Hormone Stimulasi Folikel (FSH) dan Hormon Luteinizing (LH) yang berfungsi mengatur ovarium atau Rahim. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya haid yang terlambat dan tidak teratur, menjaga berat bada di angka ideal bisa menjadi solusi. Usahakan berat badan anda tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

 Terlambat Haid


Selain itu, Olah raga memang menjadi aktivitas yang dapat menyegarkan dan menyehatkan badan. Namun tahukah anda kalau olah raga berlebih dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid dan menyebabkan haid tidak teratur atau sering terlambat.


Hal ini terjadi karena olah raga berat dan berlebihan dapat memicu resiko terhadinya amenorrhea, yaitu kondisi di mana seorang perempuan tidak mengalami haid selama tiga siklus berturut-turut atau lebih. Sehingga kondisi ini akan menyebabkan haid datang terlambat.


Hal ini umum terjadi pada atlet, namun jarang terjadi pada perempuan normal dengan intensitas kegiatan yang lebih ringan. Cara untuk mengatasinya, adalah dengan berolah raga sewajarnya dan semampunya. Jangan terlalu memaksakan kerja fisik yang berlebihan dan istirahat yang cukup.

4 dari 4 halaman

Terkena PCOS

Polycystic Ovary Syndrom (PCOS) merupakan sindrom yang terjadi pada perempuan akibat ketidak seimbangan hormon kehamilan, di mana folikel tambahan yang dimiliki akan membuat sel telur lepas lebih lama dari biasanya. Atau bahkan tidak adanya sel telur, sehingga tidak terjadi peluruhan maupun pembuahan.

 Terlambat Haid


Gejala yang dialami penderita PCOS bermula dari tidak teraturnya siklus haid, berlanjut ke semakin bertambahnya hormon androgen dalam tubuh, dan muncul kista pada ovarium. Solusi tepat untuk masalah ini adalah pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan, sehingga mendapat penanganan yang tepat.

Terlambat haid atau datang bulan memang menjadi masalah serius bagi perempuan, karena terkait kesuburan dan masa depan keturunannya. Namun, sebagai perempuan juga harus pandai merawat diri. Menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi solusi paling mudah dan aman untuk mencegah terjadinya masalah seperti ini. Jadi ayo hidup sehat, girls!

Sumber: Health Line

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri