Kisah Kematian Nabi Sulaiman yang Tak Diketahui Siapapun

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 8 Januari 2016 07:03
Kisah Kematian Nabi Sulaiman yang Tak Diketahui Siapapun
Sulaiman dikenal sebagai nabi yang kaya raya, memiliki kerajaan megah dan kekuasaan yang meliputi binatang serta jin. Namun tak banyak yang tahu mengenai kisah kematian beliau.

Dream - Mendengar nama Nabi Sulaiman AS, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah kerajaan yang megah, kekuasaannya yang meliputi binatang dan jin, serta misi dakwahnya terhadap Ratu Balqis.

Namun tahukah Anda mengenai kisah kematian beliau?

Dalam riwayat yang disebutkan dari Abu Malik, Abu Shalih, Ibnu Abbas, dari beberapa orang sahabat, Al Sadi menceritakan,

Nabi Sulaiman AS pernah menyendiri di Baitul Maqdis yang dibangun pada tahun keempat kekuasaannya. Beliau menyendiri selama satu atau dua tahun, satu atau dua bulan, atau kurang lebih selama itu. Beliau membawa masuk makanan dan minumannya. Pada hari pertama, ia bangun pagi kemudian menemukan di dalam Baitul Maqdis telah tumbuh sebuah pohon. Lalu beliau mendatangi pohon tersebut dan bertanya, " Siapa namamu?"

" Namaku ini dan ini," jawab pohon itu.

" Jika tumbuh, hanya sebagai tumbuhan ataukah sebagai obat?" ungkap Nabi Sulaiman.

Pohon itu berkata, " Aku tumbuh sebagai obat ini dan itu."

Demikianlah, hingga akhirnya sebatang pohon tersebut tumbuh dan diberi nama Al Kharubah (perusak). Lalu Nabi Sulaiman bertanya, " Siapa namamu?"

" Aku bernama Kharubah," jawab pohon itu.

" Untuk apa engkau tumbuh?" tanya Nabi Sulaiman.

" Aku tumbuh untuk merusak masjid ini," papar pohon tersebut.

Nabi Sulaiman pun berkata, " Allah tidak akan merusaknya selama aku masih hidup. Kamu yang pada wajahmu terdapat kebinasaanku dan kerusakan Baitul Maqdis."

Kemudian Nabi Sulaiman mencabut pohon tersebut dan menanamnya di dinding miliknya. Selanjutnya, Nabi Sulaiman masuk ke dalam mihrab dan berdiri salat seraya bersandar pada tongkatnya dan meninggal dunia tanpa diketahui oleh setan.

Kisah selengkapnya baca di sini.   

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
CARA MA'RUF AMIN MENINGKATKAN TENAGA KERJA INDONESIA