Cikal-bakal Tutorial Hijab Pashmina, 82 Tahun Lalu...

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 16 Mei 2016 06:27
Cikal-bakal Tutorial Hijab Pashmina, 82 Tahun Lalu...
Model yang dicontohkan dalam ilustrasi tersebut tak kalah dengan pemakaian hijab masa kini. Bagaimana menurut Anda?

Dream - Awal tahun 2010, penggunaan hijab mulai tren di kalangan muslimah di Tanah Air. Berbagai gaya dan tampilan penggunaan hijab pun muncul di berbagai media.

Banyak dari pemberi tutorial hijab, menawarkan berbagai gaya menggunakan hijab yang khas. Kata-kata tutorial hijab atau tata cara pengggunaan kerap muncul di mesin pencari Google.

Tetapi, tak banyak yang tahu, jauh sebelum munculnya berbagai buku, video atau artikel mengenai tata cara menggunakan hijab. Adalah Nyai Hj Siti Walidah Ahmad Dahlan, istri pendiri Muhammadiyah yang juga pahlawan nasional, KH Ahmad Dahlan. Walidah Ahmad Dahlan pernah menciptakan tata cara menggunakan hijab.

Dalam sebuah buku berjudul Muhammadiyah yang terbit 1934, Walidah membuat ilustrasi tata cara menggunakan hijab.

 

 

Menurut pengunggahnya, akun Facebook Website Sang Pencerah, Walidah mempelopori penggunaan jilbab syar'i.

 

 

" Padahal di zaman itu, ibu-ibu dan gadis-gadis muslimah yang mengenakan jilbab, masih banyak yang disampirkan seperti orang-orang di India," papar akun itu.

Dalam ilustrasi tata cara penggunaan hijab yang dibuat Walidah, ada delapan panel gambar perempuan yang menggunakan hijab. Uniknya, dalam tata cara penggunaan hijab itu, sang wanita yang menjadi gambar model menggunakan pakaian bergaya kebaya.

Berbagai komentar dari pengikut akun Sang Pencerah pun bermunculan. Salah satunya akun Sri Hastuti Fitriawati.

" Oh, ini nih sejarah tutorial hijab pasmina jaman sekarang. Sebab dulu belum ada jilbab instan. Heemm....," tulis dia.

Serupa dengan Sri, akun bernama Hena Alfarozi juga terkejut dengan adanya tata cara penggunaan hijab ini. " Eh, jaman dulu juga sudah ada teknik tutorial juga ya? Hebat eii," papar dia. (Ism) 

Beri Komentar