Potret Cantik Ayu Maulida, Utusan dari Indonesia untuk Miss Universe 2020

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 18 Mei 2021 17:47
Potret Cantik Ayu Maulida, Utusan dari Indonesia untuk Miss Universe 2020
Inilah sosok semi finalis Miss Universe dari Indonesia yang masuk 21 besar yang viral di dunia maya karena mengenakan kostum komodo

Dream - Raden Roro Ayu Maulida Puteri atau yang akrab disapa Ayuma baru-baru ini menjadi sorotan publik. Hal tersebut lantaran Ayuma mengenakan kostum Komodo di ajang Miss Universe 2020 yang digelar Seminole Hard Rock Hotel & Casino, Florida.

Dalam Ajang Miss Universe, Ayuma melawan 73 kontestan dari berbagai negara. Malam itu, Ayuma menampilkan kostum bertajuk ‘Komodo Dragon: An Indonesian Prehoistoric Heritage’ mengangkat eksotisme spesies langka yang hanya ada di Indonesia.

Banyak netizen yang terpukau dengan penampilan Ayuma saat sesi kostum tersebut. Mereka menilai Ayuma merupakan salah satu kandidat terkuat dan bisa keluar sebagai pemenang mengalahkan negara lainnya. Sayangnya, Ayuma terhenti di babak semifinal 21 besar.  Walau demikian, warganet tetap berterima kasih dan bangga atas perjuangan Ayuma yang telah mengharumkan nama bangsa.

Lantas seperti apa penampilan Ayu di ajang kontes kecantikan terakbar di seluruh dunia ini? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 8 halaman

1. Raden Roro Ayu Maulida Puteri

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Pemilik nama lengkap Raden Roro Ayu Maulida Puteri ini disebut potensial melenggang ke babak final. Dengan modal tinggi menjulang 179 sentimeter, wajah sangat Indonesia, cakap dalam public speaking, dan amat percaya diri, Ayu disebut bisa jadi kuda hitam selama penyelenggaraan Miss Universe 2020 ini. Namanya masuk dalam perbincangan pemerhati kontes kecantikan sejagat ini. 

2 dari 8 halaman

2. Kostum Komodo

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Ayu Maulida berkompetisi dengan kontestan negara lain dengan pakaian yang mereka kenakan. Salah satu kostum yang menjadi sorotan publik adalah kostum komodo yang beberapa waktu belakangan viral di dunia maya. Ayuma menampilkan kostum bertajuk ‘Komodo Dragon: An Indonesian Prehoistoric Heritage’ mengangkat eksotisme spesies langka yang hanya ada di Indonesia.

3 dari 8 halaman

3. Kolaborasi 3 Desainer Ternama

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Dilansir dari Fimela.com, kostum ini merupakan kolaborasi dari desainer Diana M. Putri dari Diana Couture dan desainer aksesori Yuling Hoo, serta Silvy Prajogo dari Le Ciel Design. Kostum yang diciptakan dibuat sedemikian rupa memakai payet tiga dimensi bernuansa hitam dan emas untuk menciptakan tekstur yang sama seperti kulit komodo. 

4 dari 8 halaman

4. Menyerupai Komodo Sungguhan

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Tak ketinggalan efek robotik pada area bahu yang memancarkan lampu bernuansa mewah menambah kemegahan dari kostum ini. Rupanya, busana komodo ini terbuat dari 5.000 keping potongan logam. 

Untuk headpiece, agar terkesan nyata, maka tiga jenis logam dilebur menjadi satu, memberikan efek dimensi yang menjanjikan. Bagian belakang kostum juga diindahkan dengan aksen ekor sepanjang dua meter yang terbuat dari kulit. Tak ketinggalan, bagian kepala juga terdapat lidah yang menjulur menyerupai komodo sesungguhnya. 

5 dari 8 halaman

5. Puteri Indonesia 2020

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Ayu Maulida Putri menjadi pemenang Puteri Indonesia 2020 pada 6 Maret 2020 lalu. Dia berhasil mengalahkan 38 kontestan dari berbagai daerah. Sebelum dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020, ia juga pernah meraih gelar juara dalam Asia Model Festival 2019 dan Face of Asia 2019.

6 dari 8 halaman

6. Memakai Baju Adat

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Kecantikan wanita kelahiran 11 Juli 1997 ini pun juga selalu terpancar dari wajahnya, terutama ketika ia mengenakan baju adat Indonesia. Wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur, ini tampil elegan dalam balutan busana adat Batak, Sumatera Utara. Ia mengenakan kain ulos di kepala dan dilengkapi dengan pernak-pernik kalung, serta anting bergaya klasik putri Batak.

7 dari 8 halaman

7. Kebaya Modern

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Ayu juga sering terlihat mengenakan kebaya modern karya Anne Avantie. Ini salah satu penampilannya yang terlihat elegan dalam model kebaya warna emas putih dan rok batik bernuansa hitam keemasan.

8 dari 8 halaman

8. Kostum di Acara Grand Final

Ilustrasi© Foto : instagram/ayumaulida97

Di ajang Grand Final Miss Universe 2020, Ayu Maulida tampil dengan backless dress berwarna putih yang menawan. Gaun yang dikenakan oleh wanita berusia 24 tahun ini pun memiliki makna yang mendalam.

Gaun yang memiliki nama 'Stardust' ini dirancang oleh desainer Sebastian Gunawan. Gaun ini terinspirasi dari serpihan bintang yang berkilau. Sehingga dapat memberikan perasaan magis seperti dalam mimpi dan memiliki kesan romantis karena adanya perpaduan antara emas dan perak yang berkilauan.

Gaun ini diharapkan dapat merepresentasikan semangat dan harapan Indonesia ketika Ayu melenggang di Grand Final Miss Universe 2020. Ia diibaratkan sebagai bintang yang diharapkan bisa bersinar terang mewakili Indonesia. (mut)

Beri Komentar