Ajak Masyarakat Bekurban #JadiManfaat, Chiki Fawzi hingga Mr. Jarwo Meriahkan Kurbanaval Persembahan dari Dompet Dhuafa

Reporter : Jeffreydien Winanda
Senin, 13 Juni 2022 15:41
Ajak Masyarakat Bekurban #JadiManfaat, Chiki Fawzi hingga Mr. Jarwo Meriahkan Kurbanaval Persembahan dari Dompet Dhuafa
Sederet keseruan dihadirkan dalam acara ini

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dompet Dhuafa kembali menggelar program Kurbanaval 2022 Tebar Hewan Kurban #JadiManfaat. Acara ini berlangsung pada hari Minggu (12/06) sore kemarin yang berlokasi di Sarinah, Jakarta.

Sederet keseruan dihadirkan dalam acara yang sudah digelar sejak tahun 1994 ini. Sederet edukasi yang berkaitan dengan hewan kurban, donasi, hingga guest star seru menjadikan momen ini dinikmati oleh pengunjung Sarinah yang hadir. Seperti apa sih keseruannya?

Hadirkan Tips Mengolah Daging Kurban

Dompet Dhuafa© 2022 Dompet Dhuafa

Terdapat banyak keseruan yang tersaji di program ini. Untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program Tebar Hewan Kurban (THK), terdapat tips mengolah daging kurban langsung dari ahlinya.

Tips ini menghadirkan Chef Aiko Sarwosri yang menghadirkan sederet menu untuk dihidangkan pada Idul Adha nanti. Selain itu, para pengunjung juga bisa mencicipi hasil olahannya langsung lho.

Ibadah Kurban Semakin Mudah dan Tuai Banyak Manfaat

Pada sesi talkshow yang berlangsung, Direktur Resource Mobilization (Remo) Dompet Dhuafa Etika Setiawanti menyampaikan jika terdapat tiga manfaat yang diusung Dompet Dhuafa dalam program ini. Manfaat tersebut antara lain bentuk kesetiaan kepada Allah yang disyariatkan dalam Islam, kemudian menumbuhkan nilai sosial antar sesama, serta meningkatkan nilai ekonomi bagi para peternak hewan kurban.

Tak hanya itu, Etika Setiawanti juga mengatakan jika berkurban di era sekarang menjadi lebih mudah. Hal ini disebabkan Dompet Dhuafa telah berinovasi dalam proses penerimaan hingga distribusi hewan kurban yang tetap sesuai dengan syariah Islam.

"Sahabat-sahabat semua tidak perlu khawatir. Dompet Dhuafa juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mempermudah ibadah kurban juga melaporkan hasilnya secara transparansi. Dompet Dhuafa hadir di berbagai pusat perbelanjaan, juga bisa melalui online di website dompetdhuafa.org maupun marketplace online lainnya. Semuanya dilakukan secara transparan. Para pekurban juga akan mendapatkan notifikasi laporan di mana hewan kurbannya telah dipotong dan disalurkan," jelas Etika.

Dompet Dhuafa Rencanakan Distribusi Hewan Kurban ke 34 Provinsi Tanah Air

Pada sesi talkshow kali ini, turut menghadirkan pula Ketua THK Dompet Dhuafa yaitu Dian Mulyadi. Dalam pernyataannya, Dompet Dhuafa akan mendistribusikan puluhan ribu ekor binatang kurban ke pelosok negeri.

“Pada Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa ini kami rencanakan dapat terdistribusi hingga ke pelosok negeri di 34 Provinsi. Tahun ini, kami menargetkan terdistribusinya 40.000 ekor kurban yang nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan daging kurban. Dengan kriteria: daerah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan), daerah yang mengalami defisit daging kurban, daerah eks bencana, kami akan menyalurkannya dalam bentuk hewan kurban hidup yang nanti disembelih dan didistribusikan berupa daging segar kepada masyarakat sekitar. Selain di wilayah Indonesia, kami juga akan mendistribusikan ke beberapa daerah di luar negeri”, sebut Ketua Tebar Hewan Kurban, Dian Mulyadi.

Hewan Kurban dari Dompet Dhuafa Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) memang membuat semua pihak jadi waswas. Namun Dompet Dhuafa memastikan hewan-hewan yang akan dikurbankan bebas dari penyakit apapun. Kandang-kandang sentra ternak DD Farm Dompet Dhuafa telah diberlakukan pengawasan secara ketat bekerjasama dengan dinas-dinas pemerintahan terkait juga dokter hewan. Selain itu, Dompet Dhuafa juga taat kepada segala bentuk instruksi dan ketentuan pelaksanaan kurban oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dian Mulyadi juga menambahkan jika berkurban melalui Dompet Dhuafa juga sekaligus turut mensejahterakan peternak lokal dari sektor ekonomi.

"Berkurban melalui Dompet Dhuafa berarti telah turut mensejahterakan para peternak lokal secara ekonomi khususnya. Lembaga riset kami, yaitu IDEAS, menyebutkan bahwa selama ini kurban banyak menumpuk di kota-kota besar. Nah, dengan adanya Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa memberdayakan dan membeli hewan kurban dari peternak-peternak lokal untuk menjangkau lokasi-lokasi terdekat yang jarang adanya aktivitas kurban," imbuhnya.

Pengalaman Berkesan Chiki Fawzi saat Ambil Bagian Distribusi Hewan Kurban

Dompet Dhuafa© Dompet Dhuafa

Dalam sesi kali ini, artis Chiki Fawi juga turut ambil bagian. Bukan baru bergabung, namun Chiki Fawzi telah beberapa kali turut melakukan pendistribusian hewan dan daging kurban ke pelosok negeri. Dirinya menceritakan jika kala itu ia hadir di pelosok Rontong NTT yang tak ada penyembelihan kurban selama bertahun-tahun.

"Setiap kali ikut distribusi Dompet Dhuafa ke daerah-daerah, saya selalu mendapatkan hal-hal baru yang sangat menarik untuk diceritakan. Yang memorable saat ikut distribusi THK adalah pasti akan ada hal yang membuat kita makin ingin menabung supaya setiap tahun bisa selalu ikut kurban. Karena manfaatnya yang sangat luar biasa," cetus penulis album Dimulai dari Mimpi tersebut.

Dimeriahkan Hiburan Istimewa

Dompet Dhuafa© Dompet Dhuafa

Kemeriahan Kurbanaval 2022 Tebar Hewan Kurban #JadiManfaat nggak berhenti di situ saja. Deretan performer istimewa memanjakan para pengunjung yang datang. Seperti performance dari Enau band yang mengajak para pengunjung Sarinah berdendang dengan lagu-lagu andalannya. Tercatat, ratusan pengunjung Sarinah memadati Kurabanaval hingga gelap menjelang adzan Maghrib (12/6/2022).

Sejak dimulai pertama kali pada 1994, sudah banyak manfaat yang dihadirkan dalam program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. Jutaan masyarakat telah merasakan nikmatnya daging kurban berkat banyaknya antusiasme yang mempercayakan kurban kepada Dompet Dhuafa. Ribuan peternak dan petani kecil telah terbantu kesejahteraannya dengan hadirnya THK di daerah-daerah pelosok.

Jadi, tunggu apa lagi, jadikan ibadahmu semakin bermanfaat dengan menyebarkan lebih luas manfaat THK bersama Dompet Dhuafa. Temukan informasi lengkapnya dengan mengunjungi situs https://dompetdhuafa.org/ atau bisa juga dengan menghubungi contact person Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285692951433), Fatzry (+6282122182919)

Beri Komentar