Bangkitkan Industri Fashion Muslim Daerah

Reporter : Putu Monik Arindasari
Kamis, 15 April 2021 06:35
Bangkitkan Industri Fashion Muslim Daerah
Menjelang Ramadan adalah waktu yang tepat, karena biasanya ini puncak bisnis Muslim fashion.

Dream - Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada banyak industri di Indonesia. Tak hanya kesehatan dan ekonomi, industri fashion juga terkena dampak pandemi yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini.

Untuk membangkitkan kembali geliat industri fashion khususnya pada beberapa daerah di Indonesia, pagelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 hadir kembali di Surabaya.

Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, mengungkapkan MUFFEST tahun ini ditargetkan untuk membangun industri fashion bukan hanya di ibukota Jakarta, tetapi juga daerah-daerah potensial lainnya.

" Kami sadar bahwa kami perlu bergandeng tangan, bergerak bersama dengan menyesuaikan perubahan kondisi sekarang sehingga industri fashion di Indonesia mulai menggeliat lagi," ujar Ali dalam konferensi Pers MUFFEST Surabaya, 2 April 2021.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga memberikan dukungan terhadap pameran serta fashion show busana Muslim yang diadakan di Surabaya tahun ini. Khofifah mengatakan kegiatan yang mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) sektor fashion Muslim ini sejalan dengan komitmen pemerintah Jawa Timur untuk memfasilitasi keberlangsungan UKM yang ada.

" Pemerintah Jatim sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini dan berterima kasih kepada IFC dan Dyandra yang telah memprakarsai untuk memulai kembali menggerakkan ekonomi kreatif, khususnya bidang fashion," tutur Gubernur yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial ini dalam kesempatan yang sama.

1 dari 1 halaman

Disambut Antusias Jelang Ramadan

MUFFEST Surabaya 2021© Istimewa

Kehadiran MUFFEST di Surabaya disambut antusias oleh pelaku industri fashion muslim yang berbasis di Jawa Timur. Melalui acara ini, para pelaku kreatif dan usaha berharap dapat menggiatkan kembali pasar busana muslim di tanah air khususnya momen yang potensial menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

" Menjelang Ramadan adalah waktu yang tepat, karena biasanya ini puncak bisnis Muslim fashion. Mudah-mudahan dengan MUFFEST datang ke daerah-daerah akan memudahkan pelaku usaha untuk berjualan dan konsumen untuk berbelanja," tambah desainer fashion, Yeti Topiah.

Tidak hanya menampilkan pameran fashion serta pagelaran fashion show, acara yang berlangsung dari tanggal 1 sampai 11 April 2021 di Pakuwon Mall Surabaya ini juga mengadakan seminar 'The New Beginning Trend Fashion 2021/2022" , serta talkshow inspiratif berjudul 'Zero Waste Fashion dan Hijab Creation'

Selain itu MUFFEST kali ini menampilkan bincang tentang Bisnis Kebaya dengan desainer Lenny Agustin, serta tips styling Sarung yang diadakan oleh IFC Community.

Beri Komentar