Beragam Kegunaan Minyak Sawit yang Jarang Diketahui Milenial

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 24 September 2021 14:07
Beragam Kegunaan Minyak Sawit yang Jarang Diketahui Milenial
Apa saja?

Kehadiran teknologi digital belakangan ini membuat arus informasi lebih cepat diterima oleh siapa saja, tak terkecuali para generasi milenial. Bahkan, tanpa harus menonton berita di TV, para milenial bisa dengan cepat mengetahui beragam kejadian terkini atau topik hangat yang sering jadi perbincangan, baik lewat media online, maupun hashtag yang kerap trending di media sosial.

Salah satu topik yang acapkali jadi bahasan adalah minyak sawit. Buat yang belum tahu, minyak sawit merupakan minyak nabati yang didapatkan dari mesocarp buah pohon kelapa sawit. Umumnya dari spesies Elaeis oleifera dan Attalea maripa. Minyak sawit secara alami berwarna merah, karena kandungan alfa dan beta-karotenoid yang tinggi.

Meski kerap jadi perbincangan, nyatanya tak sedikit milenial yang kurang begitu paham banyak kegunaan minyak sawit ini sendiri. Mungkin kebanyakan milenial akan mengira, jika minyak sawit ini hanya bisa dijadikan bahan baku minyak goreng saja. Padahal ada banyak sekali kegunaan minyak sawit lainnya yang masih jarang diketahui para milenial. Apa saja?

1 dari 2 halaman

Bahan Baku Produk Kebutuhan Sehari-Hari

BPDP© BPDP

Bisa jadi milenial tak menyadari jika produk yang digunakan sehari-hari ternyata mengandung minyak sawit. Benar saja, selain minyak goreng, bahan pokok lain berbahan dasar minyak sawit yang kerap digunakan di rumah, restoran maupun industri makanan adalah mentega. Selain itu, minyak sawit ini juga menjadi bahan baku dalam pembuatan sabun mandi, pasta gigi, hingga sampo yang juga sering digunakan sehari-hari.

Bahan Baku Produk Otomotif dan Bahan Bakar

Lebih lanjut, minyak sawit ini juga menjadi bahan baku untuk produk otomotif, seperti pelumas bagian luar mesin dan bahan campuran pada oli samping. Bukan itu saja, minyak sawit ini juga menjadi campuran bahan bakar biodiesel pada kendaraan niaga dan pertambangan. Biodiesel ini sendiri juga kerap dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang lebih ramah lingkungan.

2 dari 2 halaman

Bahan Baku Produk Kecantikan

BPDP© BPDP

Dari makeup atau pomade rambut yang sering digunakan sehari-hari oleh para milenial, tanpa disadari juga berbahan baku minyak sawit. Begitu juga dengan losion dan krim kulit, kedua produk kecantikan tersebut juga menggunakan minyak sawit sebagai salah satu bahan baku pembuatannya.

Bahan Baku Pembuatan Cat hingga Industri Baja

Kerennya lagi, minyak sawit ini juga menjadi bahan baku pembuatan cat, hingga industri baja. Khususnya untuk memberikan lapisan pada baja dan besi, agar menjadi lebih tahan terhadap karat dan juga korosi.

BPDP© BPDP

Nah, untuk membuktikan seberapa tahu milenial tentang minyak sawit ini, sebuah eksperimen sosial pun dibikin dengan melibatkan beberapa anak muda. Selain berprofesi sebagai wirusaha muda, juga ada mahasiswa. Mereka diminta menjawab beberapa pertanyaan dengan tahu atau tak tahu seputar minyak sawit.

Uniknya, sebagian besar tahu jika Indonesia merupakan negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, tetapi banyak yang tak tahu jika minyak sawit ternyata bisa digunakan sebagai bahan baku produk-produk tertentu. Selain itu, beberapa milenial ini juga tak tahu jika minyak sawit ternyata bagus buat kesehatan jantung.

BPDP© BPDP

Kira-kira, apakah kamu akan menjawab tahu atau tak tahu juga saat diberikan pertanyaan serupa? Simak langsung keseruannya sembari memperkaya wawasan soal minyak sawit dengan nonton videonya di sini.

Beri Komentar