Catat! 11 Tanda Penyakit Jantung Ini Tak Boleh Sampai Diabaikan

Reporter : Iwan Tantomi
Rabu, 27 Oktober 2021 17:48
Catat! 11 Tanda Penyakit Jantung Ini Tak Boleh Sampai Diabaikan
Catat baik-baik, ya!

Sekali atau dua kali kamu mungkin pernah menjumpai adegan orang yang mengalami serangan jantung dalam film. Biasanya adegan tersebut digambarkan dengan orang yang tampak kesakitan memegang bagian dadanya. Tak sedikit kemudian yang berakhir meninggal dunia.

Penyakit jantung memang dikenal mematikan. Apa yang terlihat dalam film memang bisa dialami oleh beberapa orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun, nyeri pada bagian dada bukanlah satu-satunya tanda adanya penyakit jantung.

Masih banyak orang yang belum menyadari, jika tanda-tanda penyakit jantung ini sebenarnya cukup beragam. Supaya lebih waspada, berikut beberapa tanda penyakit jantung yang tak boleh sampai diabaikan. Catat baik-baik, ya!

1 dari 5 halaman

1. Mengalami Sakit pada Rahang atau Tenggorokan

Shutterstock.com© Shutterstock.com

Gejala penyakit jantung pertama yang sering diabaikan adalah sakit pada rahang atau tenggorokan. Lebih-lebih jika sakit pada bagian rahang dan tenggorokan ini terjadi sebagai penjalaran rasa nyeri yang sebelumnya terjadi pada dada terlebih dulu. Jadi, jangan hanya berpikir sedang mengalami otot kaku, sinus, atau pilek kalau sampai mengalami gejala semacam itu, ya. 

2. Sering Pusing atau Pingsan

Tak kalah sering diabaikan adalah pusing atau pingsan yang terjadi tiba-tiba, disertai rasa tidak nyaman pada dada. Hal tersebut bisa diakibatkan karena jantung tak mampu memompa darah dengan baik. Apabila sampai mengalaminya berulang kali, mulailah waspada karena hal ini bisa menjadi gejala penyakit jantung.

© Dream
2 dari 5 halaman

3. Sakit Perut yang Disertai Mual dan Mulas

Shutterstock.com© Shutterstock.com

Gejala ini sebenarnya lebih sering dialami oleh perempuan. Namun, tak menutup kemungkinan laki-laki juga bisa mengalaminya. Apabila sering mengalami sakit perut yang disertai mual dan mulas, kondisi tersebut perlu diwaspadai sebagai salah satu gejala adanya penyakit jantung.

4. Sering Mendengkur saat Tidur

Lazimnya mendengkur terjadi saat tubuh begitu lelah, setelah beraktivitas berat. Namun, bilamana suara dengkurannya sangat keras, juga disertai dengan tersedak atau megap-megap, maka harus diwaspadai. Sebab, hal ini menjadi tanda sleep apnea, gangguan tidur yang membuat orang berhenti napas selama beberapa saat di malam hari. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tekanan pada organ jantung, sehingga tak boleh diabaikan bila sering mengalaminya.

3 dari 5 halaman

5. Rasa Nyeri yang Menjalar ke Lengan

Shutterstock.com© Shutterstock.com

Gejala penyakit jantung lainnya yang kerap diabaikan adalah munculnya rasa nyeri yang menjalar hingga ke lengan. Seringnya terjadi pada bagian tubuh sebelah kiri. Beberapa orang merasakan keluhan sakit pada dada sebelah kiri, kemudian menjalar ke lengan sebelah kiri. Apabila terjadi hal ini, maka jangan sampai disepelekan.

6. Betis, Telapak Tangan, dan Pergelangan Kaki Mengalami Pembengkakan

Ketika jantung tak mampu memompa darah dengan baik, pada bagian betis, telapak tangan, dan pergelangan kaki biasanya akan mengalami pembengkakan. Ini karena darah yang dipompa dari jantung kembali ke pembuluh darah. Imbas dari gangguan pada jantung ini, juga akan membuat organ ginjal kesulitan mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium dalam tubuh. Dampaknya, beberapa bagian tubuh jadi ikut mengalami pembengkakan.

© Dream
4 dari 5 halaman

7. Munculnya Keringat Dingin Tanpa Alasan Jelas

Shutterstock.com© Shutterstock.com

Tanda lainnya adalah munculnya keringat dingin tanpa alasan yang jelas. Apabila hal ini terjadi dengan disertai nyeri di bagian dada, maupun gejala penyakit jantung lainnya, maka jangan lagi diabaikan.

8. Bagian Dada yang Merasa Tak Nyaman

Jika bagian dada tiba-tiba merasa tak nyaman, jangan diabaikan. Terlebih jika munculnya beberapa kali. Bisa jadi ada sumbatan di bagian arteri jantung. Akibat rasa tak nyaman ini, biasanya akan timbul sesak, nyeri, sensasi terbakar, hingga tekanan pada dada. Biasanya, masalah ini akan berlangsung selama beberapa menit. Selain saat sedang beristirahat, rasa tak nyaman pada dada juga bisa dialami saat sedang berkegiatan.

5 dari 5 halaman

9. Batuk Secara Terus-Menerus

Shutterstock.com© Shutterstock.com

Beberapa orang ada yang mengalami batuk dalam kurun waktu lama. Apabila batuk juga disertai dahak warna putih atau merah muda, maka perlu diwaspadai. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda adanya gejala penyakit jantung. Batuk terus-menerus terjadi karena jantung tak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya, darah bocor dan kembali ke paru.

10. Detak Jantung Tak Teratur

Sebenarnya jantung yang berdetak kencang saat gugup atau terlalu bersemangat menjadi hal yang wajar. Namun, apabila berlangsung lebih dari beberapa detik, atau terjadi tanpa alasan yang pasti, maka jangan dianggap remeh. Sebab, detak jantung yang tak teratur bisa menjadi tanda gejala penyakit jantung.

11. Gampang Merasa Lelah

Gejala penyakit jantung lainnya yang juga kerap diabaikan adalah gampang merasa lelah. Misalnya napas jadi tersengal-sengal setelah naik tangga atau mengangkat benda tertentu, padahal sebelumnya tak pernah mengalami masalah semacam ini. Selain itu, jangan menganggap remeh kelelahan yang terjadi berhari-hari, karena bisa jadi tanda adanya penyakit jantung, terutama pada perempuan.

Beberapa gejala penyakit jantung itu pun biasa dialami oleh siapa saja, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. Yang pasti, jika sering mengalami hal-hal tersebut jangan tunda untuk segera periksa ke dokter. Biar lebih paham tentang tanda-tanda penyakit jantung ini, kamu bisa ikutan Webinar Zoom Halodoc tentang 'Gejala Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan?'.

Webinar ini akan menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya, yaitu dr. Nila Indah Gayatri Sp.JP., FIHA selaku Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, serta dr. Bambang Dwiputra, Sp.JP(K)., FIHA dari Klub Jantung Sehat. Acara makin seru dengan kehadiran Influencer Dian Ayuningtyas. Menariknya, peserta yang ikutan webinar ini tak hanya bebas bertanya tentang topik yang dibahas, tetapi juga berkesempatan gabung di WAG dan konsultasi langsung dengan dokter ahli di bidangnya.

Makanya, jangan sampai melewatkan webinar yang bakal dilangsungkan pada Kamis 28 Oktober 2021 jam 11.00 sampai 12.00 WIB ini. Buruan daftarkan dirimu sekarang juga di sini, Sahabat Dream. (Direview oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim)

© Dream
Beri Komentar