Daihatsu Ukir Sejarah, Market Share Ritel Tertinggi di Januari 2022

Reporter : Shania Suha Marwan
Jumat, 11 Februari 2022 19:36
Daihatsu Ukir Sejarah, Market Share Ritel Tertinggi di Januari 2022
Insentif PPnBM DTP atau bebas pajak mobil telah membantu mendorong penjualan mobil Daihatsu

Dream - Awal tahun 2022 akan menjadi momen yang takkan terlupakan oleh pabrikan Daihatsu. PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) melaporkan penjualan mobilnya mencatat pangsa pasar tertinggi dibandingkan merek mobil lainnya, sekaligus menjadi sejarah baru bagi perusahaan.

 

 

“ Kami juga mengapresiasi dukungan pemerintah atas kelanjutan insentif PPnBM yang diberikan yang terbukti telah meningkatkan pasar otomotif nasional secara signifikan selama tahun 2021 lalu,” ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso dalam Konferensi Press, Jumat, 11 Februari 2022.

Mengawali awal tahun 2022, pasar otomotif nasional dilaporkan mengalami kenaikan sekitar 45 persen menjadi sekitar 78 ribu unit. Untuk periode yang sama setahun lalu, penjualan mobil tercatat sekitar 54 ribu unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada Januari 2022 melaporkan segmen kendaraan yang mendominasi pasar di awal tahun ini didominasi SUV (Sport Utility Vehicle) yang berkontribusi sebesar 27 persen.

Disusul kendaraan Commercial (Niaga) sebesar 26 persen, MPV (Multi Purpose Vehicle) 25 persen, LCGC 16 persen, City Car 3 persen, dan segmen lainnya berkontribusi sebesar 3 persen.

Diharapkan pencapaian di awal tahun ini dapat terus meningkat secara bertahap hingga kembali ke level normal.

 

1 dari 2 halaman

Penjualan Ritel Daihatsu Cetak Rekor

Penjualan Ritel Daihatsu Cetak Rekor © Foto: Daihatsu Indonesia

Khusus untuk Daihatsu, pencapaian penjualan ritel di Januari 2022 dilaporkan sebanyak 17.506 unit atau naik 83,7 persen dibandingkan Januari 2021 lalu sejumlah 9.528 unit. Capaian tersebut menempatkan market share Daihatsu sebanyak 22,3 persen atau yang tertinggi sekaligus rekor bagi Daihatsu.

Untuk kontribusi model, penjualan Daihatsu pada Januari 2022 terbagi menjadi 2 komposisi dengan jenis kendaraan penumpang sebesar 71 persen dan kendaraan niaga 29 persen.

Khusus pada jenis mobil penumpang, penjualan Daihatsu secara berturut-turut didominasi oleh Sigra sebanyak 4,9 ribu unit dengan kontribusi 28 persen, Ayla 2,4 ribu unit (14%), All New Xenia 1,9 ribu unit (11%), Terios 1,3 ribu unit (8%), dan Rocky 1,2 ribu (7%).

Sedangkan pada jenis kendaraan niaga, terdapat Gran Max PU (Pick Up) yang berkontribusi 3,8 ribu unit (22%), disusul GM MB (termasuk Blind Van) 1,4 ribu unit (8%).

2 dari 2 halaman

Terpacu Insentif Bebas Pajak PPnBM

Terpacu Insentif Bebas Pajak PPnBM © Foto: Daihatsu Indonesia

Meningkatkan penjualan Daihatsu kali ini tak lepas dari keputusan pemerintah yang kembali melanjutkan pemberian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk jenis kendaraan LCGC (Low Cost Green Car), dan non LCGC.

Insentif kendaraan model LCGC ini diberikan lewat tiga tahapan dengan besaran PPnBM DTP yang berbeda. Pada kuartal I tarif PPnBM ditetapkan 0 persen atau bebas pajak, disusul kuartal II sebesar 1%, kuartal III (2%), dan kuartal IV tarif PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3%.

Untuk segmen ini, Daihatsu juga sudah mengajukan kedua model LCGC, Sigra dan Ayla, dengan keseluruhan total 22 varian agar masyarakat Indonesia dapat menikmati fasilitas tersebut.

Sedangkan untuk model non LCGC, insentif diberikan pada kuartal I dengan tarif PPnBM sebesar 7,5%, serta kuartal II hingga kuartal IV yang akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 15%. Model yang didaftarkan oleh Daihatsu, diantaranya All New Xenia, Rocky, dan Terios dengan total 29 varian.

Beri Komentar