Cara Memilih Sistem Akuntansi Terbaik
Dream - Usaha Kecil Menengah atau sering disingkat menjadi UMKM juga memerlukan sistem akuntansi terbaik. Menurut Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.
Karena itu, sebagai jenis bisnis kecil yang berdiri sendiri dan memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, pemilihan sistem akuntansi terbaik akan sangat membantu.
UMKM merupakan salah satu jenis bisnis yang menjadi ciri khas dan mempunyai banyak peminat di Indonesia. Untuk ukuran perekonomian Indonesia bisnis jenis ini memang sangat cocok karena mengeluarkan modal yang tidak terlalu banyak dan risiko kerugian yang minim.
UMKM di Indonesia ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan bisa memberikan lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar. Harapan terhadap UMKM yang semakin tinggi menuntut pegiatnya agar selalu berkreasi dan mampu mengadopsi teknologi untuk berbagai kegiatan bisnis seperti pemasaran, manajemen, pengelolaan keuangan dan lain sebagainya.
Terkhusus untuk tiga poin pertama tersebut, penggunaan sistem akuntansi bisa menjadi solusi terbaik demi mendukung bisnis tetap berkembang. Jangan menganggap bisnis yang dijalankan masih cukup kecil dan jumlah transaksi belum begitu banyak sehingga enggan untuk menggunakan.
Tidak perlu menjadi bisnis yang besar dahulu untuk mengaplikasikan sistem akuntansi, karena ini merupakan salah satu investasi berharga demi bisnis di masa depan.
Layaknya UMKM, penyedia sistem Akuntansi di Indonesia kian lama pun kian menjamur. Banyak sekali vendor yang bermunculan dan menawarkan keunggulannya masing-masing. Namun tidak semuanya cocok jika disandingkan dengan UMKM.
Oleh karena itu dibutuhkan ketelitian dalam memilih agar mendapatkan yang sesuai. Ada beberapa tips memilih sistem akuntansi untuk UMKM yang bisa dijadikan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut penjelasan lengkapnya.
Pilih Sistem yang Memiliki Fitur Khusus untuk UMKM
Hal pertama yang terpenting dalam memilih sistem akuntansi online adalah kelengkapan fiturnya. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu apakah sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan pada UMKM yang dijalankan? Apakah semua fiturnya berguna dan dapat Anda gunakan? Persempit pilihan sistem akuntansi yang akan digunakan.
Perlu diperhatikan, saat ini banyak sistem yang menawarkan fitur lengkap, namun pada kenyataannya tidak semua fitur itu digunakan. Hal ini tentu akan merugikan baik dari sisi fungsional maupun material.
Sebagai pemilik UMKM, setidaknya Anda harus memilih sistem akuntansi dengan beberapa fitur seperti di bawah ini
● Membantu membuat laporan keuangan minimal Neraca, Laba-Rugi, Perubahan Modal, Arus Kas.
● Membantu mengelola dan memonitor Inventori perusahaan.
● Melacak penjualan mulai dari pengiriman quotation hingga pengiriman barang, serta penerimaan uang dari pelanggan.
● Menyediakan daftar kontak pelanggan yang membantu Anda melihat seluruh informasi pelanggan.
● Membuat rencana keuangan (budgeting) yang membantu Anda mengontrol pengeluaran bisnis.
● Integrasi POS yang membantu mengontrol penjualan dengan mudah, tanpa perlu mencatat transaksi ke dalam sistem akuntansi.
● Menghitung pajak yang dikeluarkan setiap transaksi bisnis.
● Membuat invoice sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan membantu mengirimnya secara otomatis.
Setelahnya, jika UMKM yang dijalankan termasuk ke dalam kategori industri tertentu seperti manufaktur, konstruksi, jasa, wholesale, dan lainnya, dapat mencari fitur spesifik yang cocok dengan persyaratan bisnis tersebut.
Harga Sesuai Kemampuan Bisnis
Seperti yang Anda ketahui, sebagai pemilik bisnis UMKM, Anda mungkin belum memiliki kas yang banyak, sehingga butuh pertimbangan yang matang dalam mengeluarkan anggaran. Karena itu, penting untuk memilih sistem akuntansi yang memiliki harga terjangkau.
Vendor memang mempunyai sistem akuntansi dengan fitur yang lengkap, namun tentu saja harga yang diberikan juga cukup mahal. Oleh karena itu, pilih fitur yang dibutuhkan dan harga yang sesuai dengan anggaran bisnis. Selain itu, pastikan juga harga tersebut merupakan harga netto atau tidak ada biaya tambahan lainnya.
User Friendly
Tidak seperti perusahaan besar yang mempunyai tim khusus untuk menangani keuangan. UMKM biasanya dikelola oleh segelintir orang yang belum tentu mengerti secara mendalam mengenai akuntansi. Maka dari itu sistem akuntansi yang dipilih haruslah user friendly. Sistem tersebut haruslah mudah dipelajari, dipahami serta diaplikasikan bahkan bagi yang tidak berlatar belakang akuntansi sekalipun. Tampilan dan user interface merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. Tampilan serta user interface yang sederhana akan lebih mudah dipahami. Dan ini akan berdampak pada peningkatan efisiensi kerja.
Memiliki Customer Support Lengkap
Sistem akuntansi tidak cukup jika hanya memiliki fitur lengkap tanpa dibarengi layanan pelanggan yang baik. Karena fitur-fitur tersebut sewaktu-waktu dapat mengalami kendala dan butuh penanganan. Dan di sini pelanggan pastinya akan membutuhkan customer support sebagai tempat pengaduan pertama. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan vendor sistem akuntansi yang dipilih memiliki customer support dengan layanan lengkap seperti layanan live chat, telepon, e-mail dan memberikan tutorial penggunaan lengkap.
Utamakan Dari Pengembang Lokal
Sebaiknya UMKM memilih sistem dari vendor lokal. Pertimbangan ini cukup beralasan karena memang vendor lokal lah yang lebih mengerti mengenai alur pengelolaan keuangan di Indonesia khususnya bagi UMKM. Vendor lokal pastinya akan memberikan fitur yang sesuai serta pentunjuk yang lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan sistem akuntansi dari luar negeri.
Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan Jurnal, sistem akuntansi yang dapat membantu mengelola UMKM lebih mudah. Hadir demi mewujudkan berbagai kemudahan yang membuat para pemilik UMKM fokus mengembangkan bisnisnya. Seluruh kelengkapan fitur khusus bagi UMKM, harga yang terjangkau, pemakaian yang sangat mudah serta layanan yang baik.
Rekomendasi Sistem Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Di era digital saat ini, para pelanggan dan masyarakat umumnya ingin serba cepat dan praktis. Tidak terkecuali, dalam hal berbelanja. Para pelaku bisnis perlu mempertimbangkan sistem akuntansi yang ideal untuk memenuhi tuntutan kemajuan teknologi. Mari simak artikel berikut.
Kenapa sih sistem akuntansi itu penting bagi bisnis anda? Bayangkan, ketika toko atau tempat usaha anda masih mengandalkan pencatatan transaksi secara manual berbasis spreadsheet atau Excel. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, bisnis anda juga kemungkinan menghadapi risiko kesalahan manual yang berdampak fatal atau kerugian finansial. Maka itu, sistem akuntansi yang canggih mutlak dibutuhkan mengingat, beberapa permasalahan berikut:
● Pengeluaran yang tidak terkontrol
● Memakan banyak waktu untuk membuat laporan
● Sulit dalam perhitungan keuntungan atau kerugian
● Perhitungan data yang tidak akurat.
Kelebihan Fitur Accounting Jurnal, Solusi Pencatatan Transaksi & Keuangan
Kini Jurnal siap membantu permasalahan anda tersebut. Jurnal merupakan aplikasi POS yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Aplikasi akuntansi dan POS ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, café dan restoran.
Salah satu fitur Jurnal yang sudah banyak peminatnya adalah fitur akunting. Anda dapat mengontrol segala bentuk pencatatan transaksi atau laporan keuangan dengan lengkap, terjamin aman dan mudah dilihat secara real time. Mari simak keunggulan fitur akunting Jurnal berikut, yuk!
1. Dashboard Sederhana
Tanpa pencatatan yang berbelit dan rumit, fitur akunting Jurnal menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha Anda tersimpan di dalam aplikasi Jurnal dengan periode waktu yang digunakan adalah hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan real-time. Sehingga, membuat laporan akhir keuangan dengan aplikasi akunting Jurnal akan semakin mudah hanya beberapa klik saja.
2. Real-time
Sistem POS seperti Jurnal by Mekari mampu memberi Anda data real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan. Semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terupdate secara real-time setiap harinya.
3. Tanpa Instalasi terpisah atau tanpa memakai aplikasi pihak ketiga
Fitur akunting Jurnal terhubung langsung dengan Back Office. Sehingga tidak perlu install aplikasi secara terpisah. Bekerja dengan internal divisi finance, accounting maupun departemen lain di perusahaan menjadi lebih mudah dan praktis, karena sistem yang terintegrasi.
4. Keamanan setara bank
Dengan background perusahaan yang berfokus pada bisnis perbankan, Jurnal memilih menggunakan sistem penyimpanan Cloud dengan sistem keamanan yang setara dengan bank. Setiap pencatatan transaksi dan detail laporan dapat disajikan secara lebih aman dan kredibel.
Sederhananya, dapat dikatakan bahwa sistem POS membuat bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan data yang direkam sebelumnya untuk menciptakan tujuan ekonomi.
Manajemen akuntansi dari Jurnal terintegrasi dengan aplikasi POS secara langsung. Jadi tunggu apalagi, ayo berlangganan Jurnal sekarang juga! Coba GRATIS 14 hari Jurnal Apps.